Apa itu CloudFlare? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Di era perkembangan website yang semakin pesat dan canggih ini, banyak sekali bermunculan alat untuk optimasi blog atau website. Salah satunya adalah ClouFlare. Sudah tahu apa itu CloudFlare sob? Jika belum pernah tahu maka kamu wajib untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

CloudFlare memberikan manfaat untuk sebuah website seperti SSL, CDN, dan beberapa fitur canggih lainnya. Yang pasti CloudFlare ini mampu mengamankan website atau blog.

Terlebih para Blogger yang akan membangun blog, ini bisa jadi alternatif untuk pemasangan SSL Gratis dari CloudFlare. Sebagai contohnya blog ini juga memakai fasilitas dari CloudFlare.

Dan perlu diketahui, bahwa kecepatan dan keamanan blog/website sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan.

Apa itu CloudFlare?

Apa itu CloudFlare? CloudFlare merupakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki jaringan untuk pengiriman dan penyebaran konten, CloudFlare sebagai proxy diantara pengunjung dan sebuah blog atau website.

Seperti yang saya kutip dari homepage website resminya, bahwa CloudFlare adalah Pondasi. Dimana CloudFlare bekerja untuk memastikan sumber daya di situs client semakin handal dengan keamanan tinggi.

CloudFlare menghubungkan antara visitor dan blog dengan tujuan agar blog tidak dijahilin oleh para attackers. CloudFlare menjamin keamanan untuk blog anda.

Fasilitas Gratis dan Berbayar CloudFlare

CloudFlare memiliki layanan gratis dan berbayar. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Untuk versi gratisnya tentu ada fitur yang dibatasi, namun jika anda menginginkan fitur yang lebih lengkap maka anda lebih baik menggunakan versi berbayar.

Saat ini saya masih menggunakan versi gratisnya karena sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan blog ini, terutama untuk kebutuhan pemasangan sertifikat ssl.

SSL gratis dari CloudFlare sudah sangat powerful untuk keamanan website.

Fungsi CloudFlare

Saya merekomendasikan CloudFlare ini untuk dipasang di blog atau website anda karena sangat powerful.

Pengunjung harus melewati sistem jaringan CloudFlare terlebih dahulu untuk sampai ke blog atau website. Semua aktivitas yang dilakukan pengunjung dapat tersaring dan termonitor melalui dashboard CloudFlare.

Blog atau website dapat diakses dengan cepat karena CloudFlare memiliki fitur CDN. Tentunya anda bebas memilih dengan mengaktifkannya terlebih dahulu untuk menggunakannya ataupun tidak.

Lalu apa manfaat dan fungsi CloudFlare?

Merujuk pada website resminya, manfaat CloudFlare pada website/blog adalah sebagai berikut :

  1. Keamanan Website atau Blog
    Secara umum, CloudFlare bermanfaat untuk mengamankan website dari serangan-serangan attackers yang melakukan DDos, maupun serangan lainnya yang membahayakan website.

  2. Performa dan Optimasi Website
    CloudFlare juga bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan sebuah website. Lumayan, sistem dari CloudFlare mampu membagi konten ke banyak server dan menampilkannya ke pengunjung dari server yang terdekat dengan pengunjung.

DItinjau dari penggunaannya untuk website atau blog, CloudFlare memiliki fitur dan fungsi sebagai berikut :

  1. Filter Pengunjung Website
    Takut spam? Tenang… CloudFlare mampu melindungi website dari ancaman spammer, yaitu orang-orang yang melakukan tindakan spamming. Seperti halnya komentar spam bakal diblokade oleh sistem keamanan CloudFlare.

    Belum tahu apa yang dimaksud spam? Baca dulu tentang spam.

  2. Laporan Visitor Bulanan
    Dilihat pada dashboard CloudFlare, anda dapat menemukan fitur yang memberikan informasi tentang lalu lintas pengujung di website atau blog anda.

    Bahkan serangan berbahaya pun terdeteksi dan tercatat di CloudFlare. Pemilik blog dapat dengan mudah untuk mengambil tindakan, seperti meblokir alamat IP tertentu dari attackers.

  3. Jalur Cepat untuk Pengunjung Website
    CloudFlare memiliki CDN (Content Delivery Network) sehingga mampu memilihkan jalur tercepat untuk pengunjung melalui sistemnya. Dimana fitur ini mampu mengarahkan pengunjung ke konten pada server yang terdekat.

  4. Analisa Tindakan Berbahaya
    Sistem keamanan CloudFlare mampu menganalisa pengunjung dengan melihat alamat IP. Apabila ada ancaman berbahaya, CloudFlare akan memblokir IP Address tersebut otomatis di sistemnya.

    Jadi blog anda aman dari serangan berbahaya jika menggunakan layanan dari CloudFlare ini.

  5. Informasi Keadaan Berbahaya
    Fitur ini cukup unik, karena CloudFlare mampu mendeteksi keadaan komputer pengunjung apakah berbahaya atau tidak. Jika berbahaya, CloudFlare akan mengarahkan pengunjung untuk memasukan captcha dan memberikan saran ke pengunjung untuk membersihkan komputer mereka.

Cara Kerja CloudFlare

Apabila anda menggunakan CloudFlare dan mengaktifkannya di blog atau website yang anda kelola, maka nameserver pada domain harus diganti menggunakan nameserver dari CloudFlare.

Karena pada dasarnya setiap pengunjung yang masuk ke website akan melewati jaringan CloudFlare terlebih dahulu untuk keamanan dan kecepatan website.

Untuk keamanan bisa memasang fitur SSL agar terhindar dari serangan cyber, sedangkan untuk optimasi kecepatan website bisa mengaktifkan fitur CDN.

Dengan begitu beban server website/blog anda akan berkurang dan web menjadi lebih cepat untuk diakses.

Kelebihan dan Kekurangan DNS CloudFlare

Setiap sistem tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, tanpa terkecuali CloudFlare.

CloudFlare mempunyai kelebihan dan kekurangan juga, tapi saya akan lebih menekankan kelebihan CloudFlare daripada kekurangannya.

Kelebihan CloudFlare

Sebelum menggunakan CloudFlare alangkah baiknya anda mengetahui apa saja kelebihan CloudFlare :

  • Layanan CloudFlare bisa digunakan gratis
  • Mendapatkan SSL gratis
  • DNS mampu berubah cepat
  • Bisa menyembunyikan alamat IP website
  • Mampu meningkatkan performa blog anda
  • Fitur anti spam
  • Perlindungan dari DDoS dengan mode “Iam under attack”
  • Fitur pemblokiran wilayah

Kekurangan CloudFlare

Hanya sedikit kekurangan CloudFlare yang bisa saya sampaikan disini, diantaranya :

  • Website ikut down jika layanan CloudFlare juga down
  • Mode “Iam under attack” memblokir robot pencarian

Mengapa Harus CloudFlare?

Kalau saya ditanya mengapa harus menggunakan CloudFlare? Pastinya akan saya jawab : karena ada SSL gratisnya hahahaa.

Bukan tanpa sebab, SSL gratis dari CloudFlare ini sudah lama saya terapkan diblog ini, dari awal pemasangan sampai sekarang (saat menulis artikel ini) masih aman-aman saja.

Anda dapat mengubah http:// menjadi https:// di alamat blog atau website anda secara gratis.

Https ini disinyalir dapat meningkatkan rangking website, katanya sih! Saya juga belum menemukan bukti…

Tapi… dengan memasang SSL ini sebuah blog akan dipandang sudah standar kekinian. Lihat saja hampir semua blog/website sekarang memakai https://

Oh iya, ada lagi fitur powerful gratis lainnya yang tidak kalah ciamik, yaitu CDN.

CDN ini dapat membantu anda meningkatkan kecepatan website loh. Performa meningkat dan loading blog menjadi cepat. Silahkan dimanfaatkan ya…

Kesimpulan dan Penutup

Sejatinya setiap sistem aplikasi yang diciptakan di dunia internet ini adalah untuk membantu memudahkan setiap orang yang berkecimpung didalamnya.

Begitu juga dengan CloudFlare ini bakal menjadi tool yang sangat bagus bila dimanfaatkan dengan baik.

Di blog ini dan beberapa blog saya yang lainnya pun juga menggunakan layanan CloudFlare untuk memperoleh layanan SSL gratis dan CDN.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan dan memanfaatkannya untuk blog anda. Selama ini saya belum pernah menemukan kekurangan dari CloudFlare yang saya sebutkan sebelumnya diatas.

SSL gratis adalah kelebihan yang ditawarkan oleh CloudFlare. Masa iya nggak mau memanfaatkannya? hehe.

Semoga artikel yang membahas tentang apa itu CloudFlare ini dapat menjadi referensi untuk anda yang masih menimbang-nimbang untuk menjajal fitur dari CloudFlare ini.

Semoga bermanfaat 🙂

Beneran nih nggak mau komen?