Home / Blogging / Pengertian Backlink: Manfaat, Contoh, dan Cara Mendapatkan

Pengertian Backlink: Manfaat, Contoh, dan Cara Mendapatkan

Penulis: Mendy

Diperbaharui:

Sudahkah Anda tahu bahwa backlink adalah strategi untuk meningkatkan tingkat konversi situs web dan peringkat SEO? Pengertian backlink atau tautan balik adalah dasar untuk algoritma peringkat Google, jadi sangat penting untuk memiliki keragaman tautan balik agar tidak terdeteksi oleh algoritma analisis statistik Google.

Backlink adalah bagian penting dari setiap strategi SEO yang sukses, terdapat berbagai jenis tautan balik yang dapat membantu Anda memulai dengan meningkatkan profil tautan balik situs Anda, yang akan meningkatkan peringkat Google halaman Anda.

Apa itu Backlink?

Pengertian Backlink adalah tautan dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Misalnya, jika situs A menautkan ke situs B, maka situs A memiliki tautan balik dari situs B.

Sebaliknya, jika situs B menautkan ke situs A, maka situs A memiliki tautan balik dari Situs B.

Backlink ke situs web memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa orang lain menjamin konten situs.

Jika banyak situs menautkan ke situs web yang sama atau halaman web tertentu, mesin pencari dapat menyimpulkan bahwa konten situs tersebut memiliki nilai.

Oleh karena itu, jika sebuah situs layak untuk ditautkan, itu juga layak untuk muncul di Halaman Hasil Pencarian Google (SERP).

Jadi, mendapatkan backlink ini secara positif dapat mempengaruhi posisi peringkat situs atau visibilitas pencarian.

Untuk meningkatkan peluang situs Anda menerima backlink yang berharga, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan taktik berikut:

  • membuat konten berkualitas tinggi yang memberikan nilai bagi pengguna
  • berbagi informasi bermanfaat di Facebook, Twitter, dan saluran sosial lain yang relevan
  • mempromosikan penawaran unik melalui kampanye email
  • iklan media sosial seperti LinkedIn Ads atau Facebook Ads
  • memanfaatkan platform seperti Adwords atau Linkedin Ads.

Mengapa Backlink Penting?

Seperti disebutkan, beberapa backlink secara inheren lebih berharga daripada yang lain.

Dengan kata lain, backlink memiliki nilai pembobotan dalam algoritma berdasarkan jenisnya.

Misalnya, backlink yang paling diinginkan untuk diperoleh adalah backlink dari situs populer, otoritas tinggi, dan terpercaya.

Sebaliknya, backlink dari otoritas rendah, sumber yang berpotensi spam, biasanya dianggap sebagai backlink yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya.

Selain itu, apakah tautan tertentu diikuti [atau tidak diikuti] memberikan informasi yang relevan untuk dipertimbangkan dalam algoritma Google.

Dalam hal ini, “Diikuti” berarti apakah pemilik situs secara khusus menginstruksikan mesin telusur untuk meneruskan, atau tidak, ekuitas tautan yang dibuat dan hanya terlihat di CMS yang mendasarinya.

Namun, jangan sepenuhnya mengabaikan nilai tautan nofollow. Bahkan hanya disebutkan di situs web berkualitas tinggi dapat meningkatkan merek Anda.

Sumber Backlink Paling Umum

Ada banyak sumber berbeda untuk mendapatkan backlink SEO berkualitas yang harus Anda pertimbangkan saat mengembangkan strategi individual:

  • Backlink pengakuan
  • Situs otoritas
  • Tautan balik lencana
  • Tautan balik komentar
  • Pengiriman direktori
  • Tautan balik editorial
  • Tautan balik alat gratis
  • Posting blog tamu
  • Pengoptimalan metadata gambar
  • Berbagi gambar
  • Infografis
  • Tautan balik siaran pers
  • Tautan balik berbasis hubungan
  • Berbagi media sosial
  • dan banyak lagi

Apakah Semua Backlink Sama?

Tidak, tidak semua backlink sama, tetapi semua backlink mempengaruhi SEO Anda. Sebelumnya kalian harus memahami pengertian backlink terlebih dahulu.

Menurut Google, SEO backlink berisi spam mengganggu dan akan berdampak negatif pada hasil pencarian Anda; ada kemungkinan nyata mereka dapat sangat merusak reputasi situs web Anda.

Jadi sangat penting untuk tidak pernah memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Oleh karena itu dianjurkan berlatih untuk memeriksa profil backlink Anda secara teratur.

Selain itu, jika Anda mengalami lonjakan atau penurunan lalu lintas tiba-tiba yang tidak dapat Anda jelaskan dalam lalu lintas web…

…itu sering berarti Anda perlu memeriksa profil backlink Anda dengan melakukan audit situs dan menolak tautan balik yang berbahaya dan merusak.

Contoh Backlink

Secara teknis, satu-satunya perbedaan antara kedua jenis status ini adalah tautan nofollow memiliki tag nofollow [dalam kode].

Untuk pelanggan rata-rata [yaitu, pengunjung situs], perbedaan antara tautan dofollow dan nofollow tidak dapat dilihat dan tidak relevan.

Namun, Pagerank hanya menghitung tautan dofollow dalam algoritma.

1. Tautan Nofollow

Menurut Google, Nofollow backlink adalah tautan di mana Google tidak melewati PageRank apa pun saat dirayapi oleh Googlebot.

Dengan kata lain tentang pengertian backlink ini, mereka masih dihitung sebagai backlink tetapi tidak mempengaruhi peringkat halaman Anda atau lalu lintas pencarian.

Sangat penting untuk mengetahui cara kerjanya karena ada kalanya Anda ingin Google merayapi halaman tertentu dari situs web Anda meskipun halaman tersebut tidak memiliki sesuatu yang berharga di dalamnya dari sudut pandang SEO seperti peta situs, misalnya.

2. Tautan Dofollow

Dofollow backlink adalah hyperlink di satu situs yang mengarah ke situs web lain di internet, bukan milik pemilik halaman yang ditautkan saat ini. Googlebot mengatribusikan PageRank saat merayapi jenis tautan ini.

Karena Google menggunakan backlink sebagai faktor peringkat penting dalam algoritma mereka…

…memiliki tautan nofollow dan dofollow dapat membantu atau berbahaya tergantung pada tujuan Anda dengan peringkat Google untuk halaman tertentu.

Misalnya, praktik terbaik adalah menjaga tautan nofollow keluar seperti tautan afiliasi atau mitra karena Google dapat melihatnya sebagai spam, yang mengakibatkan hukuman seperti peringkat yang lebih rendah dan lalu lintas dari hasil penelusuran organik.

Untuk menghilangkan backlink kamu bisa mengikuti petunjuk di postingan tentang cara disavow backlink.

3. Tautan Internal

Membangun internal backlink adalah proses menautkan ke halaman lain di situs Anda.

Tujuan utama tautan internal adalah untuk membangun struktur hirarki informasi (alias memandu cara bot merayapi dan mengindeks situs Anda) dan mendistribusikan ekuitas tautan di seluruh situs.

Meminta di antara bagian konten yang relevan membuat Google berpikir bahwa semuanya adalah milik bersama dan akan membantu mereka mengetahui topik mana yang penting atau tidak.

Ini membantu Google memahami konten apa yang paling penting berdasarkan halaman atau sub halaman mana yang menerima lebih banyak ekuitas tautan daripada yang lain.

Melakukannya membantu Google memahami apa arti beberapa konten, terutama jika itu adalah topik yang tidak jelas yang tidak mendapatkan banyak lalu lintas pencarian.

Tautan internal juga meningkatkan kegunaan dengan membantu Google mengindeks konten situs web Anda secara lebih akurat.

Misalnya, Anda memiliki halaman tentang bagaimana cleat sepak bola dibuat.

Jika tidak ada orang yang pernah mencari “cleat sepak bola”, Google tidak akan tahu bahwa halaman khusus ini ada sampai seseorang mengklik dari halaman lain di situs web Anda…

…seperti mungkin posting blog tempat Anda menulis artikel yang membicarakan semua jenis peralatan olahraga!

Sebagian besar alat SEO akan menunjukkan kepada Anda tautan balik, namun penting untuk dicatat bahwa tautan dari halaman internal di situs web Anda sendiri berbeda.

Backlink blog membantu pengindeksan halaman web Anda dan juga berkontribusi pada ekuitas tautan di seluruh situs web Anda.

Ekuitas tautan ini membantu meningkatkan peringkat SEO keseluruhan situs web atau sub halaman dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

4. Tautan Eksternal

Tautan eksternal adalah hyperlink di satu situs yang mengarahkan ke situs web lain di internet, tidak dimiliki oleh halaman saat ini yang ditautkan.

Ini dapat bermanfaat untuk SEO karena membantu Google merayapi lebih dalam ke situs penting lainnya yang serupa dengan milik Anda.

Yang dapat menyebabkan halaman Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google jika mereka menemukan beberapa tautan balik yang mengarah ke situs Anda saat merayapi situs web otoritas tinggi.

Namun, berhati-hatilah karena Google akan menghukum tautan dari sumber berisi spam, jadi pastikan setiap situs web yang menautkan kembali relevan dan memiliki sinyal pengguna yang baik seperti aktivitas media sosial atau komentar blog.

5. Tautan Timbal Balik

Tautan timbal balik terjadi ketika dua halaman web yang berbeda setuju bahwa setiap halaman web akan menautkan ke yang lain. Mereka juga bisa disebut “pertukaran tautan”.

Misalnya, jika saya menjual sabun buatan tangan dan Anda menjual lilin buatan sendiri, maka kita dapat memperdagangkan tautan di situs kita yang mengarah ke situs web masing-masing di bawah bagian tautan afiliasi atau mitra.

Contoh lain adalah perusahaan plastik polimer yang bekerja dengan salah satu klien mereka untuk membalas tautan yang merinci bagaimana klien menggunakan bahan dalam proses manufaktur.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?

Membangun backlink ke situs Anda membutuhkan waktu dan usaha yang lumayan menguras tenaga dan pikiran. Sebelum melanjutkan pelajari pengertian backlink dulu ya…

Berikut adalah 7 cara sederhana Anda dapat mulai membangun backlink berkualitas untuk situs web Anda.

  • Tambahkan tautan ke situs Anda di profil media sosial Anda.
  • Lakukan pencarian Google untuk posting yang sudah memiliki peringkat yang baik dan kemudian tingkatkan dan kembangkan.
  • Buat daftar posting, posting “cara”, posting “mengapa”, infografis, atau posting dengan video yang disematkan. Format ini biasanya mendapatkan lebih banyak backlink daripada posting standar.
  • Tulis posting panduan utama. Ini adalah posting yang sangat panjang yang berisi beberapa ribu kata dan mencakup setiap sudut topik.
  • Tulis posting tamu di blog dan situs web lain
  • Hubungi influencer di niche atau industri Anda dan beri tahu mereka tentang artikel di situs Anda yang mungkin ingin mereka tautkan.
  • Wawancarai influencer di industri Anda dan kirimkan tautan kepada mereka, tidak diragukan lagi mereka akan menautkan kembali ke situs Anda.
  • Anda juga dapat mulai melakukan riset backlink yang kompetitif. Untuk melakukan ini, Anda harus melihat tautan balik pesaing Anda yang berperingkat baik.

Alat backlink seperti SEMrush dapat membantu Anda menemukan tautan ini, sehingga Anda dapat mulai menargetkan domain tersebut sebagai bagian dari strategi pembuatan tautan Anda sendiri.

Bagaimana Saya Dapat Memeriksa Backlink?

Ada berbagai alat pemantauan tautan balik yang memungkinkan Anda memeriksa tautan balik situs web Anda termasuk Google Search Console, SEMRush, Ahrefs, dll.

Mengawasi backlink Anda sangat penting. Pedoman Webmaster Google mengharuskan Anda untuk meminta pemilik situs web beracun untuk menghapus tautan mereka dari situs Anda.

Jika tidak, maka Google dapat menghukum situs web Anda, dan peringkat halaman Anda akan mulai turun di hasil pencarian.

Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk membantu mengembangkan situs dan melihat seberapa bermanfaat backlink untuk web Anda…

…tetapi itu bisa memakan banyak waktu dan terbatas pada apa yang dapat dilakukannya.

Namun, ada alat yang lebih cepat dan lebih baik yang tersedia. Misalnya, dengan menggunakan SEMrush, Anda dapat dengan cepat menjawab tiga pertanyaan penting itu dan banyak lagi.

SEMrush memiliki dua area utama yang secara khusus menangani backlink. Yang pertama adalah bagian Backlink Analytics yang memungkinkan Anda mempelajari pesaing Anda, dan yang kedua adalah area Audit Backlink.

Kesimpulan dan Penutup

Dapat disimpulkan bahwa pengertian backlink adalah tautan balik yang berperan dalam meningkatkan kredibilitas sebuah web oleh Google. Mengingat perannya yang cukup penting, pilihlah jenis backlink yang tepat untuk web Anda.

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahas seputar blogging dan teknologi informasi, selain itu kami juga menyediakan jasa pengembangan website wordpress, kursus serta jual beli domain dan blog adsense

08-111-399-986

Jl Jatipadang Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan