Home / Komputer / Cara Merekam Layar Laptop Windows 7,8,10 Online dan Offline

Cara Merekam Layar Laptop Windows 7,8,10 Online dan Offline

Penulis: Tirta Wahyu

Saat Anda ingin membagikan sesuatu yang menarik di layar laptop maka cara termudah adalah merekamnya sebagai video. Bagaimana cara merekam layar laptop atau komputer desktop dengan sistem operasi windows? gunakan perekam layar bawaan dari laptop sehingga fiturnya tidak terbatas.

Sekarang ini juga terdapat banyak software screen recorder PC gratis yang dapat diinstall pada Play Store.

Namun, setiap aplikasi tentu mempunyai fitur yang berbeda-beda. Anda dapat memilih salah satu aplikasinya dengan fitur yang dibutuhkan.

Cara Screen Recorder PC Windows 10 dengan Game Bar

Terdapat screen record windows 10 bawaan yang recomended digunakan yaitu Xbox Game Bar. Perekam layar tersebut mudah digunakan untuk pengguna Windows 10.

Software ini dapat membantu Anda jika Anda ingin merekam permainan atau aplikasi tertentu yang berada dalam mode layar penuh. Berikut ini, langkah-langkah untuk merekam layar dengan Game Bar.

1. Mengaktifkan Game Bar

Sebelum menggunakan laptop screen recorder, Anda harus memastikan program ini terbuka di komputer Windows 10 Anda.

Secara umum, perangkat lunak ini diaktifkan secara default. Jika Anda ingin membukanya, langkah pertama adalah mengklik tombol start untuk mencari “Setting” dan klik tombol “Gaming” > “Game bar” untuk menyalakannya.

2. Klik Windows+G

Tekan Windows + G untuk membuka Game Bar. Anda mungkin melihat jendela baru di layar untuk menanyakan apakah mengizinkan perangkat lunak ini merekam seluruh layar Anda. Jika ya, klik opsi “Ya”.

3. Klik Windows+Alt+R

Kemudian cara merekam layar laptop klik windows+Alt+R maka layar akan mulai merekam.

Jika Anda selesai merekam, Anda dapat mengklik tombol “Stop” untuk berhenti merekam atau menggunakan pintasan keyboard Windows + Alt + R dan menyimpan video rekaman lengkap di komputer Anda.

Apabila menggunakan perangkat lunak ini untuk merekam game layar penuh, ada beberapa pengaturan perekaman game yang mungkin perlu Anda atur.

Di tab “Setelan” > “Personalisasi”, Anda dapat menyesuaikan “tema”, “animasi”, dan “profil” rekaman Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pintasan keyboard yang umum digunakan di Xbox Game Bar:

  • Windows + G: Buka perangkat lunak ini
  • Windows + Alt + R: Mulai/berhenti merekam
  • Windows + Alt + T: Tampilkan/sembunyikan penghitung waktu perekaman

Cara Recording PC di Windows 8 dan 7 Dengan Mudah

Apabila Anda masih menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 7 atau 8 maka dapat melakukan rekam layar dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka EaseUS RecExperts

Luncurkan EaseUS RecExperts. Ada dua opsi berbeda untuk perekaman layar, yaitu “Layar Penuh” dan “Wilayah” . Jika Anda memilih “Layar Penuh”, Anda akan menangkap seluruh layar.

Jika Anda memilih opsi “Wilayah” , perangkat lunak ini akan meminta Anda untuk menyesuaikan area perekaman . Pastikan semua yang ingin Anda tangkap berada dalam batas kotak pilih.

2. Klik Tombol Antarmuka Utama

Ketuk tombol di sisi kiri bawah antarmuka utama, dan akan ada banyak opsi yang dapat Anda pilih. Perekam ini mendukung perekaman mikrofon dan suara sistem secara terpisah atau bersamaan. Tombol “Opsi” adalah untuk Anda menyesuaikan volume dan perangkat mikrofon.

3. Klik Ikon Webcam

Untuk merekam webcam secara bersamaan, klik ikon “Webcam” di bagian bawah antarmuka. Ketuk tombol untuk mengaktifkan perekaman webcam, dan akan ada menu tarik-turun untuk memilih perangkat perekaman. Klik “OK” untuk mengkonfirmasi pengaturan Anda.

4. Klik Rec

Saat Anda kembali ke antarmuka utama, klik tombol “REC” untuk mulai merekam. Toolbar mengambang menawarkan tombol untuk menjeda atau menghentikan perekaman selama proses perekaman.

Selain itu, ikon kamera dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar, dan ikon pengatur waktu dapat membantu menghentikannya secara otomatis.

5. Save

Klik Save untuk menyimpan klip video yang direkam di komputer Anda. Saat pemutar media muncul, Anda melihat seperangkat alat yang dapat Anda gunakan untuk memangkas rekaman, mengekstrak audio , dan menambahkan judul pembuka & kredit penutup ke tabungan.

Cara Merekam Layar Windows dengan PowerPoint

Jika Anda telah menginstal Microsoft PowerPoint di PC Anda…

…Anda tidak perlu mengunduh aplikasi perekam layar sehingga Anda dapat menghemat banyak ruang penyimpanan.

Merekam layar dengan PowerPoint sangat cocok untuk pengguna laptop karena tidak akan memperlambat kecepatan perangkat Anda.

Berikut ini cara screen record di laptop dengan PowerPoint:

1. Buka PowerPoint

Langkah pertama dalam cara merekam layar laptop dengan PPT yaitu buka PowerPoint di komputer Windows 10 Anda, dan buka “Sisipkan”> “Perekaman Layar.”

2. Klik “Screen Recording”

Klik “Screen Recording”, Anda akan melihat jendela baru. Pilih tombol “Pilih area” dan seluruh layar komputer Anda. Atau, Anda dapat menekan Windows + Shift + F untuk memilih seluruh layar untuk merekam.

3. Klik Recam

Setelah itu, tombol “rekam” akan tersedia. Klik “rekam” untuk memulai dan menghentikan rekaman.

Saat perekaman berakhir, Anda dapat mengklik kanan pada video yang ditampilkan di PowerPoint dan memilih opsi “Save Media As…” untuk menyimpan rekaman Anda di komputer.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara merekam layar laptop secara penuh maupun sebagian, berikut ini daftar aplikasinya.

1. OBS Studio

OBS Studio adalah pc record streaming yang memungkinkan Anda merekam seluruh layar Windows 10 atau area tertentu di komputer Anda.

Selain itu, perangkat lunak penangkap layar penuh Windows ini gratis dan sumber terbuka untuk semua pengguna dengan antarmuka yang mudah.

Berikut ini tutorial perekam layar dengan menggunakan aplikasi OBS:

  • Unduh dan buka perangkat lunak ini di perangkat Windows 10 Anda, klik “+” di “Sumber” di sudut kiri.
  • Kemudian, klik “Display capture,” beri nama pada rekaman baru di bawah “Create New,” dan klik “OK.”
  • Setelah itu, jendela baru akan muncul. Pengaturan default area perekaman adalah layar penuh.
  • Klik tombol “Start Recording” untuk mulai merekam dan klik tombol “Stop Recording” untuk berhenti.
  • Ketika proses selesai, Anda dapat menemukan video dengan mengklik “File.”

2. DemoCreator

Cara merekam layar laptop paling interaktif adalah DemoCreator. Ini adalah alat perekam layar dan pengeditan video untuk membuat video yang disesuaikan.

Dengan desain antarmuka paling sederhana dan fitur perekaman video yang mudah digunakan, perekam layar laptop ini berguna untuk merekam layar Windows atau Mac Anda dengan audio.

Di bawah ini adalah langkah- langkah untuk merekam layar pada laptop Anda di DemoCreator :

  • Luncurkan DemoCreator dan pilih “Mulai Proyek Rekaman”.
  • Sesuaikan area perekaman dan atur webcam dan mikrofon jika Anda membutuhkannya. Kemudian klik tombol merah “REC” untuk mulai merekam.
  • Tekan F10 untuk Berhenti merekam. Kemudian masuk ke panel editor, Anda dapat menambahkan efek yang Anda inginkan. Setelah selesai, klik tombol “Ekspor”.

3. Bandika

Untuk membuat screencast dan pemain game, Bandicam telah menjadi salah satu perekam layar laptop favorit mereka.

Bandika adalah perangkat lunak sederhana dan ringan yang memiliki kemampuan untuk merekam video berkualitas tinggi dari jendela manapun di layar laptop Anda.

Patut dicatat bahwa Bandicam bekerja dengan baik saat merekam game di laptop Anda.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Bandicam untuk merekam layar:

  • Buka aplikasi Bandicam
  • Pilih “Mulai Proyek Rekaman”.
  • Sesuaikan area perekaman dan atur webcam dan mikrofon.
  • Klik tombol merah “REC” untuk mulai merekam.
  • Klik tombol berhenti merekam. Setelah selesai, klik tombol “Ekspor”.

4. Movavi

Movavi adalah salah satu cara merekam layar laptop dengan fitur luar biasa seperti berbagi online, alat penangkap layar laptop, alat pemutaran, pengeditan video, dan banyak lagi.

Selain laptop, seseorang juga dapat merekam tab atau layar ponsel melalui software ini.

Jika Anda ingin membuat panduan permainan dan mengunggahnya ke YouTube untuk dibagikan.

5. CamStudio

Perekam layar laptop yang bagus di Windows untuk membuat screencasts dan video demo cepat, CamStudio memiliki berbagai fitur seperti panning otomatis, menyoroti opsi kursor selama perekaman, perekaman suara, dan banyak lagi.

Dengan desain antarmuka yang ringkas, mudah untuk menghasilkan tangkapan layar serta video instruksional untuk dibagikan dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Plus, Anda bahkan dapat membakar rekaman laptop Anda ke DVD/CD dengan CamStudio, sangat praktis.

6. VLC

Pemutar media yang ringan, cara merekam layar laptop dengan VLC untuk laptop adalah pemutar lintas platform sumber terbuka dan gratis.

Sebagai perekam layar laptop terintegrasi, VLC memiliki kemampuan untuk memutar sebagian besar file audio-visual serta Audio VCD, CD, DVD, dan banyak protokol streaming lainnya.

Selain itu, jika Anda ingin menambahkan beberapa fitur yang Anda sukai ke perekam layar laptop, maka VLC adalah produk sumber terbuka yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan fitur Anda sendiri.

7. Snagit

Dengan beberapa fitur pengeditan gambar dan pengambilan video terbaik, Snagit adalah perekam layar laptop yang hebat.

Baik klip video, nilai warna, atau pengambilan gambar, aplikasi Direct X, atau video apapun yang muncul di layar, Snagit menawarkan sejumlah alat bawaan yang berguna.

Anda juga dapat menambahkan prangko, fitur baru ke tangkapan layar Anda, yang sangat nyaman bagi Anda untuk membuat tutorial.

8. Webinar

Webinar menjadi salah satu cara merekam layar laptop yang dapat digunakan untuk merekam gerakan layar Anda hingga webcam dan rekaman narasi suara untuk screencast dan demo…

…seseorang dapat dengan mudah mengunggah video ke web menggunakan perekam layar laptop Webinaria secara gratis dalam format flash.

9. TinyTake

TinyTake , perangkat lunak record pc dan tangkapan layar gratis dengan audio sangat ideal untuk proyek kecil. Untuk perekaman layar yang rumit, perekam layar untuk laptop ini tidak cocok.

Anda dapat merekam desktop Anda dalam layar penuh atau menyesuaikan bagian serta mengintegrasikan rekaman webcam.

10. Free Screen Video Recorder

Free Screen Video Recorder dapat membantu Anda dalam cara merekam layar laptop.

Baik beberapa jendela, menu, objek, atau aktivitas layar lainnya, perekam layar laptop ini adalah rangkaian lengkap panduan yang menunjukkan langkah-langkah dengan grafik untuk membantu Anda membuat video.

Berikut ini langkah merekam layar laptop dengan aplikasi Free Screen Video Recorder.

  • Buka aplikasi free screen video recorder.
  • Klik “Mulai Proyek Rekaman”.
  • Sesuaikan area perekaman.
  • Klik tombol REC untuk memulai.
  • Tekan F10 untuk Berhenti merekam.
  • Setelah selesai, klik tombol “Ekspor”.

Kesimpulan dan Penutup

Terdapat beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai cara merekam layar laptop di Windows 7, 8, 10 maupun 11.

Pilihlah, salah satu caranya yang dianggap paling mudah. Jika, mengharuskan menginstall aplikasi pastikan kompatibel dengan perangkat laptop Anda.

Photo of author

Tirta Wahyu

Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com