Home / Bisnis Online / Cara Pakai FB Ads Library Tool untuk Riset Iklan Kompetitor

Cara Pakai FB Ads Library Tool untuk Riset Iklan Kompetitor

Penulis: Mendy Mendy

Diperbaharui:

FB Ads Library extension seringkali dijadikan sebagai solusi dalam menghasilkan iklan yang sukses di platform media sosial satu ini. Para pengiklan Facebook pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat yang dapat digunakan secara gratis ini.

Biasanya langkah awal dalam membuat iklan adalah mencari referensi iklan yang relevan dan menganalisis kekurangan dan kelebihan iklan tersebut. Alat ini akan membantu semua itu dengan proses yang lebih sederhana.

Tetapi fungsinya tidak sampai situ saja. Alat ini juga menawarkan layanan periklanan lain dengan sejumlah biaya. Khusus kali ini, yuk pahami sama-sama soal seluk-beluk dan cara menggunakannya untuk riset iklan kompetitor!

Pengertian FB Ads Library

Pengertian
Sumber: course-net.com

FB Ads Library adalah alat yang dihadirkan secara gratis kepada seluruh pengguna. Facebook menyediakan layanan ini untuk membantu para pengiklan dalam memanfaatkan platform tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, alat ini telah menjadi andalan para pengiklan.

Khususnya dalam memantau iklan kompetitor. Alat ini bersifat terbuka, sehingga akan menampilkan segala iklan yang sedang tayang beserta informasi soal tayangan iklan tersebut. Menurut data terbaru, ada lebih dari 10 juta bisnis yang bergantung pada alat ini ketika memasang iklan di Instagram dan FB.

Alat yang disebut juga sebagai Meta Ad Library ini memudahkan promosi produk atau jasa ke audiens yang sesuai. Di dalam alat ini bisa ditemukan aneka fitur canggih yang membuat periklanan menjadi lebih asyik dan praktis.

Cara Penggunaan Library Facebook Ads untuk Riset Iklan Kompetitor

Salah satu fungsi alat ini yaitu untuk riset iklan kompetitor. Riset tersebut memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat riset iklan kompetitor nantinya, yaitu:

1. Desain Visual

Desain Visual
Sumber: techcrunch.com

Manusia adalah makhluk yang visual, maka melihat iklan dengan visual yang baik akan lebih menarik perhatian. Coba lihat apakah kompetitor Sahabat mempunyai iklan dengan visual yang khas dan kuat? Pasalnya, visual iklan tidak bisa dibuat asal-asalan.

Visual perlu mencerminkan brand yang sedang diiklankan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan skema warna seperti warna logo, menggunakan tipografi yang kekinian atau menggunakan strategi penyampaian iklan yang unik.

Misalnya jika kompetitor sering menggunakan iklan dengan tambahan meme yang menghibur, Sahabat bisa membuat iklan lebih menghibur pula dengan konten yang santai dan ringan. Dengan memahami pola kompetitor, akan lebih mudah untuk membuat iklan yang lebih baik darinya.

Baca Juga:Belajar Marketing Funnel: Tahapan dan Strategi Sukses Bisnis

2. Tanggal Tayang

Tanggal Tayang
Sumber: instapage.com

Perhatikan pula tanggal tayang iklan kompetitor melalui Ad Library Facebook. Hal ini cukup penting untuk menghindari kerugian akibat persaingan bisnis. Mengapa demikian? Terkadang ada beberapa kompetitor yang menayangkan iklan hanya pada rentang waktu tertentu.

Misalnya tujuannya untuk flash sale atau promosi besar-besaran. Agar tidak tergeser oleh pesaing, lebih baik pertimbangkan lagi tanggal tayang iklan Anda.

Tidak ada salahnya mengundurkan jadwal flash sale agar promosi yang dilakukan kompetitor raksasa tidak terlalu memberi dampak terhadap penjualan sendiri.

3. Platform Iklan

Platform Iklan
Sumber: recurpost.com

Meta FB Ads Library memungkinkan untuk melihat jenis platform yang digunakan kompetitor untuk menayangkan iklan. Biasanya platform yang umum digunakan seperti Facebook dan Instagram. Dari sini bisa terlihat di mana platform yang memberikan konversi besar.

Itu bisa dijadikan referensi di mana sebaiknya mengunggah iklan agar sukses. Selain itu, perhatikan pula format iklan yang digunakan, di antaranya karosel, video, gambar atau meme. Dengan begitu, ada banyak referensi yang bisa Anda gunakan untuk membuat iklan yang lebih menarik.

4. Narasi Iklan

Narasi Iklan
Sumber: revou.com

Narasi atau pesan yang dimasukkan dalam iklan berperan penting dalam pembentukan perilaku audiens. Cek bagaimana kompetitor mengemas narasi atau pesan tersebut melalui Google Ads Library. Kebanyakan anatomi iklan di Facebook mencakup headline, teks utama, dan deskripsi.

Untuk menganalisis narasi kompetitor, cobalah perhatikan bahasa yang digunakan dan bagaimana mereka membuatnya dalam menarik perhatian. Catat pula frasa atau kalimat yang sering digunakan, ini bisa jadi kata kunci penting. Terakhir, perhatikan diksi yang digunakan saat mempromosikan produk.

Akan tetapi menganalisis narasi kompetitor saja tidak cukup. Masih diperlukan pula pengalaman menulis narasi atau copywriting iklan yang berkualitas. Jadi mulailah berlatih membuat headline yang menarik perhatian dan kata-kata yang mendorong audiens untuk menggunakan produk atau layanan.

Biaya Iklan Facebook Ads

Biaya Iklan Facebook Ads
Sumber: adage.com

Seperti yang disebutkan di awal, Facebook Ads Library adalah sebuah alat untuk memantau iklan-iklan yang ada.

Sehingga tidak digunakan untuk langsung mengunggah iklan. Namun jika tertarik memasang iklan di Facebook, biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, iklan dibuat untuk tujuan konversi dan mendapatkan 1000 tayangan. Jika terpenuhi, maka biaya yang dibayarkan adalah biaya per 1000 tayang atau Cost Per Million (CPM).

Kegunaan FB Ads Library

Kegunaan FB Ads Library
Sumber: ideoworks.id

Beberapa dari Anda mungkin masih ingin tahu lebih lanjut soal alat ini dan fungsinya dalam membantu periklanan di Facebook. Alat yang tersedia untuk seluruh pengguna FB ini memang canggih, karena mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Melihat detail performa iklan yang sedang tayang, mencakup tanggal mulai dan berakhirnya iklan, biaya iklan dan target audiens.
  • Memantau tren periklanan yang sedang naik, sehingga dapat membuat iklan yang mudah menarik perhatian.
  • Mencari daftar referensi iklan dari kompetitor menggunakan kata kunci, topik tertentu atau nama pengiklan.
  • Menganalisis iklan kompetitor untuk mendapatkan informasi mengenai pola periklanan kompetitor.

Aneka fitur FB Ads Library search ini sangat membantu jika dimanfaatkan dengan optimal. Adanya alat ini bahkan dapat memperluas jangkauan audiens, meningkatkan penjualan dan membangun branding yang kuat.

Tak heran kalau banyak sekali bisnis skala kecil hingga besar yang mengandalkan alat ini untuk membuat iklan berkualitas.

Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com