Apa itu Microstock? Ribuan Dollar dari Jualan Desain dan Foto

Apakah diantara kalian sudah ada yang tahu tentang apa itu Microstock? Jika masih belum tahu, maka anda berada ditempat yang tepat. Karena pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengertian Microstock.

Sebelum pembahasan lebih jauh, akan saya sampaikan juga bahwa bisnis Microstock ini sangat cocok untuk anda yang berprofesi sebagai content creator seperti desainer, fotografer, maupun videografer.

Kalian bisa jualan karya kalian di situs-situs Microstock yang banyak bertebaran di internet.

Apa itu Microstock?

Microstock adalah…

Garing banget!!! hahaha…

Pada intinya, Microstock itu penamaan beberapa situs yang menjual karya dari para kontributor yaitu berupa desain, foto, atau video.

Disitu para content creator yang saya sebutkan tadi bisa berjualan karyanya yang original, dimana karya yang di upload dan dijual di situs Microstock tersebut disebut dengan stok.

Bisa stok desain, stok foto, ataupun stok video yang original saat ini bisa dijual.

Ingat! karya harus original ya… jangan sampai plagiat karya orang lain…

Cukup ya?

Kurang lebih seperti itu penjelasan tentang apa itu Microstock.

Contoh Situs Microstock

Ada banyak sekali situs agency Microstock yang tersebar di jagat internet. Beberapa contoh situs Microstock yang terkenal saat ini diantaranya adalah :

  1. Freepik (Baca : Apa itu Freepik)
  2. Shutterstock (Baca : Cara Jual Foto di Shutterstock)
  3. AdobeStock
  4. Vecteezy
  5. GettyImages
  6. Dreamstime

Dan masih banyak yang lainnya…

Kalau disebutkan satu-persatu akan memakan waktu hahahaa…

Bukan begitu sih, tapi karena dari 6 situs Microstock diataslah yang terbesar dan paling mudah proses pendaftaran untuk menjadi kontributor.

Sudah saya bahas satu per satu terkait situs Microstock pada daftar diatas. Silahkan bisa diklik masing-masing situs Microstock tersebut.

Apabila masih ada yang belum dibahas akan saya sampaikan menyusul ya…

Alasan Harus Memulai Bisnis Microstock

Banyak alasan mengapa kalian harus segera memulai bisnis Microstock. Walaupun tidak menjamin kaya dengan cepat, bisnis ini nyatanya mampu membuat orang menjadi fulltime freelancer hanya dengan mengandalkan jualan stok di situs tersebut.

Dengan jualan stok desain, foto, maupun video… kamu bakalan mendapat penghasilan tambahan yang tidak pasti. Hasil jualannya selalu berubah-ubah, dan itulah yang saat ini ramai disebut sebagai pasif income.

Walau selalu beruba-ubah penghasilan dari Microstock tersebut, namun kamu bisa membuat stabil pendapatan per bulan dengan cara upload karya di situs Microstock secara rutin.

Lalu tunggu apa lagi? Ayo mulai!

Kamu harus mendaftar sebagai kontributor di masing-masing situs Microstock untuk memulai berjualan.

Penghasilan Ribuan Dollar dari Microstock

Peluang penghasilan dari jualan karya di situs Microstock sangat besar loh sob! Banyak kontributor yang sudah sukses berbisnis di Microstock… Terbukti!!!

Pendapatan per bulan bisa mencapai ribuan dollar per bulan dari situs Microstock.

Saya mendapatkan informasi ini dari teman-teman di grup Microstock dari Indonesia yang banyak tersebar di Facebook, WhatsApp, maupun Telegram.

Mereka yang sudah senior biasanya membagikan earning bulanan (pendapatan) yang bisa membuat semangat untuk berkarya… khususnya bagi diri saya.

Karena terkadang ada juga yang tidak suka dan berkomentar negatif tentang hasil jualan di Microstock tersebut.

Bagi saya, share earning para senior tersebut memecut semangat saya untuk terus berkarya. Semua tergantung individu yang menyikapinya…

Tetap berpikir positif ya sob…

Harga Per Download

Oh iya lupa…

Jikalau kamu sudah berjualan di Microstock jangan kaget ya…

Karena setiap stok desain, foto, atau video yang kamu upload bakal dihargai dengan berbagai macam nominal harga per download.

Misal di Shutterstock harga per download desain dan foto = $0.25 …itu dulu hahaha… Sekarang hanya sekitar $0.10 sob…

Sangat turun… tp itu kebijakan dari Shutterstock… kita bisa apa? 😛

Beda lagi dengan upload karya video sob… ada yang mendapatkan $80 per download. Tapi itu semua tetap fluktuatif dan berubah-ubah.

Pokoknya setiap situs agency Microstock berbeda-beda harga per download-nya.

Pesan saya… jangan meremehkan dan mengeluh dengan harga per download yang kecil…

Ingat! faktor kali dari itu semua… misalkan harga 1 karya per download-nya adalah $0.10 dan setiap hari karya tersebut didownload 1000… kemudian selama 30 hari… maka hasil dari itu semua? hitung sendiri yaaa hahahaa…

Fantastis bukan?

Pokoknya jika kamu rajin bakal menuai hasilnya kok…

Cara Mudah Dapat Uang dari Microstock

Beberapa cara untuk menghasilkan uang dari berjualan di situs agency Microstock. Yang harus kamu lakukan secara garis besar adalah sebagai berikut :

  1. Mendaftar di situs Microstock sebagai kontributor dan isi data yang diminta selengkap mungkin.
  2. Baca peraturan kontributor di masing-masing situs Microstock, pahami bagaimana kriteria karya yang diminta oleh mereka.
  3. Membuat karya sebanyak-banyaknya yang unik dan original berupa desain, foto, atau video tergantung keahlian masing-masing.
  4. Mulai upload di situs Microstock sesuai prosedur. Ada yang meminta untuk upload 20 desain pertama seperti Freepik, ada juga yang langsung upload berapapun jumlahnya.
  5. Setelah upload desain tidak langsung bisa dijual, harus melewati proses review atau kurasi dari tim reviewer masing-masing Microstock.
  6. Apabila karya yang kamu upload telah disetujui maka cepat atau lambat pembeli bakal berdatangan.
  7. Apabila karya ditolak maka jangan bersedih, pahami apa yang membuat karya tersebut tertolak dan perbaiki atau membuat karya baru yang lebih bagus.
  8. Pembeli melihat dan membeli karyamu karena mereka membutuhkan itu. Maka buatlah karya yang sekiranya dibutuhkan banyak orang.
  9. Pada intinya, semakin banyak yang men-download karyamu maka kamu akan semakin cuan 🙂

Buatlah karyamu sebaik mungkin, dan jangan terburu-buru…

Kamu harus sering melihat-lihat karya orang lain yang populer di situs-situs Microstock tersebut untuk menemukan wawasan baru, sehingga kamu nantinya tidak mengalami kebingungan mau membuat karya seperti apa….

Lalu karya apa yang paling laku? Tidak ada yang tau…

Dan menurut saya karya yang paling laku adalah karya yang kamu buat dan diupload. Kalau tidak diupload mana tahu itu laku atau tidak 😛

Semua butuh riset mendalam untuk membuat karya yang disukai banyak orang.

Semoga sukses ya…

Keuntungan Menjadi Kontributor Microstock

Sebenarnya banyak sekali keuntungan menjadi kontributor di situs agency Microstock. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah :

  1. Memiliki portofolio berupa desain, foto, atau video
  2. Karyamu bermanfaat untuk orang lain
  3. Karyamu dilihat orang diseluruh dunia
  4. Kamu dapat royalti penjualan dari bagi hasil penjualan karyamu
  5. Menempa diri untuk lebih bekerja keras mencapai kesuksesan
  6. Mengetahui ilmu pemasaran konten
  7. Memacu rasa percaya diri untuk berkarya
  8. Lebih bersyukur

Penghasilan bukanlah yang utama… Yang utama adalah pengalaman yang berharga dengan bekerja keras.

Belajar sabar dan teliti untuk membuat karya… selalu bersyukur hingga kamu mendapat ribuan bahkan puluhan ribu dollar dari berjualan karya di Microstock.

Tetap semangat ya!

Metode Pembayaran di Microstock

Situs agency Microstock selalu memiliki caranya masing-masing untuk melakukan pembayaran. Semua sudah memiliki prosedur dan peraturan untuk para kontributornya.

Beberapa metode yang sering digunakan adalah menggunakan jasa pembayaran seperti Paypal, dan beberapa ada yang menggunakan jasa pembayaran Payoneer.

Maka bagi kamu yang akan memulai bisnis ini diharapkan bisa mendaftar dan memiliki salah satu akun dari dua jasa pembayaran online tersebut.

Dari beberapa situs Microstock yang saya menjadi kontributor didalamnya. Biasanya agency Microstock melakukan pembayaran yang berbeda. Ada yang di awal bulan, pertengahan bulan, dan akhir bulan.

Pembayaran bagi hasil antara situs Microstock biasanya setelah mencapai ambang batas tertentu, misalnya setelah mencapai $30 atau $50 setiap bulannya tergantung kebijakan masing-masing.

Kesimpulan dan Penutup

Memulai bisnis di situs agency Microstock sebenarnya tidaklah sulit. Yang lumayan bekerja lebih keras itu adalah bagian membuat karya yang original dan laku untuk dijual.

Bisnis jualan karya seperti desain, foto, dan video di Microstcok bukan cara dapat uang dengan cepat…

Mohon pahami itu…

Tidak ada yang instan ya kawan… Semua butuh proses…

Dan itu semua bisa dilalui dengan semangat untuk berkarya, tekun, dan sabar. Gunakan kemampuan terbaikmu untuk selalu belajar dan membuat karya yang memang layak untuk dipasarkan diseluruh dunia melalui situs agency Microstock.

Semoga pembahasan terkait apa itu Microstock ini dapat memberikan inspirasi baru untuk kalian ya sob… Tetap jaya Microstock Indonesia 🙂

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Ayo diskusi bareng mereka . . .

Beneran nih nggak mau komen?