Blogging

9+ Plugin SEO Terbaik WordPress Paling Rekomended

Written by Tirta Wahyu · 5 min read >
Plugin SEO Terbaik Wordpress

Hi, apakah anda mencari plugin SEO terbaik WordPress untuk blog baru anda? Saya ada solusi yang memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi atas apa yang anda cari.

Saya merekomendasikan plugin SEO yang sudah banyak digunakan oleh para Blogger saat ini. Mengapa? Ya karena plugin yang akan saya bahas disini sangat powerful untuk menunjang kebutuhan blogging anda.

Terutama untuk kebutuhan Search Engine Optimization (SEO) pada blog yang anda kelola. Segalanya mudah menggunakan fasilitas dari plugin SEO terbaik WordPress.

Yuk simak pembahasannya 🙂

Plugin SEO WordPress

Yang dimaksud plugin SEO disini adalah plugin yang membantu kebutuhan blog anda dalam mengatur meta deskripsi, meta keyword, penulisan judul, maupun kemudahan dalam pembuatan artikel.

Misalnya saja setiap membuat artikel, plugin SEO akan berfungsi untuk memberikan saran jumlah kata yang baik untuk optimasi mesin pencari, baik itu judul maupun meta deskripsi.

Bahkan plugin yang lebih bagus bisa membantu memberi saran jumlah keyword yang dibutuhkan pada setiap artikel yang dibuat, biasanya ada indikator agar keyword tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Baca : Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Dalam pengaturan lanjutan, plugin SEO biasanya juga sudah dilengkapi fitur lengkap. Misalnya saja ada fitur untuk membuat file sitemap.xml, dan fitur untuk mengatur indexing di mesin pencari.

Apa saja plugin SEO terbaik yang powerful saat ini? Saya berikan rincian agar anda mendapat pencerahan. Cukup pilih salah satu untuk diinstall di blog anda diantara 2 plugin berikut ini :

1. Yoast SEO

Plugin SEO Terbaik WordPress - Yoast SEO

Blogger mana yang tidak tau plugin Yoast SEO? Namanya sudah tidak asing ditelinga para penggiat blogging. Plugin dari Yoast ini sangat powerful untuk memenuhi kebutuhan optimasi konten blog agar mudah ditemukan di mesin pencari.

Didasari konten yang berkualitas dan original, plugin Yoast SEO dapat membantu anda membuat artikel SEO dengan cara memberikan saran kepada anda tentang hal apa saja yang masih kurang dalam penulisan artikel.

Jika berlebihan dalam penulisan artikel maka akan ada peringatan untuk memperbaikinya. Misalnya saja anda berlebihan dalam membubuhkan keyword pada artikel, maka plugin Yoast ini akan memberi peringatan dengan indikator merah ataupun kuning.

Keunggulan plugin Yoast SEO :

  • Versi gratis sudah lebih dari cukup
  • Pengaturan fokus keyword
  • Custom meta deskripsi
  • Custom meta judul
  • Fitur XML Sitemap
  • Membuat breadcrumbs
  • Otomatis tautan cannonical
  • Webmaster verification
  • Open Graph Meta Tags
  • Editor .htaccess dan robots.txt

Kekurangan plugin Yoast SEO :

  • Ada versi premium yang harganya lumayan

Plugin Yoast SEO lebih banyak keunggulannya daripada kekurangannya. Apalagi pada versi premiumnya (berbayar) plugin Yoast banyak fitur unggulan yang tidak ada di versi gratis. Tentunya dengan fitur yang lebih powerful.

Apalah daya belum mampu untuk beli, dan versi gratis sudah cukup untuk saya. hahaha…

Pengaturan plugin Yoast ini silahkan mengikuti tutorial berikut : Cara setting Yoast SEO

2. All in One SEO Pack

Plugin SEO Terbaik WordPress - All in One SEO Pack

Plugin yang powerful untuk SEO selanjutnya adalah All in One SEO Pack. Plugin ini sama halnya dengan plugin dari Yoast, hanya saja fitur-fiturnya ada sedikit perbedaan.

Plugin SEO ini menawarkan kemudahan dalam mengatur semua bagian dari kebutuhan SEO blog dalam satu halaman.

Bagi pemula, install saja plugin All in One SEO Pack tanpa mengatur macam-macam, itu sudah cukup. Segalanya mudah…

Keunggulan plugin All in One SEO Pack :

  • Versi gratis sudah powerful
  • Dukungan Google AMP
  • Navigasi lebih mudah
  • Dukungan XML sitemap.txt
  • Open graph meta tags
  • Import/export SEO Data
  • Performance manager
  • Meta judul dan deskripsi

Kekurangan plugin All in One SEO Pack :

  • Tidak ada fitur breadcrumbs
  • Ada versi premium

Seperti halnya plugin Yoast, plugin All in One SEO Pack ini juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan plugin lainnya.

Saya termasuk pengguna All in One SEO pack untuk pendukung SEO blog. Tampilannya lebih simpel dan mudah bagi pemula dibandingkan plugin Yoast yang lumayan membutuhkan perlakuan khusus.

Saya hanya merekomendasikan 2 plugin SEO tersebut diatas. Keduanya sama-sama powerful untuk menunjang kebutuhan SEO pada blog.

Udah gitu aja…

Lanjut…

Plugin Pendukung SEO WordPress

Sebenarnya masih banyak plugin WordPress untuk menunjang kebutuhan SEO. Namun disini saya hanya akan membahas yang paling penting saja.

Beberapa plugin pendukung yang sering saya gunakan sebagai pendukung SEO blog :

1. Akismet Anti-Spam

Akismet Anti-Spam

Blogging identik dengan spammer… Boleh setuju boleh tidak… Karena tidak sedikit yang mempromosikan blog atau produknya menggunakan robot untuk menyematkan link di form komentar.

Semua itu demi memperoleh backlink atau bahkan hanya sekedar untuk menarik pengunjung. Cara spamming seperti itu dapat dengan mudah dicegah dengan menggunakan plugin Akismet.

Plugin Akismet mampu memblokir dan menghapus komentar spam yang menyerang sebuah blog. Anda dapat dengan mudah mengaturnya pada menu setting Akismet.

Install plugin ini untuk mencegah serangan spammer ke blog anda.

2. Schema – All In One Schema Rich Snippets

Schema All In One Schema Rich Snippets

Plugin ini dapat membuat hasil pencarian blog anda menjadi lebih menarik dengan Schema Rich Snippets. Memberikan hasil pencarian dengan peringkat bintang, hal tersebut tentunya memberikan tampilan yang sangat menonjol dan mampu menarik pengunjung.

Schema Rich Snippet mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung, mendatangkan visitor organic yang lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Rich Snippets biasa digunakan untuk konten berjenis review, resep makanan, produk, artikel, video, dan masih banyak yang lainnya. Install plugin Schema – All in One Schema Rich Snippets untuk kemudahan implementasinya.

3. SEO Image Optimizer

Image Optimizer WordPress

Tidak hanya artikel yang perlu dioptimasi… Gambar juga membutuhkan perhatian lebih biar sama-sama nangkring di halaman pertama pencarian gambar di Google.

Gunakan plugin bernama SEO Image Optimizer agar mudah untuk menerapkan optimasi pada gambar. Keunggulannya adalah meningkatkan SEO gambar di blog anda agar ramah dengan mesin pencari.

Plugin ini juga berfungsi untuk kompress gambar untuk meningkatkan kecepatan loading blog. Dapat juga untuk resize, mengubah ukuran gambar dengan mudah.

4. Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps

Plugin Google XML Sitemaps berfungsi untuk membuat sitemap pada blog agar ramah mesin pencari Google. Dengan begitu mesin pencari dapat dengan mudah menjelajahi seluruh konten di dalam blog.

Plugin ini juga bermanfaat untuk membantu indexing di Google. Blog baru sangat terbantu menggunakan plugin ini.

5. Broken Link Checker

Broken Link Checker

Plugin WordPress yang satu ini penting banget! Saya berharap anda menginstallnya. Plugin ini berfungsi untuk memberitahukan jika ada link yang rusak di blog anda.

Sebagaimana diketahui bahwa broken link sangat mempengaruhi rangking SEO blog di mesin pencari. Dengan plugin ini anda dapat dengan mudah untuk menghapus dan memperbaiki link yang sudah rusak tersebut.

6. Jetpack by WordPress.com

Jetpack oleh WordPresscom

Plugin Jetpack dikembangkan oleh tim WordPress.com, berfungsi untuk mengamankan website. Plugin ini mampu memblokade serangan brute force dari para peretas.

Jetpack juga mampu memfilter spam yang masuk ke website dengan integrasi Akismet didalamnya. Segala bentuk spam dapat difilter dan dihapus dengan mengaturnya di menu pengaturan plugin Jetpack.

Di lain sisi, plugin Jetpack juga ada fitur sharing ke sosmed Facebook secara otomatis. Dengan cara mengkoneksikan plugin ini ke media sosial anda, maka setiap ada update artikel dari blog, artikel akan otomatis dibagikan ke media sosial Facebook.

7. WP Super Cache

WP Super Cache

Ingin mempercepat loading website? Gunakan plugin WP Super Cache ini atau plugin sejenisnya. Semua powerful untuk kebutuhan cache blog anda. Namun saya sarankan untuk mencoba plugin cache satu per satu hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Fitur yang ditawarkan plugin cache ini cukup lengkap, maklum saja buatan tim Automattic dari WordPress. Anda bisa menggunakan fitur minify file html ataupun css untuk membantu mempercepat loading blog WordPress.

Adapun plugin sejenis yang lainnya seperti W3 Total Cache, WP Rocket, Cache Enabler, WP Fastest Cache, dan masih banyak lainnya. Silahkan bisa dicoba satu per satu…

8. WordPress Share Buttons Plugin – AddThis

Wordpress Share Buttons Plugin - AddThis

Blog anda tidak akan lengkap tanpa plugin WordPress Share Button dari AddThis ini. Sepertinya ini menjadi wajib dipasang karena di era sekarang adalah eranya media sosial.

Konten yang anda buat di blog dapat dengan mudah dibagikan ke sosial media hanya dengan klik tombol share plugin ini. Tentunya ini akan sangat berguna bagi kelangsungan hidup blog yang anda miliki.

Sudah mendengar kan? Kabarnya sosial media signal juga menjadi faktor rangking artikel blog di mesin pencari. Sangat disarankan menginstall plugin ini atau bisa juga menambahkan tombol share secara manual.

9. Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Plugin SEO WordPress - Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Plugin ini mengintegrasikan Google Analytics dengan dashboard WordPress yang anda kelola. Dengan begitu dapat dengan mudah mengecek trafik blog dari dashboard.

Tidak perlu repot-repot membuka akun Google Analytics karena semuanya sudah tersedia di dashboard melalui plugin ini. Hebatnya dengan plugin dari MonsterInsights ini dapat dengan mudah menampilkan statistik yang penting-penting saja.

Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Kesimpulan dan Penutup

Masih banyak cara untuk mengoptimalkan blog dengan plugin SEO terbaik WordPress. Setiap Blogger memiliki caranya masing-masing untuk optimasi blog mereka.

Plugin SEO terbaik WordPress diatas atas hanyalah rekomendasi dari saya untuk di install di blog anda. Tidak harus semua di install, pilihlah yang sekiranya anda butuhkan.

Untuk cara install plugin, silahkan ikuti panduan install plugin WordPress

Oh iya… Ada beberapa plugin diatas yang fiturnya sama, pilih salah satu aja yang paling lengkap. Misalnya seperti plugin Jetpack dengan Akismet, ternyata di dalam plugin Jetpack sudah ada fitur dari plugin Akismet, maka cukup install Jetpack saja.

Seperti itu…

Semoga bermanfaat 🙂

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *