Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Selain Adsense Untuk Pemula

Hari ini, hampir setiap orang berinteraksi dengan Youtube. Ada yang hanya sekedar menonton videonya atau bahkan mendambakan penghasilan dari Youtube. Tentunya sobat disini tau bahwa Youtube bisa menghasilkan uang bukan? Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube?

Nah, mendapatkan uang dari Youtube sebenarnya bukan perkara yang mudah. Harus membuat konten video untuk kemudian di upload di Youtube. Butuh ketekunan dan keuletan, serta semangat pantang menyerah yang tinggi.

Mengapa demikian? Karena membuat konten video membutuhkan waktu yang tidak sebentar sob, ada proses editing video juga. Perlu konsep video yang matang agar semuanya lancar dengan hasil yang maksimal.

Mau Uang dari Youtube? Mulailah Dari Sini

Sebenarnya syarat dapat uang dari Youtube cukup mudah kok. Yang penting rajin membuat video dan upload di Youtube. Usahakan upload video setiap hari minimal sekali agar channel Youtube cepat berkembang dan mendapatkan rekomendasi dari pihak Youtube.

Jadi harus mulai darimana nih?

Biar lebih jelas saya jabarkan hal yang menjadi dasar bagaimana bermain Youtube. Silahkan simak penjelasan dibawah ini :

1. Daftar Email Google

Bagi kamu yang pemula, kamu harus memiliki email dari Google. Ini penting karena tanpa email kamu tidak bisa mendaftar di Youtube. Daftarkan email Google dan isi data sesuai data diri kamu sendiri.

Jika mengalami kebingungan dalam mendaftar email, silahkan cari tutorialnya di Google banyak kok.

2. Membuat Channel Youtube

Setelah pendaftaran email, masuk ke Youtube dan buatlah channel sesuai keinginanmu sendiri. Entah itu konten vlog sehari-hari atau konten yang membahas sesuatu, misal channel yang membahas film, mobil, motor, marketing, dan masih banyak lainnya.

Saya tidak akan membahas cara membuat channel Youtube disini. Di Youtube sudah ada step by step-nya kok. Mudah diikuti…

…jika bingung bisa lihat tutorial yang banyak bertebaran di internet.

Oh iya, carilah ide untuk membuat channel sesuai dengan kemampuan diri atau sesuai hobi karena akan lebih maksimal hasilnya.

3. Membuat Konten Video

Hal yang paling utama adalah membuat konten video untuk Youtube. Video sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar mendapatkan view yang banyak dan orang-orang tertarik untuk menonton.

Tidak perlu ribet dengan spesifikasi laptop atau komputer yang kamu miliki. Kamu masih bisa edit video menggunakan smartphone Android ataupun iPhone yang kamu punya.

Buat segalanya jadi mudah!

Banyak kok Youtuber sukses yang hanya bermodal smartphone saja. Jadi tidak ada alasan lagi edit video itu susah.hmmm…

4. Upload Video

Unggah video terbaikmu yang telah kamu buat dengan versi terbaik. Pastikan konten tidak mengandung hak cipta ya!

Rekomendasi video yang sebaiknya diupload minimal 10 menit ya. Lebih dari itu akan lebih baik.

5. Maksimalkan Judul dan Deskripsi

Sudah upload video? Hal yang tidak kalah penting adalah proses pembuatan judul dan deskripsi.

Pastikan judul untuk video Youtube kamu dibuat menarik yang mampu membuat orang cenderung untuk klik dan menonton.

Tambahkan deskripsi video Youtube juga tidak kalah penting. Maksimalkan deskripsi agar baik untuk SEO di akun Youtube kamu.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Setelah kamu berhasil membuat channel Youtube dan upload video yang banyak disana, tentunya sangat masih kurang bila tidak ada penghasilan dari kerja keras yang sebelumnya dilakukan dalam membuat video.

Ada banyak metode untuk mendapatkan uang dari Youtube. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Periklanan dari Google Adsense

Tidak salah lagi, Adsense adalah hal utama yang diharapkan untuk memperoleh penghasilan dari Youtube. Walau ada banyak metode lain, Adsense adalah hal termudah untuk diterapkan.

Apabila video yang telah kamu buat itu berkualitas dan memiliki penonton yang banyak, saat itulah kamu bisa menautkan iklan dari Google Adsense.

Caranya bagaimana?

Bergabunglah dengan Youtube Partner Program ataui biasa disebut YPP.

Untuk bergabung dengan YPP ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, yaitu : video harus mencapai 4000 jam tayang terlebih dahulu, ditambah dengan 1000 subscriber pada 12 bulan terakhir.

Pastikan kamu hanya memiliki satu akun Google Adsense untuk satu nama. Jika double dengan nama yang sama akan rawan dibanned.

Oh iya, pendaftaran YPP ini melalui proses seleksi pihak Youtube. Tidak semua channel masuk dan diterima.

Alangkah baiknya kamu baca-baca persyaratan channel yang bisa dimonetisasi itu seperti apa. Semua ada di FAQ Youtube.

2. Fitur Langganan Channel di Youtube

Fitur ini sebenarnya tergolong baru di Youtube, belum terlalu lama. Sistem langganan ini mirip dengan YPP, hanya saja ini mengharuskan penonton berlangganan dengan membayar untuk melihat video premium.

Nantinya video-video terbaik yang kamu miliki di channel Youtube dapat dibuat menjadi premium sehingga para penonton membayar setiap bulannya.

Untuk dapat menggunakan fitur ini ada beberapa persyaratan, diantaranya adalah memiliki setidaknya 30.000 pelanggan, dan sudah ikut dalam YPP.

Untuk mengaktifkan fitur premium ini sebaiknya video yang kamu buat memiliki nilai lebih.

3. Uang dari Youtube Melalui Program Affiliate

Selain dua cara mendapatkan penghasilan dari Youtube diatas, ternyata masih ada lo cara lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode affiliate marketing.

Affiliate marketing memungkinkan kamu untuk mempromosikan produk orang lain, dan nantinya kamu mendapatkan komisi dari setiap penjualan dari link referral kamu.

Ambil contoh Tokopedia, disana ada program affiliate.

Daftarkan diri menjadi affiliate di tokped, nantinya akan dipandu untuk menjadi affiliate marketer di tokopedia dengan mempromosikan produk yang dijual disana menggunakan link khusus dari tokped itu sendiri.

Enak kan? Tanpa memiliki barang tapi bisa juga mendapat keuntungan. Hanya tinggal promosi produk saja.

4. Uang dari Youtube Melalui Endorsement

Endorsement telah marak di era digital sekarang ini, banyak para influencer memanfaatkan moment ini untuk menambah pasif income.

Sistem endorsement ini memungkinkan kamu sebagai influencer atau youtuber (konten kreator) untuk mempromosikan produk atau jasa dari brand-brand besar maupun yang masih kecil.

Konten kreator akan mendapatkan bayaran sesuai dengan ratecard masing-masing.

Tentunya bayaran akan semakin besar seiring banyaknya endorse, terutama dari brand-brand besar.

5. Jualan Produk & Jasa

Masih banyak cara dapat uang dari Youtube, selanjutnya adalah jualan produk atau jasa. Kamu bisa menjual produk atau jasa yang bisa ditawarkan melalui konten video di Youtube kamu dengan mencantumkan kontakmu dalam video maupun dalam deskripsi video di Youtube.

Sudah banyak yang sukses berjualan melalui media Youtube, seperti contohnya mas Priangga, mas Vatih, dan masih banyak youtuber lainnya yang sukses berpenghasilan dari memanfaatkan Youtube.

Kamu bisa jualan produk sendiri maupun dropship.

Kesimpulan dan Penutup

Untuk memperoleh penghasilan dari Youtube kamu harus kreatif untuk mengembangkan ide dalam pembuatan konten. Buatlah konten yang menarik sehingga penonton betah berlama-lama untuk menonton video yang kamu upload.

Sebenarnya masih banyak lo metode untuk mendapatkan uang dari Youtube selain cara yang telah dibahas diatas. Kamu bisa eksplorasi sendiri sesuai kreatifitas masing-masing.

Setidaknya, artikel cara mendapatkan uang dari Youtube ini bisa membuka ide dan kreatifitas kalian semua. Semoga bermanfaat 🙂

Beneran nih nggak mau komen?