Apakah Anda berencana mendongkrak omzet penjualan online shop Anda? Jika ya, sudahkah Anda mencoba strategi pemasaran referral? Ada banyak strategi pemasaran yang terbukti menghasilkan, salah satunya adalah strategi pemasaran referral. Untuk mengetahuinya lebih jauh, yuk simak ulasan mengenai referral marketing untuk online shop berikut ini.
Referral Marketing untuk Menggaet Pelanggan
Salah satu strategi marketing yang ampuh dalam menarik pelanggan adalah referral marketing. Mengutip dari Shopify, referral marketing intinya adalah strategi pemasaran yang mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru.
Ajakan di sini dapat berupa ajakan untuk sign up, membeli produk, ataupun yang lainnya.
Berdasarkan penelitian Nielsen, banyak orang lebih mempercayai rekomendasi dari orang yang dikenalnya seperti teman dan keluarga, ketimbang iklan-iklan yang dibuat oleh perusahaan. Peluang seseorang membeli barang pun naik empat kali lipat jika direkomendasikan oleh orang yang mereka kenal.
Hal ini terjadi karena rekomendasi dari kenalan biasanya memberikan penjelasan detail mengenai kelebihan dan kekurangan dari suatu produk. Sementara itu, iklan yang dibuat perusahaan cenderung menonjolkan segala hal baik dari produk tersebut.
Oleh sebab itu,, opini dari konsumen merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan promosi referral. Menariknya, kampanye referral marketing tidak hanya menguntungkan Anda sebagai pemilik usaha, tetapi juga menguntungkan konsumen dan calon konsumen.
Hal ini karena online shop Anda mendapat hasil pemasaran gratis dari konsumen yang merekomendasikan produk Anda. Di lain pihak, pelanggan tersebut akan mendapatkan benefit atau bonus tertentu jika berhasil mengajak konsumen baru.
Konsumen baru pun diuntungkan karena mendapat rekomendasi dari orang yang mereka percayai. Win-win solution, bukan?
Tips Menjalankan Referral Marketing untuk Online Shop
Untuk memastikan kampanye referral marketing Anda berjalan dengan baik, Anda bisa mengikuti empat tips berikut ini.
1. Sediakan Insentif
Hal ini agar pelanggan menjadi lebih bersemangat dalam merekomendasikan brand Anda. Insentif dapat berupa diskon, bonus poin, voucher belanja, ataupun yang lainnya sesuai dengan bisnis Anda.
Dalam hal ini, kita bisa mengambil DropBox sebagai contoh, di mana pelanggan yang berhasil mendatangkan pelanggan baru akan diberikan ruang penyimpanan tambahan secara gratis.
2. Beri Tahu Pelanggan Anda
Jangan mengira pelanggan akan tahu dengan sendirinya mengenai program referral yang Anda jalankan. Anda tetap perlu memberi tahu mereka layaknya Anda me-launching produk baru. Beritahukan juga benefit yang akan mereka dapatkan jika mengikuti program ini.
3. Buat Mudah Digunakan
Perilaku umum konsumen digital adalah cenderung ingin yang praktis. Mereka tidak suka langkah-langkah panjang dan berbelit-belit. Oleh karena itu, program referral Anda haruslah sederhana, baik secara sistem dan regulasinya.
Sebisa mungkin buatlah program tersebut agar mudah dimengerti. Tidak hanya dapat dimengerti oleh generasi muda yang akrab dengan gadget, tetapi juga oleh orang-orang yang usianya lebih tua. Dengan begitu, peluang keberhasilan referral marketing campaign Anda jadi makin tinggi.
4. Kolaborasi dengan Influencer
Tidak bisa dimungkiri, influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengikutnya. Anda bisa memanfaatkan pengaruh ini untuk mempromosikan program referral yang sedang dijalankan.
Namun, pastikan influencer terpilih adalah orang-orang yang sesuai dengan target audiens bisnis Anda sehingga rekomendasi mengenai brand Anda sampai kepada calon pengunjung yang tepat.
Kelebihan Referral Marketing
1. Menyasar Audiens yang Tepat
Kepuasan pelanggan atas produk atau layanan yang diberikan akan cenderung menghasilkan rekomendasi positif kepada orang-orang terdekat mereka. Pada akhirnya, sedikit atau banyak memengaruhi selera dan pemilihan produk.
2. Lebih dipercaya
Seperti yang telah disinggung pada awal tulisan ini, kebanyakan orang lebih memercayai rekomendasi dari kenalan mereka ketimbang informasi dari website perusahaan atau brand.
Hal ini juga berlaku untuk review online tepercaya. Selain itu, banyak juga orang yang lebih memercayai review suatu produk yang ada di Tripadvisor atau e-commerce.
3. Jangkauan yang Lebih Luas
Manfaat terakhir adalah jangkauan yang lebih luas. Dengan adanya platform digital, seperti website dan media sosial, pelanggan dapat dengan mudah merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada teman, keluarga, dan rekan kerja tanpa terkendala waktu dan jarak.
Penutup
Nah, itulah ulasan mengenai pemanfaatan referral marketing dalam upaya mendongkrak omzet penjualan online shop Anda. Semoga bermanfaat!
Etika Berkomentar di blog ini.
Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :
Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.
Terima kasih kawan!