Home / Bisnis Online / Pengertian Marketing: Marketing adalah Aspek Penting Usaha

Pengertian Marketing: Marketing adalah Aspek Penting Usaha

Penulis: Mendy

Marketing adalah sesuatu yang sangat penting dalam jalannya usaha. Dewasa ini, marketing juga mulai dianggap penting di banyak aspek lain. Seperti pada organisasi, kampanye, dan masih banyak lagi. Selain itu, ilmu marketing juga terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu bukti bahwa teknik marketing terus mengikuti perkembangan zaman adalah pesatnya pertumbuhan digital marketing. Seperti namanya, marketing jenis ini banyak memanfaatkan platform digital untuk perkembangannya. Berikut mari kita bahas secara lengkap tentang apa itu marketing.

Pengertian Marketing

Marketing adalah sebuah kegiatan untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli atau pelanggan. Ada banyak metode yang sering dilakukan dalam marketing dan metode ini terus bertumbuh setiap waktunya mengikuti perkembangan zaman.

Dahulu, orang hanya mengandalkan cara tradisional dalam melakukan pemasaran. Seperti promosi melalui brosur, dari mulut ke mulut, memasang papan iklan, dan lain-lain yang masih bisa banyak kita temui saat ini.

Namun sekarang lebih banyak media promosi yang bisa kamu temukan setiap harinya. Mulai dari melalui televisi, internet, media sosial, dan lain-lain.

Dalam prosesnya, marketing punya banyak proses dan metode. Masing-masing perusahaan memiliki strategi marketing mereka sendiri untuk semakin mendekatkan produk mereka kepada konsumen. Metode marketing yang dipakai akan sangat berpengaruh pada tahapan proses marketing itu sendiri.

Untuk menjalankan proses marketing yang baik, setiap perusahaan umumnya memiliki sebuah tim pemasaran professional tersendiri. Tim ini memiliki tugas untuk melakukan riset, perencanaan, hingga eksekusi proses marketing dari perusahaan tersebut.

Di era modern ini, strategi marketing semakin meluas ke dunia digital. Dimana semakin cepatnya penyebaran informasi menjadi angin segar bagi dunia marketing itu sendiri. Kegiatan ini pun semakin dipermudah dengan adanya internet sehingga lahirlah digital marketing.

Tentang Digital Marketing

Digital marketing adalah sebuah strategi marketing yang hampir semua aspeknya memanfaatkan teknologi internet untuk menjalankannya. Beberapa contoh penerapa digital marketing adalah promosi melalui media sosial dan membuat branding pada platform tersebut.

Namun digital marketing tidak selalu terbatas pada media sosial. Mengingat saat ini perkembangan internet semakin pesat, digital marketing mulai merambah media lain yang masih berada di internet. Seperti aplikasi smartphone, video Youtube, dan lain-lain.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengandalkan digital marketing sebagai strategi marketing utama. Tujuannya tentu saja untuk lebih cepat menjangkau banyak orang dalam waktu yang sangat singkat.

Selain itu penggunaan digital marketing juga dianggap lebih mudah untuk menjangkau konsumen dari kalangan anak muda. Seperti yang diketahui, anak-anak muda ini seringkali memiliki sifat konsumtif. Namun itu semua kembali ke produk apa yang dijual dan siapa pangsa pasarnya.

Contoh Strategi Marketing yang Sering Digunakan Saat ini

Marketing adalah pekerjaan yang tidak mudah. Karena selain memiliki misi untuk memperkenalkan produk ke calon konsumen, marketing juga memiliki tantangan tersendiri salah satunya adalah pesaing. Nah, untuk bisa melakukan marketing yang jitu, dibutuhkanlah strategi.

1. Viral Marketing

Salah satu strategi marketing yang tanpa kita sadari ada di sekitar kita adalah viral marketing. Viral marketing adalah sebuah strategi dimana tim marketing akan membuat sebuah produk viral di tengah masyarakat agar mendapatkan exposure yang tinggi.

Seperti yang kita ketahui, sesuatu yang viral akan lebih cepat menyebar. Dengan kata lain, kamu tidak perlu repot-repot harus menyebarkan informasi tentang produkmu karena masyarakat sudah melakukannya secara gratis. Hal ini dikarenakan konten yang viral memiliki tingkat share yang sangat tinggi.

Dalam viral marketing, akan lebih baik jika mengangkat sesuatu yang baik pada produk. Hindari menggunakan isu negatif untuk menaikkan nama produk walaupun hasilnya cukup efektif. Karena sesuatu yang buruk tidak akan pernah berdampak baik pada usaha milikmu.

2. Trend Marketing

Trend marketing artinya kamu harus rajin mengikuti tren terkini. Di era media sosial ini, tren akan terus silih berganti dari waktu ke waktu. Sebagai pelaku bisnis, pastikan kamu tidak melewatkan tren yang ada di masyarakat.

Kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk mempromosikan produk milikmu. Contohnya tren marketing saat ini adalah memanfaatkan SEO dan artificial intelligence. Kamu bisa mempelajari bagaimana kedua metode tersebut bekerja di internet dan menggunakannya sebagai media promosi produk.

Selain tren marketing, mengikuti tren di internet juga sangat penting. Apalagi jika tren yang sedang berlangsung relate dengan produk yang kamu miliki. Maka ini bisa menjadi kesempatan emas agar lebih banyak orang lagi mengenal produkmu.

3. Guerrilla Marketing

Guerilla marketing adalah sebuah teknik marketing yang lebih menonjolkan kreativitas untuk mencitpakan gebrakan di tengah konsumen. Gebrakan ini diharapkan mendapatkan atensi tinggi sekaligus mudah diingat oleh konsumen.

Tidak banyak brand yang menggunakan guerrilla marketing sebagai strategi pemasaran mereka. Namun beberapa yang sering kita temui menggunakan guerrilla marketing contohnya seperti iklan rokok dan produk sirup Marjan.

Untuk Marjan sendiri tentu sangat mudah dikenali karena iklan mereka akan muncul menjelang bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran. Konsep iklan mereka pun cukup unik karena memiliki jalan cerita tersendiri.

ini mungkin tidak mengikuti tren atau viral marketing. Namun mereka berhasil menciptakan iklan yang unik sehingga mudah mendapatkan atensi dari masyarakat. Pada akhirnya mereka kembali ke tujuan marketing itu apa, yakni membuat masyarakat mengetahui tentang produk yang sedang dipromosikan.

4. Experiental Marketing

Jika merujuk pada apa arti marketing, maka seorang pengusaha harus bisa menyampaikan informasi mengenai produknya ke konsumen. Nah, cara yang cukup ampuh untuk melakukan hal ini adalah strategi experiental marketing.

Experiental marketing adalah sebuah strategi marketing dimana calon konsumen diajak untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan produk yang sedang dipromosikan. Promosi seperti ini biasanya diadakan pada acara yang besar yang dapat mengumpulkan banyak orang.

Seperti pameran, seminar, webinar, dan lain-lain. Oleh karena itu experiental marketing seringkali banyak memakan biaya daripada strategi marketing lainnya.

5. Email Marketing

Email marketing adalah adalah strategi marketing yang banyak dipakai dan memiliki prospek bagus ke depannya. Pernahkah kamu mendapatkan email promosi dari sebuah produk? Itulah yang dimaksud dengan email marketing.

Marketing jenis ini memiliki banyak keuntungan. Beberapa diantaranya yaitu biaya yang sangat murah dan jangkauannya yang luas. Bahkan pada 2023, diperkirakan pengguna email di seluruh dunia akan mencapai 4,3 miliar. Ini tentu menjadi prospek yang sangat menjanjikan untuk strategi marketing tersebut.

Sayangnya meskipun jangkauannya sangat luas, marketing email memiliki kelemahan tersendiri. Marketing jenis ini sulit menarik pengguna email karena seringkali dianggap spam dan kurang menarik.

Email marketing biasanya bisa menggaet konsumen jika konsumen tersebut benar-benar tertarik pada bidang produk yang kamu tawarkan. Itulah kenapa banyak orang menggunakan teknik subscribe untuk mempersempit pasar pada orang-orang yang tertarik saja.

Itulah apa yang dimaksud dengan marketing dan apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Marketing adalah sesuatu yang punya banyak tantangan sehingga jangan bosan untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman untuk menciptakan strategi marketing terbaik.

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com