Blogging

Memilih Hosting yang Bagus dan Berkualitas untuk Website

Written by Tirta Wahyu · 3 min read >
Tips Memilih Hosting

Apakah anda sedang kebingungan dalam memilih hosting yang bagus untuk website? Hal tersebut wajar kok! Awal mula saya mulai blogging juga kebingungan untuk menentukan web hosting terbaik.

Memilih web hosting gampang-gampang susah, kalau saya sendiri membutuhkan riset khusus dengan melihat fitur yang ditawarkan dan ulasan dari para penggunanya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan dibawah ya!

Bagaimana cara memilih hosting?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan dimana anda akan membeli hosting. Pilih 2 atau 3 jasa layanan hosting yang terbaik menurut anda.

Jika sudah menemukan provider web hosting yang terbaik menurut anda, buatlah diagram perbandingan diantara provider yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan membandingkan layanan hosting yang satu dengan yang lainnya, maka anda dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan.

Lanjut ya!

Pertimbangan Memilih Hosting

Bagaimana cara memilih hosting yang bagus? Tentunya semua butuh pertimbangan yang matang. Untuk tujuan profesional jangan pernah asal-asalan! Pikirkan masa depan website yang akan anda bangun…

Berikut ini beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli hosting :

1. Harga

Saya memilih harga sebagai pertimbangan yang paling utama karena hal ini paling sensitif berkaitan dengan dompet. hahaha… Seperti saya ini sangat memperhatikan harga paket hosting. Yang paling penting harga terjangkau dengan kualitas hosting yang bagus.

Emang ada? Ada! Pintar-pintarnya kita dalam memilihnya. Kembali lagi, buatlah diagram perbandingan untuk mengambil keputusan.

Namun berbeda dengan para “sultan” yang tidak mempermasalahkan terkait harga. Semua itu pilihan… Silahkan pertimbangkan dengan bijak!

2. Ulasan Pengguna

Ulasan atau review sangat krusial… Carilah layanan hosting yang memiliki ulasan positif. Lihat bagaimana pengalaman para pengguna menggunakan layanan hostingnya.

Coret provider yang mendapat ulasan negatif dari para penggunanya. Masa iya mau memakai hosting yang buruk layanannya? Enggak kan!

3. Disk Space

Media penyimpanan data saat ini sudah semakin berkembang. Pilih minimal yang memakai SSD disk space karena penting dan mempengaruhi kecepatan transfer file di hosting yang digunakan.

Pertimbangkan seberapa besar kapasitas yang ditawarkan oleh provider hostingnya. Hal ini selaras dengan harga hosting… Bijaklah…

4. CPU

Central Processing Unit penting untuk dipertimbangkan karena CPU merupakan otak dari sebuah komputer (baca : hosting). Otak ini akan melaksanakan instruksi dari permintaan perangkat lunak di web hosting.

CPU juga berpengaruh pada kecepatan sebuah website. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa kecepatan CPU pada hosting yang dipilih. Untuk menjalankan website standar menggunakan CPU Core 0,5 GHz – 1 GHz sudah cukup. Namun untuk peforma yang lebih tinggi maka dibutuhkan setidaknya CPU Core 2 GHz.

5. RAM

Random Access Memory sangat berkaitan dengan kecepatan akses sebuah website. RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Semakin besar RAM yang digunakan dalam hosting, maka semakin cepat pula akses websitenya.

Pilih web hosting minimal yang menawarkan ram 1 GB, itu cukup untuk website bertrafik rendah – medium. Namun apabila website anda memiliki trafik tinggi maka pilihlah ram yang besar, minimal 2 GB.

6. Bandwith

Provider hosting di Indonesia banyak yang menawarkan beragam fitur web hosting, salah satunya bandwith. Bandwith berfungsi untuk melakukan proses kirim dan terima data dengan kecepatan tinggi. Transfer data hanya dalam hitungan detik.

Rata-rata web hosting saat ini sudah menawarkan bandwith unlimited. Namun jangan terkecoh ya! Jika anda menggunakan share hosting dengan bandwith unlimited, maka bandwith tersebut bakal terbagi dengan pengguna lainnya dalam satu server.

Rekomendasi saya, pakai VPS server saja, karena semua sudah dijelaskan secara rinci dan pasti…

7. Lokasi Server

Banyak yang kebingungan untuk memilih dimana lokasi server yang bagus. Menurut sedikit pengetahuan saya, hosting yang bagus yaitu yang lokasinya dekat dengan target pengunjung website.

Misalnya saja anda membuat website dengan target pengunjung Indonesia, maka lokasi server (data center) baiknya juga di Indonesia. Biasanya berada di data center Jakarta, atau paling dekat di negara tetangga, Singapura atau Malaysia.

8. Support

Pilih provider hosting yang menawarkan SLA 99.99% dengan dukungan CS 24 jam penuh. Ini sangat penting! Jika anda memerlukan bantuan terkait hosting, customer support bisa langsung cepat tanggap merespon segala keluhan anda.

Provider hosting yang supportnya jelek sudah pasti saya tinggalkan. Bukan bermaksud memprovokatori, tapi realistis saja. Saya butuh layanan hosting yang bagus…

9. Garansi

Provider web hosting terbaik adalah yang berani memberikan garansi SLA 99.99% dengan segala konsekuensinya. Misalnya saja terjadi masalah pada hosting yang menyebabkan website tidak bisa diakses, maka provider memberikan kompensasi kepada pengguna.

Kompensasi tersebut biasanya berupa penggantian ganti rugi. Misalnya ada gratis biaya hosting 1 bulan, saldo yang masuk ke akun provider hosting, dan masih banyak kompensasi lainnya.

Baca : Pengertian Domain dan Hosting

Tips Memilih Hosting

Akhirnya sampai disini… Jika anda sudah membaca apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih hosting, maka ayo lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Yaitu tentang tips bagaimana memilih hosting yang bagus untuk masa depan website anda.

1. Kesesuaian Hosting

Memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website yang akan anda kelola. Apa tujuan pembuatan website tersebut? Bagaimana website ke depan dapat berkembang dengan pengunjung yang banyak?

Pikirkan nantinya akan seperti apa website anda. Jangan sampai salah memilih hosting! Misalnya anda membangun blog pribadi, masa iya memilih hosting yang kapasitasnya 100 gigabytes? Nggak efisien kan…

2. Pertimbangan Fitur

Setiap provider web hosting menawarkan berbagai fitur yang rata-rata hampir sama. Namun mereka juga menawarkan fitur yang menjadi pembeda dengan provider yang lainnya.

Lihat fitur yang ditawarkan apakah sesuai dengan kebutuhan website anda atau belum. Lakukan perbandingan untuk menentukan pilihan.

3. Sumber Daya

Untuk menunjang kelangsungan hidup website yang anda bangun, maka sumber daya sangat menentukan nasib website anda. Sumber daya ini berupa Disk Space, RAM, CPU, Bandwith dan segala macam fitur di dalamnya.

Ini penting! Jangan sampai website anda nantinya sering down karena sumber daya yang buruk.

4. Faktor Keamanan

Keamanan website menjadi faktor penting untuk melindungi website dari berbagai macam serangan cyber. Serangan yang terjadi berupa virus/malware, Ddos, ataupun serangan dari penjahat cyber lainnya.

Petimbangkan faktor keamanan ini dengan melihat fitur security yang ditawarkan oleh hosting provider. Bisa bertanya apa saja yang didapatkan terkait keamanan website.

5. Kecepatan

Kecepatan website adalah hal mutlak. Hal tersebut tentunya dengan dukungan web hosting yang berkualitas baik. Lihat fitur apa saja yang ditawarkan untuk menunjang kecepatan website.

Biasanya ada fitur website accelerator pada setiap paket hosting. Tentunya ini juga sejalan dengan pertimbangan memilih hosting yang sudah dibahas diatas.

Kesimpulan dan Penutup

Dari sekian banyak penyedia web hosting yang ada saat ini, tentunya anda harus bijak dalam memilih hosting. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.

Manfaatkan diagram perbandingan untuk metode pengambilan keputusan. Walaupun dirasa buang-buang waktu, hal tersebut sangat membantu loh. Coba aja…

Dari tips memilih hosting yang sudah dibahas diatas, tentunya masih banyak kekurangan informasi yang belum tersajikan. Anda bisa menambahkannya sendiri dengan bijak…

Semoga bermanfaat 🙂

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *