Blogging

15 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi dan Menghasilkan

Written by Tirta Wahyu · 7 min read >
Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Bagi anda yang baru di dunia Blogging, tentunya masih bingung dengan topik blog atau niche blog apa yang akan dikembangkan. Maka saya berinisiatif untuk berbagi tulisan tentang topik blog yang paling banyak dikunjungi dan diminati banyak orang di Indonesia.

Bila anda membuat blog, sudah pasti harus mempertimbangkan topik apa saja yang akan disajikan untuk para pembaca. Baiknya, topik blog dipilih sesuai minat dan bakat si penulis.

Mengapa harus sesuai minat dan bakat? Ya karena topik tersebut mudah dilakukan bila anda menyukai topiknya. Ini bagus untuk seorang yang baru di dunia blogging.

Berbeda dengan para blogger yang sudah profesional, mereka mampu membuat blog apa saja yang mereka mau tanpa harus memiliki minat dan bakat terhadap topiknya.

Saya sendiri masih pemula dalam dunia blogging. Namun dengan hadirnya blog Kampus IT ini, semoga bisa menjadi jembatan ilmu untuk menjadi seorang Blogger Profesional. Mari saling mendoakan…

Langsung ke pembahasan yuk!

Cara Mencari Topik Blog yang Menarik

Bila anda masih kebingungan dengan topik yang sesuai dengan minat dan bakat anda, masih ada banyak cara kok yang bisa dilakukan untuk mencari topik blog.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mencari topik blog yang menarik antara lain sebagai berikut :

1. Google Trends

Google Trends biasanya digunakan untuk melihat topik yang sedang trending pada setiap harinya. Anda dapat memanfaatkannya untuk mencari ide topik yang pas menurut anda.

Sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Pilih topik yang mendekati minat dan kesukaan anda.

2. Group Facebook

Bagi yang baru dalam dunia blogging, saya sarankan anda untuk bergabung dengan group-group di Facebook yang membahas tentang blogging.

Cari saja groupnya dengan kata kunci Blogger Indonesia atau sejenisnya. Disana anda bisa mencari referensi dan ide dari postingan yang dishare para anggota group.

Atau jika mentok, maka bisa bertanya dengan bahasa yang sopan. Lebih baik dimulai dengan menyapa admin dan anggota lainnya.

3. Blog Walking

Mengunjungi blog-blog para Blogger terdahulu yang sudah terkenal bisa menjadi strategi jitu. Wawasan anda akan terbuka lebar dengan mempelajari blog mereka.

Saya yakin, anda akan menemukan banyak ide dari sana… Jangan lupa membaca tips-tips blogging juga di blog mereka.

4. Judul Buku

Cari ide topik dari buku-buku yang populer, yang best seller. Anda bisa mengunjungi toko buku yang banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Atau untuk lebih mudahnya anda bisa mengunjungi situs milik toko buku tersebut dan melihat bagian yang menampilkan buku terpopuler.

5. Produk Marketplace

Kunjungi beberapa marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Temukan ide topik blog dari kategori produk dalam marketplace tersebut.

Filter yang paling laris di marketplace tersebut. Dari hasil filtering tersebut bisa dijadikan ide untuk membuat blog dengan topik yang menarik.

6. Survei

Buat survei terbatas ke teman-teman anda. Intinya menanyakan hal apa saja yang mereka cari di Internet melalui Google.

Cara ini cukup efektif karena bisa langsung menangkap ide dari teman-teman anda untuk kebutuhan topik blog…

Tentunya masih banyak cara untuk mencari topik blog selain 5 hal diatas. Anda bisa mengembangkan ide sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Lanjut…

Ciri-Ciri Topik Blog yang Bagus

Banyak topik blog yang bagus namun kurang optimal dalam mengembangkannya. Padahal jika serius menggarap topik blog tersebut anda dapat dengan mudah menghasilkan uang dari blog.

Lalu bagaimana ciri-ciri topik blog yang bagus? Simak beberapa penjelasan berikut ini :

1. Minat dan Bakat

Seperti yang saya bilang dari awal tadi, pastikan anda memilih topik blog sesuai minat dan bakat yang anda miliki. Topik yang anda sukai pastinya bakal anda kuasai juga nantinya.

Tentunya anda dapat dengan mudah untuk mengembangkan blog jika anda menguasainya. Dengan begitu anda bisa konsisten untuk menulis dan update blog secara rutin.

2. Konten Bermanfaat

Menulislah artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Sudah tau kan? Pahala ilmu yang bermanfaat yang bakal dibawa menghadap Sang Pencipta kelak dikemudian hari.

Dengan memberikan konten yang bermanfaat, pastinya orang yang mengunjungi blog akan merasa terbantu, dan dengan senang hati akan membagikan artikel yang anda tulis.

3. Banyak Dicari

Topik yang bagus adalah topik yang banyak dicari di Internet. Bagaimana cara mencarinya? Sudah saya jabarkan diatas ya!

Yang penting cari topik yang banyak dicari agar blog yang anda kelola segera mendapatkan visitor yang banyak 🙂

4. Bertahan

Topik yang bagus adalah topik blog yang mampu bertahan lama di Internet, tidak lekang dimakan zaman. Selalu dicari orang yang membutuhkan informasi.

Seperti topik blog tutorial yang akan selalu seperti itu selama bertahun-tahun. Jika ada perubahan mungkin sedikit yang perlu disesuaikan.

5. Bersaing

Jika ada banyak blogger yang membahas suatu topik yang sama pada masing-masing blog mereka. Maka itu merupakan topik yang bagus untuk dijadikan ide topik blog.

Mengapa harus bersaing? Logikanya, topik blog yang banyak dibahas para blogger lain itu topik yang menarik dan banyak dicari.

Temukan ide topik blog dari blogger lain. Namun anda harus bersaing dengan banyak blogger lainnya dalam membuat konten yang berkualitas.

Dan ingat ya! Jangan pernah jiplak atau copy-paste mentah-mentah konten orang lain. Buatlah artikel sendiri yang original dan berkualitas.

15 Ide Topik Blog yang Terbukti Menghasilkan

Anda sudah membaca cara mencari topik blog dan ciri-cirinya diatas kan? Jika sudah, saya akan memberikan ide topik blog untuk anda. Terutama yang sudah terbukti menghasilkan banyak uang 🙂

Pilih topik yang paling anda minati dan anda sukai ya…

1. Software

Topik blog tentang software di era sekarang sangat banyak dibutuhkan. Setiap orang memiliki gadget atau smartphone, sehingga mereka pasti mencari aplikasi untuk smartphone mereka.

Begitu juga komputer atau laptop, pasti banyak yang membutuhkan informasi software untuk komputer mereka. Selain hanya blog informasi tentang software, pada topik ini, blog dapat dikembangkan menjadi blog download juga…

Lebih spesifik lagi bisa niche tentang : Aplikasi Android, Aplikasi Desktop, dan banyak software lainnya yang perlu untuk dibahas.

2. Komputer

Membahas komputer tidak akan pernah ada habisnya di era sekarang. Teknologi semakin berkembang, tentunya banyak yang bisa dibahas untuk mengisi konten blog anda.

Dalam perkembangannya anda bisa menambahkan informasi yang berhubungan dengan komputer. Termasuk periperal atau pernak-pernik komputer bisa anda ulik untuk memperkaya konten di blog anda.

Lebih spesifik lagi tentang : Motherboard, Laptop, PC, Keyboard, dan masih banyak pernak pernik komputer lainnya.

3. Game

Game… topik paling favorit! Jika anda sangat menyukai dunia game, maka topik blog ini sangat cocok untuk anda. Perkembangan teknologi game saat ini sangat cepat.

Sudah banyak beredar game-game yang berkelas, baik untuk smartphone maupun desktop. Ditambah sekarang ini banyak dari kalangan muda maupun dewasa yang dengan mudahnya bermain game melalui gadget.

Lebih spesifik lagi niche tentang : Game Android, Game PC, Game War, dan masih banyak yang lainnya.

4. Musik

Dunia musik selalu menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmatnya. Membuat blog yang membahas tentang musik tentunya memiliki pasar tersendiri.

Anda bisa membuat blog tentang lirik lagu maupun informasi dan review tentang alat-alat musik. Ide ini mudah dikembangkan karena rata-rata diantara anda pastinya suka musik.

Lebih spesifik niche tentang : Lirik Lagu, Musik Jazz, Musik Pop, Music Rock, dan masih banyak yang lainnya.

5. Tutorial

Informasi bersifat tutorial dapat membantu banyak orang untuk memecahkan masalahnya. Konten ini bisa berupa tip & trik maupun cara, bisa cara blogging, cara dapat uang dari blog, maupun cara-cara yang lainnya.

Blog dengan topik tutorial dapat dengan mudah dikembangkan bagi anda yang memiliki kemampuan teknis dan suka ngulik. Cocok juga bagi yang ingin mencoba hal-hal baru…

Niche lebih spesifik tentang : Cara Beternak Kambing, Budidaya Ikan, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa bereksplorasi sesuai kemampuan dan kreatifitas anda.

6. Lowongan Kerja

Siapa sih yang tidak butuh kerja? Setiap harinya ada jutaan orang mencari lowongan pekerjaan. Ambil kesempatan tersebut untuk membuat situs tentang lowongan kerja.

Untuk kebutuhan kontennya anda bisa mencari di situs-situs perusahaan besar. Namun alangkah lebih baiknya anda melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut. Dengan begitu nantinya dapat dengan mudah memperoleh data lowongan kerja dari perusahaan tersebut.

Niche lebih spesifik tentang : Lowongan Kerja Dokter, Lowongan Kerja Masinis, Lowongan Kerja Kantoran, dan masih banyak yang lainnya.

7. Olahraga

Siapa sih yang tidak suka olahraga? Hampir semuanya suka bukan? Apalagi pada olahraga tertentu… Setiap orang pasti memiliki kesukaannya masing-masing.

Niche olahraga ini juga bisa menjadi target yang menggiurkan. Apalagi anda menguasai seluk beluk tentang olahraga. Pasti dapat dengan mudah mengembangkan blog dengan topik olahraga ini.

Niche lebih sempit tentang : Sepak Bola, Volley, Bersepeda, dan masih banyak yang lainnya.

8. Selebritis

Topik selebritis tidak ada habisnya untuk dibahas. Rata-rata blog yang membahas selebritis pasti isinya hanya gosip. Saran saya hindari gosip ya..

Bikin blog tentang selebritis yang sesuai fakta saja… Cari tau keseharian mereka, ambil yang positif untuk dijadikan konten di blog anda.

Niche yang lebih spesifik lagi tentang : Biodata Artis, Kisah Perjalanan Artis, atau apa sajalah yang dikembangkan dengan kreatifitas anda.

9. Bisnis Online

Bisnis online merupakan bisnis atau usaha yang menjanjikan. Namun tentunya harus dipelajari dengan teknik-teknik tertentu dari seorang mentor maupun otodidak.

Dari hal tersebut tentunya banyak orang yang mencari informasi tentang bisnis online ini. Kesempatan bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis online untuk berbagi informasi bermanfaat tentang topik ini.

Lebih spesifik membahas tentang : Bisnis Marketplace, Bisnis Jualan Online, Bisnis Dropship, dan banyak lainnya.

10. Blogging

Blogging ini niche blog favorit saya… karena cukup mudah bagi saya untuk mengembangkannya. Contohnya blog Kampus IT ini yang saya khususkan untuk membahas tentang blogging dan teknologi informasi.

Topik blogging tidak lekang oleh waktu, pasti selalu ada yang mencarinya. Niche blog ini tidak ada salahnya untuk anda coba kembangkan.

Lebih spesifik tentang niche ini : Cara membuat blog, Blogging di WordPress, Blogging di Blogspot, dan masih banyak yang lainnya.

11. Travelling

Travelling juga menjadi topik blog favorit saya yang kedua… Saya telah mengembangkan blog tentang wisata akhir-akhir ini. Peminatnya cukup banyak, tentunya persaingannya juga ketat dengan blog dari perusahaan-perusahaan travel.

Namun begitu, bila anda mengembangkan blog dengan niche wisata ini tentunya masih ada pengunjung tersendiri. Belajar seo dan mengoptimalkan blog agar dibanjiri pengunjung.

Niche wisata yang lebih spesifik : Wisata Alam, Wisata Gunung, Pendakian, dan banyak yang lainnya.

12. Kuliner

Kuliner menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia, bahkan dunia. Sajikan blog dengan niche kuliner yang dikemas dengan pendekatan hati dan informasi kuliner yang enak.

Kembangkan niche kuliner ini sesuai minat dan bakat anda dalam melahap makanan di Nusantara. Bersabar dan gabungkan dengan ngevlog di Youtube untuk menarik pengunjung.

Niche kuliner yang lebih spesifik : Kuliner Jawa, Kuliner Sunda, Kuliner Timur, Resep Masakan, dan banyak lainnya.

13. Fashion

Fashion tidak kalah bagusnya… Kawula muda sekarang sukanya selalu update tentang gaya berpakaian. Makanya generasi sekarang ini terlihat modis-modis…

Sajikan blog dengan menampilkan informasi tentang fashion, dilengkapin dengan pendukung seperti gambar pakaian dan modelnya.

Contoh spesifik tentang niche fashion : Fashion Wanita, Fashion Laki, Fashion Jadul, Fashion Modern, Modis, Trendy, dan masih banyak lainnya.

14. Gadget

Sekarang zaman moderen, teknologi juga semakin maju. Banyak gadget ataupun smartphone bermunculan dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam.

Setiap tahun pasti selalu update teknologinya, semua berkembang begitu cepat. Niche ini merupakan target empuk… Kembangkan blog niche gadget dan anda akan meraup keuntungan yang berlipat… tapi pelajari tentang SEO dulu…

Topik blog tentang gadget yang lebih spesifik : Smartphone, Hp Android, Harga HP, Kamera, Gimbal, dan masih bayak niche lainnya.

15. Pendidikan

Niche pendidikan menjadi trending akhir-akhir ini… Di masa pandemi yang belum berakhir ini, adik-adik yang masih sekolah dipaksa untuk belajar menggunakan media daring… internet…

Proses belajar mengajar melalui media Zoom, Whatsapp, Facebook, Ms Teams, Google Live, Youtube, dan banyak media lainnya. Logikanya… para pelajar akan lebih banyak mencari materi-materi di Internet berkaitan dengan pelajaran yang mereka dapatkan. Ini kesempatan…

Niche lebih spesifik : Pelajaran Matematika, IPA, IPS, Matkul Kalkulus, Programming, Desain, dan masih banyak lainnya. SIlahkan bisa dikembangkan sendiri ya…

Pendapatan dari Blog yang Sering Dikunjungi

Apakah diantara topik blog diatas bisa menghasilkan dan mendapatkan banyak uang?

Jawabanya iya… bisa…

Tentunya ada yang harus anda pelajari terlebih dahulu sebelumnya. Seperti cara membuat blog, cara mendapatkan pengunjung dengan belajar SEO, dan banyak faktor-faktor lainnya sebagai pendukung agar blog bisa populer di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya.

Buatlah blog yang sering dikunjungi… Dengan banyaknya pengunjung yang sampai puluhan ribu per bulan, anda dapat dengan mudah memperoleh penghasilan rutin per bulan dari aktifitas blogging.

Dan alangkah baiknya anda juga membaca artikel saya tentang cara mendapatkan uang dari Blog. Ada pembahasan beberapa metode monetisasi blog disitu…

Kesimpulan dan Penutup

Diatas sudah saya jabarkan cara mencari topik blog dan bagaimana ciri-ciri niche blog yang bagus. Walaupun masih banyak kekurangan, anda bisa bereksplorasi dan mengembangkannya dengan kreatifitas anda.

Topik atau Niche Blog diatas hanyalah sebagai referensi untuk anda. Selebihnya anda bisa bereksperimen pada masing-masing topik. Sekali lagi silahkan memilih topik blog sesuai minat dan bakat yang anda miliki.

Topik blog yang dibahas diatas memiliki keunggulan masing-masing. Semuanya bisa menghasilkan uang dari blog… Tentunya tidak instan ya… Butuh perjuangan untuk mencapainya…

Anda juga harus belajar optimasi blog agar nangkring diposisi paling atas mesin pencari, khususnya Google. Dan blog juga harus memiliki pengunjung yang banyak pula… Itu ada caranya kok…

Nanti akan saya bahas diartikel terpisah, tunggu updatenya ya… Atau bisa langsung cari-cari di Google untuk belajar bagaimana caranya…

Semoga bermanfaat 🙂

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

2 Replies to “15 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi dan Menghasilkan”

  1. Tips, langkah-langkahnya sangat membantu, terutama tentang topik yg dibahas. Karena aku masih bingung topik apa yg ingin digunakan

    1. Yang terpenting yang sesuai minat dan bakat mas Vico saja,
      nanti lebih mudah untuk membangun dan mengembangkan blognya 🙂

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *