Home / Internet / Apa itu RDP? Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Istilah ini mungkin masih terdengar tidak biasa bagi sebagian besar orang, dan untuk itu di sini kami memberikan penjelasan mengenai apa itu RDP mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja hingga cara menggunakannya.

Untuk itu, simak lebih lanjut ulasan berikut dan jangan sampai ada yang diskip agar bisa mendapatkan informasi berguna yang penting untuk kamu ketahui.

RDP Adalah…

RDP sendiri merupakan salah satu protokol jaringan yang biasanya dipakai oleh Microsoft Windows Terminal Sevice serta Remote Destop yang merupakan sebuah fitur yang ada di dalam Windows.

Fitur ini berguna untuk memberikan izin bagi pengguna agar bisa melakukan koneksi ke sebuah mesin jarak jauh. Contohnya seperti VPS. Sehingga kamu akan berada di depan mesin tersebut.

Remote Desktop Protocol adalah kepanjangan RDP yang berfungsi untuk membuat kamu mampu melihat tampilan layar di dekstop. Serta mengoperasikan seluruh fungsi yang ada pada dekstop.

Dengan adanya protokol ini kamu tak hanya dapat membuat sambungan jarak jauh dengan menggunakan PC yang menggunakan Windows. Sekaligus bisa melakukan penginstalan Windows Server sebagai pendukungnya.

Meski begitu tak semua versi Windows dapat menggunakan protokol ini secara full-pack ya. Contohnya PC dan Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Home. Karena hanya bisa dipakai sebagai klien.

Sehingga bisa memudahkan kamu terhubung ke Windows Remote Dekstop yang lain. Nah, sementara itu Remote Dekstop Connetion adalah salah satu perangkat lunak klien yang tersedia oleh Microosoft dan menjadi salah satu yang paling terkenal.

Akan tetapi sebenarnya hampir semua versi sistem operasi Windows kini telah dibekali dengan server terminal bawaan. Dan bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan dekstop dari jarak jauh. Termasuk pada versi dekstop Windows dan Server Windows.

Tak hanya itu saja banyak sekali klien dan RDP Server non Microsoft yang tersedia, salah satunya klien open source yang bernama rdesktop.

Dan berlajan dengan menggunakan comman line sehingga menyediakan banyak sekali klien antarmuka pengguna grafis yang disediakan.

Fungsi RDP

Fungsi utama dari protokol ini sendiri adalah untuk menjadi perangkat administrasi dan juga implementasi jarak jauh yang menggunakan Virtual Network Computing atau VNC sebagai basisnya.

Dengan memanfaatkan internet yang membuat satu mesin atau klien dapat melakukan akses penuh dan melakukan pengontrolan mesin lainnya atau server. Dari jarah yang jauh secara otomatis.

Fungsi lainnya adalah digunakan untuk mengirimkan data apa saja. Seperti sinyal perangkat serial, lalu informasi lisensi, data presentasi hingga data yang sifatnya sangat ternekripsi di antara remote server dan juga klien.

Akan tetapi fungsinya yang paling utama adalah sebagai pengirim monitor atau output dari remote server menuju ke klien.

Sehingga nanyinya klien bisa mengirimkan fungsi moyse dan juga keyboard atau input menuju ke remote server.

Tak hanya digunakan untuk mengakses komputer lain menggunakan remote atau menggunakan kontrol jarak jauh. Microsoft sendiri juga menjadikan protokol ini menjadi salah satu solusi cloud computing yang ada pada azure.

Dan bertugas untuk melayani komputer virtual pada penggunanya. Dengan banyaknya evolusi yang sudah dilakukan maka protokol ini menjadi semakin berkembang.

Cara Kerja Remote Desktop Protocol

Dari penejlasan di atas sudah tahu kan, apa itu RDP? Nah, kini kamu juga harus tahu bagaimana cara kerjanya. Jika dilihat secara umum, pengguna utama dari protokol ini sendiri adalah komputer server dan klien.

Misalnya klien yang berlaku sebagai pengguna membuat suatu permintaan sambungan. Maka RDP akan menggunakan perangkat Windows, macOS, iOS hingga Android agar melakukan kontrol dari jarak jauh dengan menggunakan remote controlling PC server.

Sedangkan servernya adalah komputer Windows yang akan diakses sehingga membantu klien untuk medapatkan sambungan dari jarak jauh. Jika sudah berhasil terhubung maka pengguna akan membuat permintaan untuk melihat komputer yang sudah terhubung dengan bantuan RDP.

Akan tetapi untuk melakukan langkah tesebut pastikan jika kedua perangkat telah mengisntal RDP. Baik untuk klien maupun server.

Dengan menggunakan perangkat lunak klien yang menggunakan RDP maka kamu akan dapat terhubung dengan komputer mana saja. Dan pastinya komputer tersebut pun harus menjalankan sistem operasi Windows maupun sistem operasi lain. Dan pasti harus kompatibel ya.

Apabila kamu hendak mendapatkan akses pada PC dari Laptop atau perangkat lain dari jarak jauh dengan cara yang mudah. Maka protokol ini bisa menjadi salah satu jalan keluar terbaik. Sebab kamu bisa melihat konten yang ada di layar dari jarah jauh.

Selain itu kamu juga bisa melakukan interaksi hingga memberikan kontrol penuh pada fungsi komputer. Seolah kamu sedang berada di depannya dan sedang menggunakan komputer tersebut secara langsung.

Wajib untuk kamu ketahui jika kamu memanfaatkan RDP maka kamu hanya dapat membuat satu koneksi ke PC Windows. Meski begitu jika kamu ungin menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dalam satu waktu.

Maka kamu wajib memiliki kompyer server Windows yang di dalamnya telah aktif RDS atau Remote Desktop Services sebagai kompononen wajib.

Cara Setting RDP Windows

Untuk lebih jelasnya di sini kami juga akan memberikan cara melakukan setting manual pada RDP yang ada di Windows. Namun sebelum itu, pastikan jika kamu sudah mempunyai password VPS.

Apa itu RDP VPS? Pastinya komponen ini sangat kamu butuhkan untuk melakukan setting. Maka kamu harus melakukan reset dari panel Alibaba jika belum memiliki password VPS.

Mereset Password Root VPS

Akan tetapi jika sebenarnya kamu sudah memiliki password VPS namun ternyata lupa maka kamu bisa melakukan reset ulang pada password VPS, begini caranya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melalukan login ke user RAM Alibaba, kamu bisa melihat user dan password RAM Alibaba pada email dan aktivasi VPS.
  • Kemudian klik menu Setting atau Garis Tiga lalu pilih opsi Product And Services
  • kemudian pilih Simple Application Server.
  • Lanjut dengan klik opsi instance VPS.
  • Kemudian pilih menu Reset Password dilanjut dengan mengisikan password administrator.

Cara Melakukan Koneksi RDP

Jangan hanya tahu apa itu RDP, tapi kamu juga wwajib tahu bagaimana cara melakukan koneksi RDP.

Jika kamu sudah berhasil mereset ulang password maka kamu bisa melakukan koneksi RDP dengan mengggunakan Remote Desktop Connection menggunakan cara di bawah ini:

  • Pertama klik menu Start terlebih dahulu lalu pilih opsi Windows Accessories dan dilanjutkan pada Remote Desktop Connection.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman Desktop Connection, maka kamu bisa klik opsi Show Options.
  • Lanjutkan dengan mengisi menu Computer dengan IP VPS.
  • Untuk bagian username kamu bisa mengisi dengan Administrator lalu checklist pada Allow Me to Save Credentials.
  • Lalu kamu juga bsia copy file dari komputer ke VPS lalu klik Local Resources. Lanjutkan dengan chekclist di bagian Clipboard. Lalu Klik More dan cheklist pada opsi Drives lalu pilih OK.
  • Kamu juga bisa mensetting ukuran Remote Dekstop lewat tab Dispplay, pilihan ini sifatnya opsional ya. Lalu klik Connect.

Kini kamu pun tak hanya tahu apa itu RDP tapi dengan penjelasan di atas kamu juga tahu bagaimana proses menghubungkan RDP dengan sangat mudah.

Photo of author

Tentang Penulis

Tirta Wahyu

Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing.

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com