Jenis-Jenis Iklan Beserta Contoh dan Penjelasan Secara Lengkap

Di era moderen saat ini semua lini bisnis tidak lepas dari yang namanya iklan. Mengapa? Karena iklan ini sangat powerful bila diterapkan dengan cara yang tepat sebagai media promosi. Dan untuk saat ini alangkah baiknya anda juga paham dengan beberapa jenis iklan yang ada saat ini.

Sudah kita ketahui bersama, setiap sudut kota pasti sudah diwarnai dengan iklan yang entah itu berada di gedung-gedung maupun baliho atau spanduk.

Hal tersebut menjadi salah satu upaya bagi setiap pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis atau usahanya agar menjadi besar.

Untuk lebih jelas pemahaman tentang iklan mari lanjut ke pembahasan mengenai iklan di bawah yak!

Pengertian Iklan

Iklan merupakan bentuk pesan kepada target audiens berupa promosi barang ataupun jasa yang disampaikan menggunakan media tertentu.

Iklan juga menjadi salah satu metode pemasaran tertua yang ada di dunia bisnis. Iklan juga flexible yang artinya dapat disesuaikan tergantung dengan target pasar yang dibidik.

Pembagian Bidang Periklanan

  1. Iklan Tradisional
  2. Iklan Digital

Iklan dibuat sebisa mungkin harus tepat sasaran, penyampaian informasi sesuai target akan lebih maksimal hasilnya. Pembuatannya pun harus sesuai dengan estetika dan aspek konunikatif.

Berbeda jika iklan dibuat asal-asalan pasti malah menjadikan bisnis yang dikelola tidak berkembang seperti yang diharapkan.

Ciri-Ciri Iklan

Iklan juga memiliki ciri-ciri lho! Iklan yang bagus akan lebih memberikan manfaat untuk pemilik bisnis.

Adapun ciri-ciri iklan yang bagus adalah sebagai berikut :

Menarik

Ini sudah menjadi hal mutlak dalam dunia periklanan bahwa iklan harus dibuat semenarik mungkin agar orang-orang atau target audiens tertarik dan penasaran dengan produk yang anda miliki.

Berikan sentuhan yang menonjol sehingga setiap orang yang melihat iklan ataupun mendengar terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang dimiliki.

Informatif

Berikan informasi yang detail kepada calon konsumen tentang produk anda, jelaskan sedetail-detailnya dari sisi kualitas produk, harga, ukuran, berat, bahkan sampai dimensi barang pun tetap wajib ditampilkan untuk menunjang iklan yang informatif.

Komunikatif

Sebaiknya iklan juga menggunakan bahasa yang komunikatif, hilangkan kata-kata atau hal yang tidak berguna dari iklan anda agar terkesan produk terbaik dimata calon konsumen.

Bersifat Mengajak

Ajaklah calon pelanggan anda dengan kata-kata yang baik, belajar copywriter untuk menunjang pembuatan adscopy. Tujuannya adalah untuk meng-hipnotis dan menarik simpati calon pembeli untuk mencoba dan memakai produk yang anda tawarkan.

Mudah Dimengerti

Cukup sulit memang untuk membuat bahasa iklan yang bisa dimengerti oleh calon konsumen. Tapi jangan berkecil hati karena semuanya dapat dipelajari kok!

Setidaknya bahasa yang digunakan untuk membuat iklan tidak berbelit, dan langsung menuju pokok utama produk yang ditawarkan.

Maksud Dan Tujuan Periklanan

Seperti telah diketahui bahwa iklan diciptakan untuk membesarkan nama sebuah produk dan menginformasikan perubahan-perubahan suatu produk ke depannya.

Penggunaan iklan pun juga sudah jelas untuk membangun brand atau citra perusahaan dan produk-produknya.

Adapun maksud dan tujuan periklanan adalah sebagai berikut :

Membujuk Konsumen

Iklan mampu membujuk calon pembeli potensial bila dikelola secara matang dan tepat. Sehingga dapat mengubah persepsi customer tentang produk atau jasa yang dijual.

Penggunaan bahasa iklan yang tepat mampu membujuk calon konsumen untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan.

Pengingat

Tujuan iklan juga dapat bermanfaat untuk mengingatkan calon konsumen tentang merek dari perusahaan agar lebih dikenal luas, sehingga tercipta brand awareness yang bagus.

Menyampaikan Informasi

Penyampaian informasi melalui iklan adalah solusi yang tepat untuk mengenalkan produk dan membangun karakter perusahaan yang lebih baik.

Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah mengenali perusahaan anda dan produk yang anda tawarkan.

Persyaratan untuk Membuat Iklan

Iklan harus dibuat sebaik-baiknya dan tidak boleh asal-asalan jika menginginkan hasil yang maksimal.

Untuk menjadi iklan yang bagus terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Adapun syarat-syarat iklan adalah sebagai berikut :

  1. Bahasa yang digunakan dalam iklan sebaiknya memiliki arti yang baik dan mudah dipahami oleh para calon konsumen.
  2. Iklan dibuat dengan informasi yang menarik, jelas dan mudah dimengerti.
  3. Iklan dianjurkan untuk tidak menyinggung amarah salah satu pihak.
  4. Kata-kata dalam iklan menggunakan kata-kata yang mampu menumbuhkan minat calon pembeli.

Anggaran Biaya Iklan

Iklan menyempurnakan metode pemasaran lainnya karena bersifat praktis. Apalagi di era sekarang ini yang apapun itu dalam kehidupan sehari-hari sudah tersenduh media-media digital.

Banyak pemilik bisnis yang menggelontorkan uangnya besar-besaran untuk membiayai promosi melalui iklan karena sudah terbukti mampu meningkatkan penjualan.

Anggaran iklan pun bervariasi sesuai dengan jenis iklannya. Seperti contohnya iklan yang ada di televisi, setiap 15 detik dan 30 detiknya tersebut tentu biayanya berbeda.

Semakin lama waktu iklan tayang akan semakin besar pula anggaran yang dikeluarkan.

Dan di televisi-pun setiap waktu juga berbeda tarif iklannya. Sebut saja waktu pagi iklan tayang, akan berbeda harganya dengan waktu sore ataupun malam.

Dan lagi jika anda beriklan di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram atau yang lainnya, itu sangat berbeda dengan proses beriklan di televisi.

Di sosmed beriklan lebih mudah karena hanya dengan deposit dana pada akun pengiklan. Anda dapat dengan bebas mengatur anggaran setiap harinya. Hal tersebut bisa menjadi lebih hemat.

Macam-Macam Iklan

Semakin kesini, iklan sudah tumbuh dan berkembang menjadi berbagai macam dan jenisnya. Hal tersebut seiring perkembangan teknologi yang ada di dunia ini semakin canggih.

Adapun jenis-jenis iklan dapat anda baca dibawah ini :

Jenis Iklan Berdasarkan Media

1. Jenis Iklan Internet

Iklan jenis ini memanfaatkan media internet untuk menayangkan iklan. Biasanya dapat ditemui di sosial media, youtube, maupun blog atau situs-situs besar yang dapat diakses melalui internet.

Contoh iklan internet antara lain :

  • Endorsement selebgram di sosial media
  • Banner iklan di portal media
  • Banner di blog-blog
  • Iklan di Facebook, Instagram, dll.

2. Jenis Iklan Outdoor

Iklan outdoor atau bisa disebut dengan iklan luar ruangan biasanya terdapat di pinggir-pinggir jalan atau di tembok-tembok gedung.

Iklan jenis ini biasanya melalui proses percetakan.

Contoh iklan outdoor :

  • Spanduk
  • Baliho
  • Billboard, dll

3. Jenis Iklan Elektronik

Iklan yang dipublikasikan dimedia elektronik untk menyampaikan informasinya.

Iklan jenis ini biasa ditemui di indoor maupun outdoor. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Iklan Videotron
  • Iklan Radio
  • Iklan Film
  • Iklan Televisi
  • Iklan Sponsor, dll.

4. Jenis Iklan Media Cetak

Iklan media cetak menjadi salah satu iklan konvensional yang sudah ada sejak lama. Iklannya dicetak pada media kertas ataupun banner.

Contoh iklan media cetak antara lain :

  • Iklan koran
  • Iklan branding kendaraan
  • Poster
  • Stiker, dll

Jenis Iklan Berdasarkan Isi

1. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh suatu lembaga atau instansi pemerintah yang fungsinya untuk mengedukasi masyarakat tentang program tertentu.

Selain ditayangkan di media televisi atau media lainnya, biasanya iklan ini disampaikan langsung oleh petugas.

Contoh Iklan layanan masyarakat antara lain :

  • Iklan anti narkoba
  • Iklan himbauan hidup yang sehat
  • Iklan pemilu
  • Iklan KB, dll.

2. Iklan Penawaran

Iklan yang menawarkan produk atau jasa dari perusahaan tertentu yang ditujukan untuk calon cutomer.

Contoh iklan penawaran antara lain :

  • Iklan produk kosmetik
  • Iklan kendaraan
  • Iklan jasa arsitek
  • Iklan Jasa perbaikan komputer, dll.

3. Iklan Permintaan

Iklan jenis permintaan ini bisa anda temui pada media cetak seperti koran. Biasanya terletak di baris/kolom lowongan pekerjaan.

Dan dimasa sekarang ini juga bisa anda temui pada sosial media seperti Facebook, Instagram, dll.

4. Iklan Pengumuman

Iklan yang lebih ditujukan untuk mengumumkan suatu produk atau jasa, dan bisa juga ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat luas agar datang ke suatu tempat.

Contoh iklan pemberitahuan antara lain :

  • Iklan jalan sehat
  • Iklan pertandingan
  • Iklan kompetisi game
  • Iklan konser, dll.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

1. Jenis Iklan Komersial

Iklan komersial dirancang dan dipublikasikan untuk tujuan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa.

Penggolongan iklan komersial diantaranya adalah :

  • Iklan Bisnis
    Iklan yang bersifat bisnis ini dimanfaatkan untuk mencari relasi bisnis. Ditujukan kepada instansi/perusahaan, dan bahkan perorangan.

  • Iklan Konsumen
    Iklan yang dimanfaatkan langsung untuk mencari konsumen secara langsung. Bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa.

  • Iklan Profesional
    Iklan yang ditujukan untuk kalangan profesional dengan tujuan untuk mendapatkan profit yang besar.

2. Jenis Iklan Non-Komersial

Iklan jenis ini lebih ditujukan untuk kepentingan yang tidak mengejar profit ekonomi. Biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan sosial atau kemanusiaan.

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya iklan digunakan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas dengan cara yang praktis. Sistemnya mudah dan sangat bermanfaat untuk bisnis ataupun kepentingan lain.

Adapun biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan iklan sebagai media promosi adalah bervariasi, tergantung media yang digunakan untuk beriklan.

Pada artikel jenis iklan yang dibahas diatas mungkin masih banyak yang belum disebutkan. Anda bisa mencari referensi lainnya di Wikipedia maupun situs-situs lain.

Bijaklah dalam menggunakan iklan untuk bisnis anda 🙂

Beneran nih nggak mau komen?