Blogging

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Paling Atas

Written by Tirta Wahyu · 7 min read >
Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Paling Atas

Sebagian besar pengguna search engine Google hanya memperhatikan dan mengeklik hasil pencarian yang paling atas. Oleh karena itu, pemilik web dan blog saling bersaing melakukan segala cara agar blog muncul di pencarian Google paling atas.

Pada dasarnya, untuk bisa meraih posisi di hasil pencarian yang paling atas Anda perlu melakukan langkah-langkah optimasi SEO, atau bisa disebut Search Engine Optimization ataupun SEO.

Namun SEO sendiri terbagi menjadi banyak langkah yang dapat Anda pelajari dan praktikkan satu per satu.

Kenapa Blog Tidak Muncul di Google?

Yang selalu menjadi pertanyaan besar kalangan Blogger adalah : kenapa postingan blog tidak muncul di index Google?

Dan tidak sedikit pula yang bertanya-tanya : mengapa ya blog saya susak index di Google?

Dari itu semua banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Beberapa diantaranya kami rangkum di bawah ini :

  1. Salah konfigurasi
    Di WordPress maupun Blogger Blogspot memiliki pengaturan untuk visibilitas blog di mesin pencari. Perlu dicek apakah settingannya sudah diatur agar bisa terindex di Google?

  2. Belum submit Google Webmaster
    Submit Google Webmaster bagi saya adalah wajib! Kita tahu bahwa selama ini dari Google lah blog masing-masing dari kita sering dikunjungi. Maka perlu adanya verifikasi dan submit di Webmaster tersebut.

  3. Proses perayapan Google
    Google merayapi setiap blog yang memiliki konten baru, tentunya hal tersebut membutuhkan waktu yang bisa cepat ataupun lumayan lama. Gunakan template blog SEO Friendly dan ringan, memiliki kecepatan diatas rata-rata.

  4. Konten tidak original
    Bagaimanapun juga, konten yang tidak asli atau plagiat sangat mempengaruhi blog. Usahakan menulis konten yang original sesuai kemampuan diri. Jikalau malas, bisa pesan artikel di jasa penulis artikel.

  5. Konten yang sedikit
    Seberapa banyak konten yang dibuat untuk blog anda? Pastikan buat konten original sebanyak-banyaknya. Jangan lupakan faktor-faktor penyebab artikel tidak muncul di Google lainnya.

  6. Duplicate konten
    Menurut saya duplikat konten, atau konten yang sama persis dalam satu blog adalah fatal. Jangan membuat bingung robot perayapan Google. Bisa jadi terindex salah satu kontennya, atau bahkan malah tidak terindex sama sekali.

  7. Keyword berlebihan
    Gunakan kata kunci sewajarnya, dan jangan pernah berlebihan. Jangan pernah melakukan spamming keyword jika anda ingin blog yang dikelola bertahan sampai lama. Gunakan teknik riset kata kunci yang sudah anda pelajari.

  8. Update algoritma Google
    Disaat Google melakukan update algoritma sering terjadi lamanya proses index di Google. Saya pernah mengalami hal tersebut. Namun itu tidak masalah, hanya menunggu Google melakukan perayapan kembali. Ikuti forum-forum Blogger yang ada untuk update info yang sedang tren dalam dunia blogging.

  9. Blog terinfeksi Malware
    Malware menjadi momok menakutkan di kalangan Blogger. Selain mengganggu keberlangsungan blog, malware juga bisa menyebabkan blog gagal index. Gunakan banyak cara pengamanan blog agar aman dari serangan Malware.

  10. Server down
    Server yang sering down sangat mempengaruhi index di Google. Pastikan anda memilih hosting terbaik saat ini. Gunakan VPS untuk hasil yang maksimal.

  11. Backlink berlebihan
    Menggunakan backlink yang berlebihan malah menjadikan blog tidak bisa naik peringkat di Google. Gunakan kontekstual backlink agar semakin powerful.

  12. Deindex
    Ampuuuun… Deindex biasanya terjadi blog tidak muncul di Google karena pelanggaran dan tidak patuh terhadap ketentuan mesin pencari Google. Gunakan cara whitehat atau cara putih untuk menghindari hal tersebut.

  13. Google Sandbox
    Ini adalah algoritma Google untuk memberantas blog yang berkualitas buruk. Tugasnya memberantas blog yang melakukan spamming. Jika anda sudah bermain putih, InsyaAllah blog anda aman.

Dari faktor penyebab konten blog tidak muncul di pencarian Google diatas, tentunya masih banyak faktor lain yang belum saya sebutkan. Mohon bisa dilengkapi yak!

Bagaimana Caranya Agar Blog Muncul di Google?

Ketika sudah bicara tentang : kenapa blog tidak muncul di index Google, tentunya tidak akan lengkap jika belum membahas : cara agar blog muncul dihalaman pertama google.

Bahkan bisa naik ke peringkat nomor 1 Google.

Lalu bagaimana caranya?

Berikut ini kami rangkum bagaimana cara agar peringkat 1 di Google,

14 Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Google memiliki algoritma khusus untuk menentukan website yang masuk ke dalam indeksnya. Algoritma ini tak pernah diungkap secara gamblang dan sering diupdate. Hal ini menyebabkan upaya untuk optimasi website pun selalu berubah sepanjang waktu.

Pakar SEO mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 14 langkah yang paling efektif untuk menerapkan SEO supaya bisa tampil di laman pertama dan paling atas pada hasil pencarian Google.

Berikut caranya,

  1. Periksa Kecepatan Website

    Faktor pertama yang paling berpengaruh terhadap rangking website pada laman hasil pencarian adalah kecepatannya. Kecepatan yang dimaksud di sini adalah waktu yang diperlukan untuk memuat laman website secara utuh.

    Semakin singkat waktu yang diperlukan, kemungkinan besar website tersebut akan mendapatkan peringkat lebih tinggi. Untuk mempercepat proses loading website,

    Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini:

    – Pastikan bahwa file seperti JavaScript, HTML, dan CSS memiliki ukuran yang ringkas agar tak memperlambat proses loading.

    – Gunakan plugin Fast Velocity Minify atau Autoprimize apabila Anda menggunakan CMS WordPress untuk meningkatkan kecepatan loading.

    – Perkecil ukuran gambar yang Anda masukkan ke dalam konten blog atau website. Proses ini juga disebut sebagai compress. Anda bisa memakai tools seperti RIOT, Paint, atau online compress tool.

  2. Pastikan Website Sudah Responsif

    Memiliki website yang responsif dengan berbagai perangkat menjadi kewajiban di masa sekarang. Pasalnya, pengguna tak hanya menggunakan laptop atau komputer untuk searching.

    Saat ini, jumlah pengguna smartphone semakin meningkat. Artinya, semakin banyak pula pengguna yang searching menggunakan perangkat mobile tersebut.

    Smartphone memiliki ukuran layar yang berbeda-beda. Website bisa dikatakan responsif apabila mampu beradaptasi dengan ukuran layar.

    Selain harus menyesuaikan dengan ukuran layarnya, website juga harus tetap bisa dimuat dalam waktu yang singkat meskipun diakses dari perangkat mobile.

    Bahkan saat ini Google juga memperhitungkan waktu loading di perangkat mobil sebagai salah satu faktor untuk menentukan rangking website.

    Kalau Anda menggunakan CMS seperti WordPress sepertinya hal ini tak menjadi masalah. WordPress sendiri sudah memiliki kemampuan responsif di perangkat apa pun.

  3. Buat Sitemap

    Sitemap merupakan file yang isinya adalah seluruh halaman yang terdapat dalam website Anda. File ini juga memuat seluruh informasi mengenai lama-laman tersebut.

    Informasi tersebut juga mencakup jumlah revisi yang pernah dilakukan serta tipe konten yang ada di dalamnya.

    Sitemap terbagi menjadi dua jenis, yaitu sitemap HTML dan sitemap XML. Tipe HTML dibuat untuk pengunjung atau visitor. Sementara sitemap XML dibuat khusus untuk mesin pencari seperti Google.

    Sitemap ini berfungsi untuk meringankan Google dalam mengumpulkan seluruh laman pada sebuah website. Proses ini disebut sebagai crawling.

    Setelah proses crawling, Google akan melakukan indeks dan website Anda akan masuk ke dalam indeksnya dengan lebih mudah.

    Fungsi lain dari sitemap HTML adalah mempermudah pengguna menemukan laman yang ada di website Anda. Laman yang sulit ditemukan menggunakan mesin pencari pun akan lebih mudah dijumpai apabila menggunakan sitemap HTML.

    Tak sulit untuk membuat sitemap ini, terutama untuk pengguna WordPress. Anda hanya perlu menambahkan plugin bernama Yoast SEO.

    Ikuti cara setting Yoast SEO di blog ini.

  4. Memasang SSL

    SLL merupakan seperangkat protokol keamanan yang dipasang pada website untuk melakukan enkripsi terhadap data yang ditransfer. SSL tak hanya bermanfaat untuk mengamankan website namun juga berdampak pada SEO.

    Pada 2014, Google mengubah algoritmanya dalam mengindeks website. Google hanya memprioritaskan website yang telah dilengkapi dengan SSL. Jadi, SSL menjadi hal wajib berikutnya yang harus ada dalam website Anda.

    Sertifikat SSL bisa Anda dapatkan melalui perusahaan Certificate Authority (CA). Umumnya, penyedia hosting dan domain juga melayani penerbitan sertifikat SSL.

    Ikuti langkahnya : Cara install SSL di Server Nginx

  5. Hubungkan Website dengan Google Analytics

    Satu tool yang tak pernah absen dari pembahasan mengenai SEO adalah Google Analytics. Tool buatan Google ini bisa digunakan untuk memantau performa setiap laman yang ada di dalam sebuah website.

    Anda bisa memantau grafik kunjungan website dan mengetahui banyak informasi seperti:

    – Waktu yang dihabiskan pengunjung dalam website
    – Aktivitas pengunjung
    – Demografi
    – Asal-usul

    Data-data di atas memang tidak akan berpengaruh secara langsung terhadap optimasi website di mesin pencari. Namun Anda bisa menggunakan data tersebut untuk mengembangkan konten dan meningkatkan user experience.

    Google Analytics ini tersedia secara gratis. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengubungkan dengan website.

  6. Pakai Google Search Console

    Selain Analytics, Google juga menyediakan tool lain yang diberi nama Search Console. Namun tools ini lebih fokus pada performa website Anda di Google search engine.

    Beberapa data yang disuguhkan oleh Google Search Console antara lain :

    – Halaman yang paling populer di dalam website Anda.
    – Performa website Anda dalam perangkat mobile.
    – Keberadaan link yang rusak atau broken link.
    – Masalah keamanan website.
    – Sumber backlink yang mengarah pada website Anda.

    Selain menampilkan data-data di atas, Search Console juga bisa digunakan untuk membantu riset keyword dan melakukan pemasangan sitemap.

  7. Riset Keyword

    Keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa yang biasa digunakan oleh pengguna search engine untuk menemukan informasi. Cara agar blog muncul di pencarian Google paling atas adalah riset untuk menemukan keyword yang tepat.

    Ada empat faktor yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih keyword, yaitu:

    – Volume pencarian

    Sebaiknya Anda memilih keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna search engine. Namun ada satu hal yang perlu diingat. Semakin tinggi volume pencariannya, persaingan pun semakin ketat.

    Jadi, Anda perlu membuat konten yang lebih unik dan berkualitas dibandingkan web lainnya.

    – Tingkat kesulitan

    Tingkat kesulitan ini berkaitan dengan faktor pertama. Semakin banyak orang mencari keyword, maka semakin sulit pula keyword tersebut.

    – Long tail keyword

    Long tail keyword merupakan keyword utama yang ditambah dengan beberapa kata di belakangnya. Penggunaan long tail keyword ini lebih memudahkan Anda karena persaingan lebih kecil.

    – Search engine result page (SERP)

    SERP adalah istilah yang digunakan untuk menyebut 10 situs paling atas yang muncul dalam hasil pencarian. Anda bisa mempelajari konten seperti apa yang mereka tampilkan sehingga bisa memiliki peringkat tinggi.

    Anda bisa melakukan riset dengan atau tanpa menggunakan tools. Beberapa tools yang dapat dipakai untuk melakukan riset keyword antara lain Ubersuggest, Moz, atau KWFinder.

  8. Membuat Konten yang Lengkap

    Setelah menemukan keyword yang tepat, Anda bisa mulai membuat konten. Buatlah konten yang bisa menjawab pertanyaan para pengguna search engine. Semakin lengkap informasi yang Anda tampilkan, mesin pencari akan lebih menyukainya.

    Anda bisa mencari referensi konten dari SERP. Namun Anda tak boleh meng-copy konten begitu saja. Yang dapat Anda lakukan adalah menyadur konten tersebut.

    Anda juga bisa mencari kekurangan dari laman yang ada di SERP kemudian melengkapi konten Anda dengan mengisi kekurangan tersebut.

  9. Optimasi Konten Menggunakan Keyword

    Penempatan keyword juga perlu Anda perhatikan dengan baik. memasukkan keyword dalam judul konten merupakan sebuah keharusan.

    Selain itu, ada beberapa hal yang juga harus mengandung keyword:
    jangan munculkan terlalu sering dan dalam jarak yang terlalu dekat.
    Anda juga perlu menyisipkan laten semantic indexing (LSI) di dalam konten. LSI merupakan keyword tambahan yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

  10. Pakai Internal Link

    Untuk membantu Google dalam melakukan crawling tak hanya dapat dilakukan dengan sitemap. Anda juga dapat membuat internal link untuk memaksimalkan proses crawling.

    Pengertian dari internal link adalah sebuah tautan yang menghubungkan halaman-halaman dalam satu website. Untuk memberikan internal link, Anda perlu memperhatikan bahwa laman yang dihubungkan memang benar-benar berhubungan.

    Untuk membuat internal link, Anda tak bisa langsung menempelkan URL begitu saja. Sisipkan URL tersebut dalam sebuah kata atau frasa yang berhubungan.

  11. Gunakan Inbound Link

    Inbound link ini berbeda dengan internal link. Pengertiannya adalah link yang ada di luar website dan mengarah ke website atau salah satu laman di dalamnya.

    Bagaimana cara mendapatkan inbound link? Cara yang paling konvensional adalah melakukan perjanjian dengan sesama blogger. Proses perjanjian tersebut juga bisa disebut sebagai link building.

    Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan link building, yaitu:

    – Page atau domain authority
    – Link nofollow dan dofollow
    – Anchor text
    – Tingkat relevansi link
    – Traffic sumber inbound link

  12. Perbaiki Link yang Rusak

    Saat melakukan link building dan menyematkan link website lain di dalam konten, Anda tak bisa mengendalikan link yang ada di luar web, termasuk hilangnya atau rusaknya link tersebut.

    Apabila ada link yang berubah dan rusak, Anda perlu memperbaikinya.

    Jangan biarkan link rusak ini ada di website Anda karena akan berpengaruh pada menurunnya user experience.

  13. Daftarkan Web di Google Bisnisku

    Langkah terakhir agar website Anda bisa ada di paling atas hasil pencarian Google adalah mendaftarkannya pada Google Bisnisku. Situs ini digunakan untuk mendaftarkan usaha Anda agar lebih mudah dicari oleh pengunjung.

    Pengguna pun bisa meninggalkan penilaian berupa bintang serta komentar yang dapat berpengaruh terhadap reputasi website Anda.

Alhamdulillah, anda dapat memahami hal diatas agar bisa diterapkan untuk membangun blog yang berkelanjutan.

Kesimpulan dan Penutup

Cara agar blog muncul di pencarian Google paling atas memang tak bisa dilakukan secara instan. Lakukan secara bertahap yak!

Anda harus terus berusaha melakukan optimasi hingga peringkat website Anda berangsur-angsur naik.

Ini adalah wujud ikhtiar…

Kunci kesuksesannya adalah berdoa, bersabar, dan tidak mudah menyerah.

Semoga membantu…

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *