Cara Daftar Google News untuk Blogger 100% Approved

Ada yang sudah tahu tentang apa itu Google News? Bagi yang masih awam tentunya masih bingung fungsi dan tujuannya untuk apa. Disini akan saya bahas tentang cara daftar Google News untuk Blogger.

Dimana telah kita ketahui bahwa Google News secara umum mampu mendongkrak pengunjung ke blog atau website yang telah didaftarkan sebelumnya.

Bagi pemula, hal ini masih terasa asing sekali seperti saya waktu itu mencari-cari informasi tentang cara daftar Google News.

Dan ternyata setelah saya praktekan pada blog ini… proses itu sangat mudah dan sudah approved kurang dari seminggu.

Sekarang blog ini sudah terdaftar di publisher center, yaitu di Google News. Ternyata memang betul bahwa trafik pengunjung blognya naik sedikit demi sedikit.

Seperti apa prosesnya? Mari kita bahas mulai dari awal ya…

Apa itu Google News?

Google News hadir sebagai layanan Google yang memudahkan semua orang untuk memperoleh informasi yang relevan melalui komputer maupun gadget.

Ada aplikasi khusus yang tersedia di PlayStore untuk diunduh yang saat ini sudah mencapai 1 jutaan pengguna.

Setiap pengguna Google News akan dimudahkan untuk mencari informasi berdasarkan topik tertentu. Bahkan bisa memilih berita sendiri berdasarkan lokasi dan sesuai keinginan pengguna.

Selain untuk pengguna yang mencari informasi, anda sebagai Blogger atau pemilik situs berita juga bisa memanfaatkannya dengan mendaftarkan alamat blog atau website ke platform Google News tersebut.

Keuntungannya adalah kunjungan ke blog atau website anda akan meningkat secara signifikan karena dari data Google News setidaknya ada kurang lebih 500 juta kunjungan setiap bulannya.

Apalagi artikel yang dipilih dan masuk rekomendasi Google News bakal mendapat banyak kunjungan ke blog.

So… manfaatkan Google News untuk meningkatkan trafik dan nilai blog anda…

Manfaat Google News untuk Blog

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mendaftarkan blog anda ke Google News.

Manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tampil di mesin pencari Google

Siapa sih yang tidak ingin blog tampil di Google paling atas? Apalagi sangat mudah dan cepat ter-index di Google… Melalui Google News, blog anda akan memiliki peluang dan kesempatan untuk direkomendasikan dihalaman mesin pencari Google.

Setidaknya anda tidak akan repot untuk melakukan optimasi SEO dengan memanfaatkan Google News. Walaupun sebenarnya SEO juga memang harus diterapkan untuk blog, tapi dengan Google News akan sangat membantu sekali untuk push pengunjung ke blog.

2. Pengunjung meningkat

Mendapatkan pengunjung yang banyak setiap bulan adalah impian para Blogger dan pemilik website. Semua didapatkan tidak dengan cara instan, melainkan harus melalui berbagai macam proses optimasi website.

Mendaftarkan blog atau website anda ke Google News akan meningkatkan pengunjung. Ini terbukti dari blog ini yang sudah saya daftarkan ke Google News tiba-tiba trafiknya meningkat beberapa saat setelah pengajuan untuk blog ini diterima.

Dan bila artikel atau konten dalam blog anda terpilih dan mendapat rekomendasi dari Google News, maka bersiaplah terkaget-kaget karena akan mendapat kejutan dari pengunjung yang membludak.

3. Mendapat backlink natural

Apabila blog atau website yang anda kelola sudah masuk ke Google News, selanjutnya anda hanya tinggal merawatnya dengan membuat konten yang bermanfaat.

Tentunya kualitas jangan dikesampingkan ya… Kepercayaan sangat diandalkan disini. Buatlah pengguna anda merasa puas dengan adanya informasi yang disajikan dalam situs yang anda kelola.

Lambat laun situs anda akan mendapatkan backlink secara natural karena tingkat kepercayaan pengunjung yang besar. Biasanya backlink tersebut didapatkan dari orang-orang yang menjadikan informasi di blog anda sebagai referensi di situs mereka.

Lumayan kan untuk optimasi SEO Off Page tanpa perlu repot-repot untuk mencari backlink.

4. Membangun brand

Tingkat kepercayaan pengunjung meningkat sama dengan branding blog anda juga meningkat. Percayalah… ini sangat bermanfaat untuk blog atau website anda.

Situs anda akan semakin dikenal oleh banyak orang, sehingga brand situs anda akan terbangun berangsur-angsur menjadi besar dan mampu bersaing dengan situs lainnya..

5. Menekan biaya promosi

Google News sangat berpotensi mendatangkan pengunjung yang banyak ke blog anda. Walaupun tidak secara instan, tentunya ini akan menghemat budget anda untuk biaya promosi.

Sebenarnya 2 hal tersebut juga bisa disatukan untuk memperoleh banyak pengunjung, namun dipikirkan lagi Google News ini sangat rasional untuk menekan biaya iklan yang juga bisa dipadu-padankan dengan SEO yang gratis.

Syarat Daftar Google News

Untuk bisa masuk ke publikasi Google News, anda tentunya harus mendaftar dengan persyaratan tertentu dan melalui proses approval terlebih dahulu.

Adapun syarat-syarat untuk mendaftar Google News adalah sebagai berikut :

1. Memiliki akun Google

Yes! Tentunya anda harus memiliki akun dari Google yang berawal dari membuat Gmail terlebih dahulu.

Gmail merupakan layanan email dari Goolge yang nantinya bakal bisa digunakan dan tertaut disemua layanan Google. Termasuk diantaranya seperti Youtube, Google News, dan masih banyak layanan dari Google lainnya.

2. Tidak harus blog berita

Ada banyak media online yang menyebutkan syarat diterima Google News adalah blog atau website dengan konten berita. Namun informasi tersebut menurut saya pribadi kurang tepat.

Pada kenyataannya blog Kampus IT ini yang memuat informasi tentang tutorial blogging dan SEO juga bisa diterima Google News.

Yang menjadi fokus utama adalah rutinitas pada blog yang didaftarkan. Maksudnya adalah update konten blog secara rutin yang akan diterima di Google News.

Bila anda memiliki situs dengan topik blog yang menarik, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya ke Google News.

3. Buat konten berkualitas

Konten artikel yang berkualitas adalah kunci sukses blogging. Tentunya ini seirama dengan keberhasilan anda untuk mendaftarkan blog ke Google News.

Buatlah artikel yang berkualitas, maksudnya adalah artikel yang bermanfaat untuk para pembaca yang mencari informasi yang relevan dengan keinginan mereka.

Lagipula, Google juga menyukai konten yang original, tidak plagiat dan tidak menjiplak konten lainnya yang sudah ada. Setidaknya anda harus membuat artikel yang memberikan nilai lebih dari artikel lainnya yang tersebar di internet.

Pastikan anda membuat konten secara rutin dan selalu update artikel blog yang telah diterima Google News.

4. Struktur blog

Untuk bisa diterima di Google News, pastikan struktur blog anda sudah sesuai dengan ketentuan dari Google yang ramah mesin pencari.

Google News secara terang-terangan telah menyebutkan bahwa permalink artikel blog sangat penting. Pastikan tidak ada perubahan apapun pada permalink setelah artikel diterbitkan di blog.

Mesin pencari Google tidak akan bekerja dengan maksimal jika permalink blog selalu berubah. Jadi jangan rubah permalink agar artikel blog bisa masuk di Google News.

Dan juga perhatikan navigasi blog anda, pastikan untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya dapat diakses dengan mudah.

5. Informasi blog jelas

Informasi blog yang jelas akan mudah diterima Google News. Salah satunya dengan membuat halaman About Us untuk menjelaskan identitas blog yang anda kelola.

Jangan lupa untuk menambahkan halaman kontak agar navigasi blog anda mudah untuk dijelajahi.

Dan apabila dalam blog memiliki banyak penulis atau kontributor, maka sebaiknya disebutkan satu per satu dalam halaman khusus.

6. Gunakan Top Level Domain

Agar mudah diterima di GNews, setidaknya anda harus menggunakan alamat blog dengan top level domain atau biasa disebut TLD.

Seperti apa domain TLD itu? Contohnya adalah domain dengan ekstensi .com, .id, .net, .org, .info, dan lain-lain. Untuk lebih jelas bisa baca-baca tentang pengertian domain.

Contoh Blog yang Diterima Google News

Bukan bermaksud sombong ya… Saya menggunakan blog Kampus IT ini sebagai contoh studi kasus karena sudah diterima Google News dengan mudah.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk diterima Google News, hanya butuh kurang dari 7 hari.

Kenapa blog ini diterima Google News? Mungkin karena saya rutin untuk update konten blog secara berkala, walaupun itu tidak setiap hari.

Ini spesifikasi blog Kampus IT saat pengajuan Google News yang bisa anda gunakan untuk referensi :

  • Umur blog sudah lebih dari 1 tahun sejak Mei 2020
  • Niche blog tentang blogging, SEO, dan teknologi
  • Domain cantik ekstensi .id
  • Web hosting terbaik (saya menggunakan VPS)
  • Jumlah konten ada sekitar 40 artikel
  • Rata-rata 1000 kata per artikel
  • Pengelompokan kategori konten
  • Navigasi jelas dan mudah diakses
  • Terdaftar di Google Search Console
  • Terdaftar di Google Analytics
  • Visitor kurang dari 1000 per bulan

Data diatas bukan untuk dijadikan patokan ya… Nyatanya masih ada yang bisa diterima GNews walaupun tidak seperti data diatas.

Jadikan data diatas hanya untuk referensi saja… Fokusnya adalah rajin memperbaharui konten di blog yang didaftarkan.

Selanjutnya mari ke pembahasan inti, yaitu cara daftar Google News…

Cara Daftar Google News untuk Blogger

Ada yang bilang untuk mendaftar Google News itu sangat sulit untuk diterima. Namun ada juga yang bilang sangat mudah diterima.

Saya sendiri termasuk yang mudah diterima karena sudah membuktikan sendiri pada blog ini. Tentunya dengan memperhatikan syarat-syarat dan beberapa hal yang sudah tersebut diatas ya…

Oh iya, tutorial cara daftar Google News ini saya buat 4 Januari 2022. Jadi ini cara terbaru… Mudah-mudahan masih relevan untuk saat ini dan waktu yang akan datang…

Untuk mendaftar Google News silahkan ikuti step by step tutorial berikut :

1. Login Google

Partama kali yang bisa dilakukan adalah login menggunakan akun Google, yaitu menggunakan email dari Gmail.

Untuk login silahkan buka link publisher center berikut : https://publishercenter.google.com/

2. Add Publication

Publisher Center Google News

Lakukan “add publication” untuk memulai pendaftaran blog anda. Nantinya akan muncul tampilan pop up seperti dibawah :

Cara Daftar Google News

Silahkan isi data diatas sesuai dengan nama blog anda.

Keterangan :

  • Publication name = diisi bebas (kalau saya diisi nama blog)
  • Primary website property = diisi dengan url blog (alamat blog)
  • Location = jelas pilih Indonesia (atau bisa disesuaikan dengan bahasa blog)

Jangan lupa centang bagian “checkbox” dan kemudian klik tombol “Add publication“.

Setelah itu anda akan dibawa pada ke halaman seperti berikut :

Daftar Google News

Sampai disini masih belum ya… masih ada tahap selanjutnya yang harus dilengkapi…

3. Publication settings

Publication Settings

Apabila anda mengikuti alur sebelumnya, seharusnya anda akan melihat tombol “Publication settings” seperti diatas.

Klik saja… kemudian anda akan dibawa untuk melakukan pengaturan selanjutnya…

GN General Settings

Pada bagian kiri atas ada menu tab yang bisa anda klik, yaitu “General” dan “Visual styles“.

General

Pada tab menu “General” ini silahkan isi data sesuai dengan identitas blog anda. Bisa juga lihat keterangan masing-masing gambar dibawah…

Basic Information GN

Keterangan :

  • Publication name = diisi bebas atau boleh sesuai nama blog
  • Primary language = pilih bahasa yang anda gunakan
Location Settings GN

Keterangan :

  • Location = lokasi kantor anda atau tempat tinggal
Primary Website Property GN

Keterangan :

  • Website property URL = isi dengan alamat blog

Jangan lupa untuk verifikasi blog anda dengan klik pada “Verify in search console“.

Sampai tahap ini blog anda akan terverifikasi otomatis jika sudah terdaftar di Google Search Console sebelumnya. Jika belum, silahkan daftar dan verifikasi dulu ya…

Bagi yang masih bingung nanti saya buatkan tutorial verifikasi blog di Google Search Console atau GSC. Tunggu aja…

Additional Website Property GNews

Keterangan :

  • Additional URL = tambahkan alamat blog utama atau lainnya
Contact Settings GN

Keterangan :

  • New contact = tambahkan email anda untuk mempermudah komunikasi

Pengaturan pada bagian “General” sudah selesai…

Lanjut bawah ya…

Visual styles

Pada tab menu “Visual styles” ini adalah untuk pengaturan identitas blog anda. Anda akan diminta untuk menambahkan logo dan beberapa bagian lainnya.

Visual Styles GNews

Keterangan :

  • Square logo = tambahkan logo dengan format sesuai ketentuan
  • File format = Recommended PNG, dan bisa juga JPG
  • Dimensi logo = Recommended 1000 x 1000 pixel, minimal 512 x 512 pixel
Visual Styles Logo GNews

Bagian ini juga sangat direkomendasikan… Tambahkan juga logo dengan bentuk kotak memanjang seperti contoh diatas. Silahkan upload sesuai dengan petunjuk yang telah tersedia…

Font Khusus GNews

Pada bagian uploaded fonts ini sepertinya bersifat opsional, karena saat pendaftaran blog ini tidak saya isi. Namun alangkah baiknya anda isi sekalian agar proses pengajuan Google News lebih lengkap nantinya.

Simpan Pengaturan GNews

Setelah semua sudah diisi data lengkap, selanjutnya silahkan klik “Save” pada bagian pojok kanan atas.

Lanjut untuk pengaturan Google News ya…

4. Google News settings

Cara daftar Google News terbaru

Terlihat pada gambar diatas bahwa statusnya masih “DRAFT“, itu tandanya masih belum terpublikasi dan pengisian data masih kurang.

Klik pada bagian “Draft” tersebut nanti akan muncul seperti ini :

Proses Pengajuan Blog Google News

Terlihat statusnya masih “NOT STARTED“, maka perlu mengisi data lebih lengkap lagi dengan klik tombol “Edit“.

Akan muncul 3 sections atau menu seperti dibawah ini :

Google News Settings

Pertama silahkan pilih pada tab “General” terlebih dahulu…

General

Panduan Mendaftar Google News

Keterangan :

  • Basic information = isi sesuai dengan identitas blog anda pada bagian “Publication description” dan pada “Publication category” (lihat contoh).
  • Distribution = pada pilihan “Countries” silahkan pilih Worldwide agar informasi terdistribusi diseluruh dunia. Bisa juga pilih negara, tapi saya tidak merekomendasikan.

Content settings

Mendaftar Google News untuk Blogger

Keterangan :

  • Sections = tambahkan sections dengan klik tombol “New sections“. Dalam contoh saya menambahkan beberapa sections dari kategori blog Kampus IT.
  • Access groups = tambahkan nama group dan user dengan klik “New access groups“.

Review and publish

Blog Sudah Publish Google News

Keterangan :

  • Google News app publishing status = jika sudah ada status “LIVE” itu tandanya blog sudah diterima Google News. Namun jika belum approve biasanya ada status “IN REVIEW“.
  • Testing your publication = ini adalah link untuk mengecek publikasi blog di Google News.
  • Preview = ini adalah tampilan blog yang diterima Google News.

Nah… sampai disini sudah selesai ya pendaftaran Google News-nya…

Bagi anda yang akan mengajukan blog ke Google News, mudah-mudahan diterima ya… Aamiin…

Ikuti persyaratan dan langkah-langkah diatas…

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa Blogger berpendapat bahwa Google News ini penting untuk perkembangan blog, namun ada juga yang menganggapnya tidak terlalu penting.

Itu sebabnya ada yang mendaftarkan blog mereka ke GNews dan ada juga yang tidak mau mendaftarkannya.

Saya sendiri berpendapat bahwa Google News ini penting karena banyak manfaat yang didapatkan darinya. Seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan diatas, bahwa GNews bisa membantu meningkatkan pengunjung blog.

Semua pilihan ada ditangan anda sebagai Blogger… Semoga tutorial cara daftar Google News ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang ingin mendaftarkan blognya 🙂

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?