Blogging

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang [Lengkap]

Written by Tirta Wahyu · 11 min read >
Cara membuat Blog yang menghasilkan uang

Apakah anda seorang pemula yang ingin membuat blog? Jika iya, maka anda berada di tempat yang tepat. Disini akan dibahas bagaimana cara membuat blog gratis langkah demi langkah, yang nantinya bisa dikembangkan untuk menghasilkan uang.

Telah diketahui sebagian orang bahwa blog banyak manfaatnya. Mereka mulai sadar bahwa membuat blog bisa menguntungkan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Begitu banyak tutorial membuat Blog yang tersebar di Internet, namun kebanyakan kurang lengkap menurut saya.

Pada artikel ini saya berusaha membuat panduan membuat blog yang komplit dan mudah untuk dipahami, dan tentunya bisa langsung anda praktekkan.

Mulai pembahasan yuk!

Sekilas tentang Blog

Apa itu Blog? Blog atau bisa disebut Weblog, adalah suatu media online berupa web yang memuat beragam informasi dengan konten artikel berkualitas yang selalu diperbaharui.

Blog bisa membahas topik tertentu, yaitu berupa satu topik bahasan. Atau bisa beragam topik bahasan dalam satu blog.

Misalnya saja ada blog yang membahas topik tentang kucing saja, tentang sepeda saja, dan lain-lain. Hal ini adalah blog yang disebut fokus niche (topik).

Namun ada juga yang topik blognya beragam atau campuran. Yaitu dalam satu blog membahas banyak topik. Hal ini biasanya disebut dengan topik gado-gado atau campuran.

Beberapa jenis Blog

Di internet tersebar banyak sekali blog dengan berbagai macam jenisnya. Hal ini sesuai dengan peruntukan blog-nya akan digunakan untuk apa.

Berikut beberapa jenis blog berdasarkan tujuan pembuatannya :

1. Personal Blog

Jenis blog ini menjadi blog favorit di Indonesia karena banyak ditemukan blog yang berisi informasi tentang tutorial dan informasi menarik lainnya. Blog ini juga digunakan untuk mempromosikan jasa ataupun keahlian pemiliknya.

2. Profesional Blog

Blog ini digunakan untuk branding dan menampilkan profil suatu perusahaan. Juga biasa dimanfaatkan oleh agen atau studio untuk mempromosikan bisnisnya. Hal ini cukup efektif untuk menarik pelanggan ke bisnis anda.

3. Portofolio Blog

Blog yang ditujukan untuk menampilkan produk kreatif. Biasanya dipajang project-project yang pernah dibuat, bisa juga ditampilkan client-nya. Sangat cocok untuk para freelancer memajang portofolionya.

4. Monetize Blog

Blog ini ditujukan untuk menjadi mesin penghasil uang. Biasanya membahas topik khusus atau fokus niche yang dikembangkan agar memiliki banyak visitor. Dengan begitu sangat mudah untuk menghasilkan uang dengan iklan atau jualan produk sendiri maupun affiliate.

5. Komunitas Blog

Blog untuk komunitas tertentu, misalnya saja komunitas motor, komunitas blogger, dan masih banyak lainnya. Menyajikan informasi tentang aktivitas komunitas tersebut.

Kurang lebih itu yang bisa saya sampaikan disini sependek pengetahuan saya. Masih banyak jenis blog yang belum saya sebutkan diatas. Bisa anda tambahkan di komentar πŸ™‚

Mengapa harus memiliki Blog?

Jika anda adalah penggiat industri kreatif, memiliki blog adalah hal yang sangat penting, wajib! Blog dapat anda gunakan untuk menulis dan menuangkan ide dalam pikiran anda.

Dan yang tidak kalah penting, blog bisa anda gunakan untuk personal branding. Anda dapat dengan mudah menemukan mitra bisnis melalui blog yang anda kelola.

Dan tidak hanya itu, blog bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Keuntungan membuat Blog

  • Tempat menuangkan ide
  • Sebagai personal branding
  • Untuk promosi produk
  • Branding perusahaan
  • Meningkatkan skill menulis
  • Menambah ilmu pengetahuan
  • Menjadi pengingat materi belajar
  • Berbagi dengan orang di seluruh dunia
  • Jadi terkenal
  • Banyak teman
  • Menghasilkan uang
  • dan masih banyak keuntungan lainnya

Masih banyak keuntungan memiliki blog lainnya yang belum disebutkan karena keterbatasan saya. Silahkan dibantu menambahkan jika ada yang kurang πŸ™‚

Layanan Blog Gratis

Banyak platform blogging gratis yang bisa anda temukan di internet. Namun disini hanya akan dibahas bagaimana cara membuat blog di platform blogging dari Blogger.com dan WordPress.com saja.

Mengapa demikian? Karena kedua platform tersebut yang paling populer digunakan banyak orang saat ini.

Apalagi kemudahan penggunaannya membuat lebih nyaman untuk blogging. Terlebih keunggulannya yang sangat powerful untuk dioptimasi menjadi blog yang menguntungkan.

Tentunya ini menggiurkan sebagai alternatif penghasilan. Dengan catatan ditekuni dengan serius dan direncanakan secara matang.

Langkah demi Langkah Cara Membuat Blog

Blogging tidak semudah yang dibayangkan, tidak pula sesulit yang dipikirkan. Semua butuh proses untuk mencapai tujuan, yaitu menjadi Blogger sukses yang berpenghasilan.

Banyak orang yang tergiur saat melihat earning seorang Blogger yang sukses yang mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta. Namun mereka tidak melihat betapa berat perjuangannya untuk mendapatkan banyak visitor dan menghasilkan uang.

Butuh proses yang tidak sebentar untuk mencapai itu semua. Itulah buah kesabaran seorang Blogger sukses.

Coba baca dulu persiapan sebelum membuat blog berikut ini :

Menentukan topik Blog

Membangun sebuah blog tak lepas dari penentuan topik atau niche blog yang akan digunakan untuk penentuan penulisan artikel blog nantinya.

Topik yang bagus adalah topik yang anda bisa menguasainya. Topik yang anda bisa melakukannya sehingga dalam menulis artikel nanti tidak terbebani dan dihinggapi rasa malas.

Wajar saja selama ini rasa malas sudah menjadi momok para Blogger. Beberapa tidak fokus pada topik yang dipilih. Terlalu banyak keinginan yang seharusnya tidak perlu karena sudah menentukan pilihan topik.

Saya sangat menyarankan, fokuslah pada kualitas konten. Artikel ditulis sendiri dan tidak plagiat, karena kualitas dan originalitas konten sangat berpengaruh untuk perkembangan blog yang anda bangun ke depan.

Menentukan platform Blogging

Begitu banyak organisasi atau perusahaan yang tersebar di internet menawarkan beragam platform blogging. Dua diantaranya adalah Blogger.com dan WordPress.com.

Mengapa saya memilih kedua platform tersebut? Ya karena saat ini banyak digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia. Popularitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Blogger.com yang dikelola oleh Google menawarkan kemudahan dan kenyamanan blogging. Semuanya sudah lengkap dan gratis terintegrasi layanan Google yang lainnya.

Sedangkan WordPress.com juga menunjukan kehandalan untuk blogging yang tidak kalah populer dengan Blogger.com.

Saya merekomendasikan keduanya karena sama-sama powerful. Tinggal anda memilih mau menggunakan platform bloggging yang mana? Silahkan dipilih πŸ™‚

Selanjutnya saya akan membahas bagaimana membuat blog dengan platform gratis. Yang perlu anda siapkan adalah alamat email Gmail dan data identitas diri.

Sudah punya email kan? Kalau belum punya, anda bisa mencari artikel tentang cara membuat email diblog ini, kemudian membaca dan mempelajarinya.

Langsung cus praktek bikin blog yuk!

Cara membuat Blog di Blogger.com

Mengapa memilih Blogger.com? Alasannya sangat umum banget, kenapa pilih layanan blogging dari Google ini ya karena gratis.

Fiturnya sudah komplit, aktifitas blogging sudah sangat tercukupi. Banyak template/tema bawaan yang juga disediakan gratis oleh Blogger.com.

Dan tentunya layanan blogging gratis ini terintegrasi dengan layanan dari Google. Sangat menguntungkan!

Tutorial mendaftar Blogger

Klik disini : Mendaftar Blogger.com

1. Kunjungi link berikut ini : https://www.blogger.com/

2. Tertampil seperti dibawah ini, langsung klik Create Your Blog

Cara membuat Blog di Bloggercom

3. Karena menggunakan Blogger.com, maka menggunakan email dari Google. Masukan email Gmail anda beserta password :

Cara membuat Blog di Blogger dot com
Buat Blog gratis di Blogger

4. Welcome to Blogger, masukkan display name. Ini lebih baik diisi dengan nama anda karena nantinya akan muncul sebagai nama penulis di blog.

Membuat blog di Blogger

5. Setelah continue to blogger, anda dibawa pada tampilan dashboard Blogger.com. Klik create blog pada pojok kiri atas.

buat blog

6. Setelah create akan muncul popup seperti dibawah ini. Isikan nama blog sesuai topik yang telah anda tentukan sebelumnya. Isikan juga url alamat blog, dan pilih tema/template blogger yang terbaik menurut anda. Jika sudah tercukupi, langsung klik create blog!

Membuat blog yang menghasilkan uang

7. Taraaaa… Blog selesai dibuat. Keterangan no 1 = nama blog, no2 = view your blog (link yang mengarah ke alamat blog anda), no 3 = bagian dashboar blog : post, statistik visitor, komentas, earnings, pages, layout tampilan blog, theme/template, setting.

Bikin blog di blogger gratis

Selamat! Sampai disini anda sudah berhasil membuat blog di Blogger.com πŸ™‚

Mulai pengaturan Blogger

Klik disini : Pengaturan Blog

1. Pertama kali yang harus anda lakukan setelah berhasil membuat blog, yaitu mengatur nama dan deskripsi blog pada menu setting.

Membuat blog menghasilkan uang

Keterangan :

  • Nomor 1 : Menu Setting
  • Nomor 2 : Title – Klik untuk mengganti nama blog
  • Nomor 3 : Description – Isi deskripsi blog anda, bebas
  • Nomor 4 : Blog language – silahkan pilih bahasa yang ingin anda gunakan di blog
  • Nomor 5 : jangan diaktifkan karena tujuan kita membuat blog yang bagus dan berkualitas
  • Nomor 6 : Google analytics property ID, sementara abaikan saja tidak apa-apa. Kapan-kapan saya bahas dipostingan terpisah
  • Nomor 7 : Favicon – ikon kecil yang terlihat di tab browser sebelah nama blog

2. Di bawah ini adalah kelanjutan dari pengaturan blog diatas

Cara membuat blog menghasilkan uang

Keterangan :

  • Nomor 8 : Visible to search engines harus diaktifkan agar terindex ke mesin pencari Google
  • Nomor 9 : Publishing – ini digunakan untuk custom domain, yaitu mengganti nama misalnya https://www.kampusit-id.blogspot.com menjadi https://kampusit.id/ – kapan-kapan say bahas di artikel terpisah
  • Nomor 10 : HTTPS – aktifkan untuk mengarahkan http:// ke https://

3. Lanjut ke pengaturan berikutnya, dibawah ini adalah pengaturan untuk menambah dan mengurangi penulis. Atau bisa untuk memindah-tangan-kan penulis. Lewati saja pengaturan ini,

Cara membuat blog gratis di Blogger blogspot

4. Dibawah ini gambar pengaturan post blog. Bisa mengatur berapa banyak postingan yang tertampil di halaman utama blog. Lewati saja,

Membuat blog blogspot

5. Dibawah ini pengaturan komentar. Aktifkan reader comment captcha agar terhindar dari spammer. Lanjutkan ke pengaturan berikutnya,

Membuat blog di blogspot

6. Pada bagian email dibawah ini biarkan saja default, lewati saja

Membuat blogspot

7. Pada formatting dibawah, timezone diganti dengan GMT+7 Jakarta

membuat blogger

8. Isi meta tag description sesuai blog anda. Abaikan saja pengaturan pada Errors and redirects

cara membuat blogger

9. Pada crawlers and indexing saya lewati, silahkan diaktifkan jika anda perlu

cara membuat blogspot

10. Monetization diaktifkan apabila blog anda sudah siap untuk didaftarkan Google Adsense. Tahap awal ini silahkan fokus kualitas konten dulu sampai minimal ada 10 artikel baru daftar adsense.

cara membuat blogger blogpot

11. Pengaturan terakhir dan beberapa lewati saja. Manage blog ini untuk menghapus blog, hati-hati ya jangan sampai salah klik. Jangan lupa backup terlebih dahulu untuk antisipasi jika terjadi human error.

Cara membuat blogger blogspot gratis

Sampai disini pengaturan blog selesai!

Mengatur tampilan Blog

Klik disini : Tampilan Blog

Tampilan blog yang menarik menurutku penting juga. Disini anda bisa mengatur tampilan blog anda pada menu Layout dan Theme. Silahkan berkreasi dengan kreatifitas anda.

Pada layout anda dapat mengatur tata letak widget yang anda pasang. Caranya cukup mudah dengan drag & drop.

membuat blog yang bagus

Pada menu theme digunakan untuk memilih template yang sesuai kebutuhan blog anda. Ada banya pilihan template yang keren-keren. Anda juga bisa membeli template blogger di jasa pembuatan template.

Contohnya dari Indonesia ada mas Sugeng, mbak Igniel, kompi Ajaib, dan masih banyak lainnya.

membuat blog di hp dan desktop

Mulai menulis artikel

Klik disini : Mulai Menulis

Untuk memulai membuat artikel, anda cukup dengan klik menu Post pada dashboard Blogger.com, pastikan pilih nama blog yang anda buat sebelumnya.

1. Klik menu Post, lihat ikon plus(+) pada bagian kanan bawah,

Membuat post di Blogger - membuat blog di bloggercom

2. Anda sudah bisa memulai menulis artikel dan mempublikasikannya. Lihat keterangan dibawah gambar ya!

Membuat posting artikel di Bloggercom

Keterangan :

  • Nomor 1 : diisi dengan judul artikel
  • Nomor 2 : Labels – biasanya digunakan untuk memberi tag kategori
  • Nomor 3 : Published on – tanggal artikel dipublikasikan biasanya otomatis, atau bisa juga diatur sendiri
  • Nomor 4 : Permalink – url blog dari artikel yang anda publish, bisa diedit biar singkat dan seo friendly
  • Nomor 5 : Location – saya mengabaikan bagian ini
  • Nomor 6 : Search description – deskripsi artikel anda yang terdiri dari maksimal 160 karakter, ini akan muncul di pencarian Google
  • Nomor 7 : Options – pengaturan untuk index atau tidaknya suatu artikel

Semoga bisa sedikit mencerahkan ya! Bagi yang bingung bisa kontak saya atau berdiskusi di kolom komentar.

Custom Domain Blogspot

Untuk menunjang kebutuhan blogging anda agar terlihat lebih profesional, maka anda dapat mengganti alamat blog yang awalnya https://bloganda.blogspot.com diganti menjadi bloganda.com (misalnya).

Bagaimana cara menghubungkan domain tersebut di Blogger.com? Mudah saja, anda hanya tinggal mengikuti artikel saya tentang cara custom domain blogspot.

Ikuti langkah demi langkah pada artikel tersebut. InsyaAllah anda pasti bisa!

Silahkan dipraktekkan ya πŸ™‚

Cara membuat Blog di WordPress.com

WordPress.com ini platform cukup populer di kalangan motoblogger. Lihat saja seperti iwanbanaran.com, tmcblog.com, bonsaibiker.com dan blogger lainnya menggunakan layanan gratis yang dicustom domain.

Penggunaannya yang mudah serta dukungan komunitas yang luas menjadikan platform ini layak untuk dijadikan sarana blogging.

Cara membuat blog WordPress ini cukup mudah, buka WordPress.com kemudian daftar. Disini anda perlu email dan identitas diri untuk mendaftar.

Proses pendaftaran

Klik disini : Mendaftar WordPress.com

1. Buka link https://wordpress.com/ dan klik Start your website

Cara membuat blog WordPress gratis

2. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran, masukan data email, username dan password. Atau jika ingin mudah bisa klik Continue with Google atau Continue with Apple.

Cara membuat blog WordPress

3. Anda diarahkan ke pemilihan nama domain atau alamat blog. Pilih free (seperti yang saya tunjukan tanda panah).

cara membuat blog di wordpress

4. Select lalu pilih Start with a free site. Lalu anda akan diarahkan ke dashboard WordPress.

Membuat blog WordPress

Banyak sekali menu pengaturannya, anda bisa langsung posting, atau bisa juga mengganti alamat blog bahkan custom domain TLD bisa dilakukan.

Oh iya, jangan lupa untuk konfirmasi pendaftaran pada link yang dikirim melalui email yang digunakan saat pendaftaran tadi ya!

Mengganti alamat Blog

Klik disini : Ganti alamat Blog

Mengganti alamat blog mudah dilakukan dengan login ke dashboard WordPress.com,

1. Pilih menu Plan serta klik tab Domain seperti yang ditunjukan anak panah seperti dibawah,

Membuat blog di WordPress

2. Klik alamat blog dan lakukan edit pada Change site Address

Membuat blog WordPress gratis

3. Ganti nama url sesuai keinginan anda, kemudian klik Change site address.

Membuat Blog di WordPress gratis

Setelah ini akan ada konfirmasi perubahan url blog. Centang bagian I understand dan klik OK.

Selesai.

Mulai posting

Klik disini : Buat postingan

Untuk memulai menulis artikel hampir sama yang ada pada Blogger.com. Caranya seperti berikut :

1. Klik menu Posts > Add new posts (lihat gambar dibawah ini)

Membuat postingan blog WordPresscom

2. Untuk menulis artikel caranya cukup mudah. Saya rasa disini anda sudah bisa melakukannya. Lihat keterangan dibawah gambar ya!

Buat postingan di WordPress

Keterangan :

  • Nomor 1 : untuk menambahkan judul artikel
  • Nomor 2 : untuk menulis isi artikel anda
  • Nomor 3 : preview untuk melihat post sebelum publish, dan publish untuk mempublikasikan postingan
  • Nomor 4 : keterangan status dan visibility document/post
  • Nomor 5 : permalink/url artikel yang bisa diedit
  • Nomor 6 : Categories untuk mengkategorikan artikel anda
  • Nomor 7 : Tags berupa tanda seperti hastag
  • Nomor 8 : Featured image untuk menambahkan gambar yang akan menjadi tampilan thumbnail artikel anda di homepage maupun halaman artikel itu sendiri
  • Nomor 9 : Excerpt siisi dengan deskripsi artikel yang nantinya muncul dihasil pencarian Google
  • Nomor 10 : Discussion untuk mengatur komentar blog

Cukup sudah tutorial singkat membuat post di WordPress.com

Mohon maaf hanya ada tutorial diatas setelah melakukan pendaftaran blog WordPress.com. Untuk menu dan fitur lainnya bisa dipelajari sendiri karena cukup mudah. Bila ada yang ditanyakan silahkan hubungi saya atau berkomentar dibawah.

Cara agar Blog muncul di Google

Setelah melakukan pembuatan blog, maka perlu dilakukan optimasi agar blog muncul di mesin pencari Google. Yaitu dengan indexing secara manual.

Sebenarnya, setelah pembuatan blog selesai, anda bisa langsung menulis artikel dan membiarkannya ter-index sendiri di Google. Namun itu cukup memakan waktu, saya gak sabaran πŸ˜› Maka dari itu lakukan index manual saja biar lebih cepat muncul di Google πŸ™‚

Caranya cukup mudah! Siapkan email dari Google (Gmail) untuk mendaftar ke layanan Google Search Console.

Klik disini : Cara index di Google

1. Silahkan langsung daftar saja disini https://search.google.com/search-console/about

2. Kemudian tambahkan url blog anda dengan cara > Add property.

Menambahkan url blog ke google search console

3. Jangan lupa verifikasi dengan meta tag yang diletakkan pada header blog anda. Pilih metode verifikasi pada menu setting di dashboard Google search console.

Verifikasi google search console

4. Jika sudah terverifikasi bisa langsung meng-index artikel di mesin pencari Google.

Pilih Url Inspection, dan masukan link artikel anda dibagian atas dashboard GSC. Lalu klik request indexing, dan tunggu sampai artikel terindex di Google.

Proses index artikel di Google search console

Pada tutorial ini singkat saja ya, untuk pembahasan lengkap tentang Google Search Console dan mempelajarinya lebih mendalam kapan-kapan saya buatkan artikelnya.

Cara membuat blog yang menarik

Banyak cara dilakukan untuk membuat tampilan blog semakin cantik dan menarik.

Menarik bukan berarti banyak widget, kaya akan warna, banyak pernak perniknya. Menarik disini adalah lebih kepada tampilan yang simple namun elegan.

Tampilan yang clean lebih enak dipandang, tidak membuat mata pembaca blog anda cepat lelah.

Adapun hal yang perlu anda lakukan untuk membuat blog lebih menarik diantaranya :

1. Alamat blog

Nama alamat blog ini sangat penting. Gunakanlah akhiran domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .id, dan lainnya. Cari nama domain yang unik dan hindari penggunaan subdomain agar pengunjung mudah mengingat alamat blog anda.

2. Tampilan blog

Tampilan blog menjadi hal mendasar dalam proses mengembangkan sebuah blog. Gunakan tema atau template blog yang enak dipandang, lebih saya sarankan untuk memilih yang clean dengan dominasi warna putih dan warna soft.

3. Format penulisan Artikel

Padukan gambar dan artikel secara wajar dan tidak berlebihan. Atur sedemikian rupa agar perpaduannya menarik dan tidak norak. Visitor membutuhkan keharmonisan antara gambar dan tulisan agar betah berlama-lama di blog anda.

4. Gaya bahasa

Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, tidak kaku. Gaya bahasa sendiri lebih baik daripada gaya yang dibuat-buat. Hal itu membuat artikel lebih nyaman dan natural untuk dibaca. Gaya bebas boleh-boleh saja dan tetap harus menjaga etika.

5. Kemudahan navigasi

Blog yang baik adalah blog yang mempunyai navigasi yang mudah. Setiap bagian blog dapat ditemukan dengan mudah, seperti menu halaman, artikel terbaru, kategori, dan lain-lainnya.

Saya sampaikan yang menurut saya sangat penting. Jika dirasa masih kurang silahkan dibantu dengan komentar pada artikel ini di bawah.

Cara membuat Blog yang menghasilkan uang

Nah, akhirnya inilah pembahasan yang ditunggu-tunggu πŸ™‚ Cara monetize blog.

Bagaimana caranya? Mudah saja, anda bisa mendapatkan uang dari blog tanpa modal. Lah kok bisa? Iya bisalah!

Itu karena membuat blog yang dicontohkan diatas menggunakan layanan gratis. Kecuali anda melakukan custom domain, tentunya butuh modal seharga domain.

Nah, anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan banyak cara. Beberapa diantaranya :

1. Jualan produk fisik

Anda dapat menjual produk sendiri dengan cara mempromosikannya di blog. Buat konten yang berkualitas tentang produk anda, keunggulan dan tawarkan harga yang menarik dan kompetitif.

Bisa jual produk apa aja, namun alangkah baiknya riset terlebih dahulu. Ketahui produk apa yang paling banyak dibutuhkan orang.

2. Jualan produk digital

Ini hampir sama dengan menjual produk fisik, bedanya hanyalah produk digital tidak berwujud seperti produk fisik. Produk ini biasanya dijual dengan metode affiliate, contohnya seperti Ebook, software, dan lainnya.

Anda bisa menjual Ebook yang mebahas tentang tutorial dan cara untuk menggapai sesuatu. Misalnya saja ebook sukses ngeblog, ebook mudah diterima adsense, ebook cara jualan di Instagram, dan masih banyak lainnya.

3. Jualan jasa

Nah ini yang banyak dilakukan orang saat ini, yaitu jualan jasa. Mungkin anda berpikir apa iya jualan jasa laku? Eiitss jangan salah! Jualan jasa ini sudah menjadi tren di era internet saat ini. Dan keuntungannya sangat banyak!

Contohnya saja anda jualan jasa desain, ini sangat laku! Apalagi mendapat client dari luar negeri. Contoh lainnya jualan jasa programming, jasa menulis artikel, jasa seo, jasa pembuatan website dan masih banyak lainnya.

4. Pasang iklan

Pasang iklan ini yang sudah umum dilakukan oleh para Blogger. Pemilik blog atau Blogger bisa mematok harga iklan jika pengunjung blog sangat ramai. Bikin saja media kit iklan, misalnya bagian sidebar ukuran 300Γ—300 harga berapa, bagian header berapa. Seorang blogger bisa menentukan sendiri tarifnya sesuai visitor blog.

Selain itu ada lagi, pasangi iklan dari Adsense atau Mgid. Ini paling favorit bagi para Blogger karena bisa mendapatkan penghasilan besar.

Catatan penting!

Tentang metode menghasilkan uang dari blog diatas, yaitu blog yang anda kelola harus memiliki visitor yang banyak. Paling tidak bisa menyentuh angka ratusan ribu, atau minimal puluhan ribu laaah.

Dan tentunya semua konten harus benar-benar berkualitas agar blog dapat berkembang menjadi blog besar yang dikenal banyak orang.

Jangan lakukan hal yang asal-asalan untuk mengembangkan blog yang tujuannya untuk di monetize.

Mungkin itu dulu, penjelasan singkat saja ya. Untuk lebih lengkapnya besok kapan-kapan saya buatkan artikel pembahasan khusus tentang ini. Tunggu saja updatenya.

Baca juga : Cara monetisasi Blog

Penutup

Saya rangkum dari semua pembahasan diatas. Cara membuat blog itu sangat mudah sekali. Sudah banyak tutorial yang tersebar di internet, salah satunya tutorial lengkap di blog ini.

Blog bisa berkembang hanya jika anda dapat mengurus blog tersebut dengan serius. Memberi perhatian lebih untuk tetap fokus menulis konten artikel yang berkualitas.

Pemilihan platform dan pembuatan konten yang berkualitas menjadi hal yang sangat penting. Kualitas adalah wajib!

Jangan pernah copas artikel dari blog lain! Solusinya adalah anda membaca artikel dari blog lain kemudian anda tuangkan dengan gaya penulisan dan gaya bahasa sendiri. Itu lebih baik!

Fokus konten berkualitas nantinya visitor akan datang dengan sendirinya. Dan jika ingin semakin powerful, maka bisa bagikan konten melalui sosial media untuk menarik visitor.

Dengan begitu dimasa mendatang blog yang dikembangkan bisa menjadi blog yang populer. Dan tentunya proses monetize blog menjadi semakin mudah.

Demikian yang dapat saya sampaikan, banyak kurang saya mohon maaf ya! Silahkan berdiskusi melalui formulir komentar dibawah jika ada yang ingin ditanyakan πŸ™‚

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *