Apa Itu Search Engine Marketing? Pengertian, Contoh, dan Penjelasan

Ternyata ada berbagai macam metode promosi produk di internet selain ilmu SEO. Salah satunya adalah SEM, yaitu Search Engine Marketing. Mungkin masih ada yang asing dengan apa itu Search Engine Marketing?

Di artikel ini mari kita bahas bersama secara sederhana untuk mendapatkan pengetahuan tentang ilmu SEM.

Pengertian Search Engine Marketing

Tentang pengeritan SEM diantara kalian pasti sudah ada yang tahu dan begitu juga ada yang tidak tahu. Apa sih yang dimaksud dengan Search Engine Marketing?

SEM adalah metode promosi yang memanfaatkan internet dengan menggunakan iklan sebagai media penyebaran informasi sesuai target market. Metode marketing mesin pencari ini dapat memperluas jangkauan pelanggan sesuai yang dibutuhkan.

Seperti halnya saat sebuah bisnis diiklankan melalui Google Adwords, pemilik bisnis membayar layanan iklan tersebut untuk memperluas jangkauan produk mereka.

Dengan harapan pebisnis memperoleh keuntungan dari proses marketing tersebut.

Jadi apabila anda ditanya tentang : jelaskan yang dimaksud dengan Search Engine Marketing… maka jawablah seperti pengertian diatas.

Biar lebih jelas, penjelasan dibawah ini saya kutip dari Wikipedia :

Search Engine Marketing is a form of Internet marketing that involves the promotion of websites by increasing their visibility in search engine results pages primarily through paid advertising. (Search Engine Marketing – Wikipedia)

Artinya :

Pemasaran mesin pencari adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari terutama melalui iklan berbayar.

Saya translate Google hahahaa…

Kurang lebih seperti itu maksud dari strategi SEM.

Semoga bisa dimengerti ya…

Cara Kerja Search Engine Marketing

Dengan strategi Search Engine Marketing para pebisnis bisa dengan mudah untuk meningkatkan penjualan sebuah produk.

Tentunya akan lebih menguntungkan dengan perpaduan antara strategi marketing offline dan online seperti SEM dan SEO.

Cara kerja SEM itu sendiri menitik-beratkan pada pemilihan kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan bisnis yang dikelola.

Cari kata kunci yang berkaitan dengan produk anda, kemudian apabila ada orang yang mencari produk dengan kata kunci tersebut, iklan anda akan muncul di paling atas di hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Metode SEM sangat cocok dipadukan dengan strategi SEO. Apabila belum tau tentang SEO, maka anda harus belajar SEO terlebih dahulu.

Contoh Search Engine Marketing

Ada berbagai macam metode yang digunakan untuk menerapkan strategi Search Engine Marketing.

Saya ambil contoh disini pada Google, dimana perusahaan ini adalah perusahaan mesin pencari terbesar di internet.

SEM biasanya menggunakan beberapa format dalam penerapannya, diantaranya ialah : iklan berbentuk gambar, ada juga yang hanya text saja, dan ada yang berjenis listing produk.

Berikut ini contoh SEM di mesin pencari Google :

Pengertian Search Engine Marketing

Gambar diatas adalah salah satu contoh penerapan SEM. Dimana saya mencoba mencari informasi tentang VPS, yang muncul adalah iklan berbayar dibagian atas, kemudian disusul hasil pencarian organik.

Silahkan coba saja mencari sesuatu yang berhubungan dengan sebuah produk, pasti akan muncul iklan.

Itulah contoh strategi SEM…

Manfaat Search Engine Marketing untuk Bisnis

Kalau bicara manfaat, maka akan ada banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dalam memanfaatkan search engin marketing untuk bisnis yang anda miliki.

Strategi SEM akan membantu bisnis anda cepat berkembang dengan penanganan yang tepat.

Berikut beberapa manfaat SEM :

1. Bisnis yang Terpercaya

Dengan SEM bisnis yang anda kelola akan mudah ditemukan orang di mesin pencari, seseorang yang melihat iklan dibagian paling atas akan lebih percaya, sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

2. Anggaran Fleksibel

Anda dapat dengan mudah untuk budgeting biaya iklan yang dijalankan. Pengiklan bebas menentukan berapapun biaya yang akan dikeluarkan untuk sebuah iklan.

Misalnya saja anda memiliki anggaran biaya iklan sebesar 5 juta, maka anda bisa mengaturnya sesuai kata kunci yang dibidik dan beberapa kebutuhan lainnya.

3. Sesuai Target Market

Sangat mudah sekali menarget suatu market menggunakan strategi SEM. Saat mulai mengatur iklan akan ada target market berdasarkan usia, kesukaan/hobi, wilayah, dan lainnya.

Pengelola iklan bebas untuk menentukan target tersebut.

4. Cepat Dapat Cuan

Keuntungan tergantung bagaimana pemilik bisnis menjalankan bisnisnya. Dengan SEM semua dapat diraih dengan mudah untuk mencapai target penjualan dan potensi lebih cuan.

Apabila anda mengiklankan produk di Google Adwords, maka iklan tersebut akan langsung muncul di halaman pencarian Google paling atas. Strategi SEM ini lebih unggul daripada SEO karena hasilnya lebih cepat terlihat.

Seberapa Penting Penggunaan SEM?

Apakah anda ingin efektif dalam memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan? SEM adalah jawaban dari itu semua.

Strategi ini akan mempercepat proses penjualan produk anda karena sangat efektif. Anda bisa mengarahkan calon konsumen ke website atau halaman produk anda.

Apabila kata kunci yang dibidik sesuai, maka produk akan muncul dihalaman pertama hasil pencarian.

Tentunya akan ada kompetitor juga… pastikan produk anda unik dan lebih unggul dari produk orang lain yang sejenis.

Dibandingkan strategi dengan menggunakan SEO, strategi SEM akan sangat-sangat efektif karena kemungkinan besar website anda akan dilirik konsumen dibanding website lain yang hanya menanfaatkan SEO.

Website anda akan berada dipencarian paling atas Google karena iklan yang muncul sesuai target.

Strategi SEM ini adalah yang terbaik diterapkan saat memasarkan produk secara online.

Anda harus melakukannya….

Perbedaan SEM dengan SEO

Diantara SEM dan SEO ini ada sedikit kemiripan dalam pemasaran sebuah produk. Sama-sama memanfaatkan mesin pencari dan sama-sama bertujuan untuk mencapai target penjualan.

Pada strategi SEO lebih mengarah pada hasil pencarian organik, yaitu pencarian murni dari pencari informasi yang mencari sesuatu melalui mesin pencari.

Sedangkan SEM hampir sama, tetap memanfaatkan mesin pencari untuk hasil pencarian… namun akan muncul dipencarian paling atas saat calon pelanggan mengetikan kata kunci di mesin pencari. Hal tersebut karena menggunakan iklan berbayar sebagai strategi SEM.

Kesimpulan dan Penutup

Pada kenyataannya, strategi SEM sudah sangat cukup untuk melakukan promosi produk. Namun akan lebih optimal jika dipadukan dengan strategi SEO yang tepat.

Perlu adanya riset kata kunci yang akurat sesuai produk untuk menggunakan strategi pemasaran tersebut.

Search Engine Marketing bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan usaha yang anda miliki. Penjualan produk akan lebih cepat dan semakin efisien.

F.A.Q Tentang SEM

Apa yang dimaksud dengan SEM?

SEM adalah promosi berbayar yang memanfaatkan hasil pencarian. Lebih jelas silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Bagaimana cara Search Engine Marketing?

Caranya adalah anda membayar pihak yang menyediakan layanan iklan produk. Bisa pakai jasa ataupun langsung ke penyedia layanan iklan seperti Adwords.

Kapan Search Engine Marketing digunakan?

SEM digunakan apabila anda ingin meningkatkan penjualan produk dalam waktu yang cepat dan efisien.

Apa yang membedakan SEM dan SEO jelaskan?

Garis besarnya, SEM berbayar, dan SEO gratis. Silahkan baca artikel diatas sampai tuntas.

Apakah SEM berbayar?

Iya, strategi SEM menggunakan metode iklan berbayar.

Kenapa harus menggunakan SEM?

Karena efisien dan cepat menghasilkan target penjualan.

SEM digunakan untuk apa?

Untuk promosi produk secara cepat dengan membayar sejumlah tertentu untuk biaya iklan.

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?