Home / Internet / 5 Fungsi Facebook Ads Library dalam Periklanan

5 Fungsi Facebook Ads Library dalam Periklanan

Penulis: Mendy Mendy

Diperbaharui:

Melaksanakan kampanye digital marketing di Facebook kurang lengkap tanpa alat satu ini. Fungsi facebook Ads Library adalah alat yang berisi fitur-fitur untuk memudahkan pemantauan jangkauan iklan dan berbagai hal terkait pemasaran.

Alat ini bawaan dari Facebook dan mudah sekali digunakan jika sudah paham dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Maka memahami cara penggunaan alat ini untuk melaksanakan pemasaran sehari-hari di platform ini perlu diketahui.

Bingung harus mulai dari mana? Bagi para pemula yang baru menemukan alat ini, mari kenali lebih jauh tentang fitur-fiturnya melalui pembahasan sebagai berikut!

Pengertian Facebook Ads Library All Ads

Pengertian Facebook Ads Library All Ads
Sumber: 99design.co

Facebook atau sekarang Meta menyediakan alat ini secara gratis kepada seluruh pengguna. Kegunaan utamanya yaitu menampilkan seluruh iklan yang sedang tampil di Facebook, Audience Network, Messenger dan Instagram.

Ini memungkinkan pembuat iklan untuk mencari referensi mengenai platform iklan, desain iklan, serta copywriting iklan kompetitor. Secara umum ada dua jenis iklan yang tersedia, seperti iklan pemilu atau politik dan iklan pemasaran produk.

Sayangnya hanya iklan yang aktif saja yang dapat dilihat, kecuali iklan politik yang masih dapat dilihat meski sudah tidak aktif lagi.

Fungsi Facebook Ads Library

Alat dengan sistem yang transparan dan terbuka untuk semua orang ini mempunyai berbagai fungsi canggih, khususnya bagi pembuat iklan yang ingin menjalankan strategi pemasaran efektif. Kenali beberapa fungsi utamanya yaitu:

1. Memantau Iklan Kompetitor

Memantau Iklan Kompetitor
Sumber: greatnusa.com

FB Ads Library extension memungkinkan pengguna untuk melihat segala iklan kompetitor yang sedang aktif. Dengan begitu Anda bisa membuat iklan yang lebih baik dari strategi yang sedang digunakan oleh kompetitor.

Baca Juga: Menaikkan Omzet dengan Referral Marketing untuk Online Shop

2. Mencari Klien

Mencari Klien
Sumber: visme.com

Selain digunakan untuk melihat iklan yang sedang tayang, alat ini juga bisa digunakan sebagai platform untuk mencari klien.

Ketika dibuka, tampilannya seperti sebuah search engine. Anda dapat memasukkan kata kunci seperti “jasa pembuatan website” atau “jasa pembuatan iklan” jika sedang mencari jasa tersebut. Nantinya bisa melakukan komunikasi dengan jasa tersebut untuk menjadi klien terkait tugas ini.

3. Menganalisis Iklan yang Sedang Tampil

Menganalisis Iklan yang Sedang Tampil
Sumber: gapture.com

Semua iklan yang sedang tampil dapat dilihat melalui Facebook Ad Library gratis. Tinggal cari menggunakan kata kunci, topik atau nama halaman iklan yang diinginkan. Alat ini akan menampilkan seluruhnya lengkap dengan informasi tanggal tayang dan lainnya.

4. Mengevaluasi Iklan yang Tayang

Mengevaluasi Iklan yang Tayang
Sumber: revou.com

Ketika fungsi Facebook Ads Library not working, segera lakukan perbaikan dengan restart browser. Pasalnya jika tidak bisa digunakan maka tidak akan memanfaatkan fungsi satu ini. Alat ini dapat dipakai untuk mengevaluasi keberhasilan iklan yang tayang.

5. Mengikuti Tren Periklanan

Mengikuti Tren Periklanan
Sumber: ertriindonesia.com

Tren periklanan akan terus berubah. Sebagai pembuat iklan yang efektif, penting sekali memantau tren ini supaya iklan tidak ketinggalan zaman.

Alat ini memudahkan proses tersebut, karena Anda dapat melihat tren iklan yang sedang naik. Tren ini dimanfaatkan untuk menarik perhatian audiens dengan cepat.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Cara Menggunakan Facebook Ads Library
Sumber: binaracademy.com

Setelah mengetahui sekilas tentang fungsi-fungsinya, pastikan juga memahami cara mencari iklan kompetitor dengan alat ini. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka browser pada laptop atau komputer.
  • Masuk ke akun Facebook.
  • Lalu, buka Facebook/Ads/Library.
  • Setelah tampilannya muncul, pilih lokasi dan kategori iklan yang diinginkan. Kategori yang tersedia yaitu Semua Iklan dan Isu dan Pemilu atau Politik.
  • Namun jika ingin melihat iklan yang lebih spesifik, bisa menggunakan kata kunci sesuai dengan iklan yang dicari.
  • Caranya klik pada menu pencarian, lalu gunakan salah satu dari cara berikut untuk menemukan target iklan yang diinginkan:
  • Pencarian sesuai Kata Kunci: Tentukan kata kunci yang diinginkan, misalnya “tripod”. Maka masukkan kata kunci tersebut pada menu pencarian, lalu tekan Enter. Hasilnya akan menampilkan adset dan fanspage. Pilih iklan yang menarik sebagai bahan referensi.
  • Pencarian sesuai Nama Pengiklan: Jika tahu nama pengiklan yang mungkin bagus dijadikan referensi, itu bisa digunakan sebagai kata kunci. Contohnya pengiklan “tokopedia”, gunakan kata kunci itu, maka hasilnya akan menampilkan segala iklan yang dipublikasikan olehnya.
  • Terakhir, kumpulkan referensi iklan yang bagus dan lakukan analisis terhadap kelebihan dan kekurangannya. Sisanya tinggal kembangkan evaluasi yang didapatkan untuk membuat iklan yang lebih baik lagi.

Tips Digital Marketing yang Efektif

Hanya dengan bermodal Facebook Ads Library Meta, siapa saja dapat menjalankan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Alat ini sudah banyak digunakan oleh merek-merek besar dalam menjangkau audiens baru maupun lama. Untuk pemasaran yang sukses, coba gunakan tips-tips ini:

1. Jaga Ciri Khas Brand

aga Ciri Khas Brand
Sumber: orderfaz.com

Tidak ada larangan menjadikan iklan kompetitor sebagai referensi, namun nilai yang harus tetap dipertahankan adalah ciri khas brand.

Ini akan memudahkan audiens dalam membedakan brand Sahabat dengan kompetitor. Gunakan gambar, logo, warna atau ciri khas lainnya yang mewakilkan brand. Ini juga berguna menghindari tuduhan plagiat.

2. Susun Copywriting yang Efektif

Susun Copywriting yang Efektif
Sumber: shopify.com

Tips penting lain dalam menyukseskan pemasaran dengan Ads Library Facebook tool adalah menggunakan copywriting atau pesan yang efektif.

Pesan harus mengandung tawaran atas produk atau layanan yang diberikan. Sesuaikan dengan karakteristik audiens agar iklan menjangkau dengan tepat.

3. Analisis Jangka Waktu Tayang

Analisis Jangka Waktu Tayang
Sumber: taggbox.com

Tips lain yang perlu diperhatikan ketika menganalisis iklan kompetitor yaitu jangka waktu iklan mereka tayang. Apabila menjadikan iklan yang jangka tayangnya pendek bisa jadi dikarenakan iklan tersebut menghasilkan konversi yang sedikit.

Jadi hanya pilih iklan dengan jangka tayang yang lama, umumnya itu pertanda bahwa iklan sukses mendatangkan konversi yang besar.

Facebook Ads Library extension memang alat canggih yang tidak diragukan lagi fungsinya. Dengan pemahaman yang tepat, alat ini sangat ampuh dalam mengadakan kampanye iklan yang sukses dan menjangkau audiens besar. Segera gunakan sekarang sebelum ketinggalan oleh brand lain!

Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahas seputar blogging dan teknologi informasi, selain itu kami juga menyediakan jasa pengembangan website wordpress, kursus serta jual beli domain dan blog adsense

08-111-399-986

Jl Jatipadang Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan