Blogging

6+ Cara Monetisasi Blog sebagai Sumber Penghasilan

Written by Tirta Wahyu · 3 min read >
Cara menghasilkan uang dari Blog

Menjadi seorang Blogger tentunya sudah mempunyai tujuan yang jelas. Entah itu hanya untuk berbagi informasi saja, atau untuk mendapatkan uang dari aktifitas blogging dengan cara monetisasi blog.

Dalam nyatanya, Blogger sudah banyak menghasilkan pundi-pundi uang dari blog yang dikelolanya. Tentu semuanya butuh usaha yang tidak mudah untuk monetisasi blog agar sukses.

Bagi para blogger pemula harus paham bahwa tidak ada cara instan mendapatkan uang dari blog. Doa dan ikhtiar harus selaras untuk hasil yang maksimal dan didasari dengan kesabaran.

Saya pernah mendengar ada seorang yang baru terjun di dunia blogging dan monetisasi blog, ia menyerah ditengah perjalanan. Hal ini yang menyebabkan seorang Blogger bisa disebut gagal dan tidak mendapat apapun.

Menghasilkan uang dari Blog

Sebenarnya ada banyak cara untuk memberikan efek positif dalam memulai blogging. Misalnya bergabung dengan komunitas blogger untuk mendapatkan suntikan ilmu dan berbagi pengalaman. Semangat pantang menyerah harus selalu ditanamkan pada diri masing-masing.

Coba lihat para blogger yang telah lebih dulu sukses dengan semangat pantang menyerahnya. Tentunya anda juga bisa melakukannya dengan memahami ilmu blogging beserta pernak-perniknya.

Pahami cara membuat blog yang baik dan benar. Blog yang bagus adalah blog yang memiliki konten berkualitas yang ditulis untuk manusia bukan untuk robot, yang bisa memberikan solusi untuk para pengunjung. Dengan begitu blog anda akan mempunyai pengunjung yang banyak.

Disini saya berusaha untuk sedikit membuka pikiran anda agar bisa memulai dan mendapatkan penghasilan dari blog.

Langsung ke pembahasan yuk!

Cara monetize Blog

Berikut ini beberapa cara monetisasi blog yang bisa diterapkan dalam blog bertrafik tinggi milik anda.

  1. Pasang iklan
  2. Content Placement
  3. Jualan produk
  4. Program Affiliate
  5. Buka jasa
  6. Buka kursus

Sebenarnya masih banyak metode/cara monetisasi blog selain daripada yang diatas. Saya bahas 5 metode saja sudah cukup kan?

Berikut penjelasanya!

Pasang Iklan

Pasang iklan merupakan metode favorit para blogger karena cukup mudah dan menghasilkan uang besar. Saran saya pasang iklan pada blog bertrafik tinggi untuk hasil yang maksimal.

Beberapa metode iklan untuk blog :

1. Iklan PPC (Pay per Click)

Iklan PPC cukup mudah diterapkan untuk monetize blog yang memiliki banyak pengunjung. Pendaftaran cukup mudah bila syarat pengajuan telah terpenuhi. Contoh iklan PPC seperti Google Adsense, MGid, dan masih banyak lainnya.

2. Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah iklan yang dikelola oleh pemilik blog. Dimana pemilik blog dapat dengan mudah mengatur dan memberikan harga yang sesuai. Tentunya dengan melihat seberapa banyak orang yang mengunjungi blog anda.

Content Placement

Sebagian besar blogger yang memiliki blog trafik tinggi biasanya membuka jasa content placement. Yaitu menempatkan konten orang lain atau blogger lain di blog miliknya dengan membayar sebesar harga yang telah ditentukan.

Content placement berupa konten artikel yang ditulis pemilik blog ataupun dari pengguna jasa content placement. Selain artikel biasanya juga bisa link placement yang hanya berupa link saja.

Jualan Produk

Produk apapun bisa dijual di blog pribadi maupun blog bertrafik tinggi lainnya. Caranya hanya tinggal mempromosikan produk pada post atau bisa pasang banner sendiri.

Jualan produk bisa dikategorikan sebagai berikut :

1. Produk Fisik

Maksud jualan produk fisik disini adalah menjual produk yang berupa barang yang nyata adanya, dapat disentuh dan dilihat dengan mata. Beberapa contoh produk fisik diantaranya seperti sepatu, baju, smartphone, dan lainnya.

Produk fisik ini dapat dijual di blog dengan membuat halaman khusus untuk produk. Deskripsikan produk dengan menarik agar pengunjung tertarik untuk klik dan membelinya.

2. Produk Digital

Berbeda dengan produk fisik, produk digital berupa produk yang hanya dapat diakses melalui PC ataupun smartphone. Produk digital biasanya berupa : perangkat lunak, aplikasi smartphone, ebook, dan masih banyak lainnya.

Menjual produk digital paling banyak dengan cara affiliate, yaitu menjualkan produk orang lain (seperti Ebook) nantinya blogger yang mempromosikan produk mendapat komisi dalam setiap penjualan.

Program Affiliate

Affiliate adalah metode menghasilkan uang dengan cara menjual produk orang lain dan si penjual mendapatkan komisi dari hasil jualan tersebut. Biasanya komisi berkisar antara 10% – 20% atau bahkan bisa lebih.

Metode promosi untuk affiliate biasanya dengan optimasi SEO dari blog yang telah dikembangkan sedemikian rupa. Bisa juga dengan promosi pada sosial media, dalam hal ini influencer dapat dengan mudah mempromosikan produk dengan cara affiliate.

Buka Jasa

Jasa paling efektif untuk ditawarkan ke pengunjung blog. Misalnya saja menawarkan jasa pembuatan blog, jasa penulis artikel, jasa desain, dan masih banyak lainnya.

Banyak yang telah sukses dalam produk jasa. Lihat saja seperti mas Dzofar yang menawarkan jasa desain vektor pada blognya, dan Mas Timon yang menawarkan jasa pembuatan blog di situsnya.

Semua jasa bisa anda tawarkan menggunakan blog dengan pengunjung yang sudah banyak. Buka jasa sesuai dengan keahlian dan kemampuan anda.

Kursus Online

Saat ini banyak orang mencari kursus online untuk meningkatkan keahlian pada dirinya. Ini kesempatan para Blogger untuk membuka kursus online seperti : kursus SEO, kursus desain, kursus pembuatan website, dan masih banyak yang lainnya.

Pemilik blog, disini adalah sang pembuat kursus online, menyiapkan materi kursus yang dapat diakses orang yang mendaftar. Promosinya menggunakan blog pribadi anda ataupun dengan mengiklankannya.

Untuk menjadi mentor dalam kursus online tentunya anda dituntut untuk menguasai materi. Buka kursus sesuai keahlian anda.

Penutup

Semakin kesini, metode monetisasi blog semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Banyak cara yang dapat dilakukan, ikuti petunjuk yang ada di blog ini maupun yang tersebar di internet.

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, maka blog yang anda kelola haruslah memiliki pengunjung yang banyak. Buat blog anda ramai pengunjung dengan metode optimasi SEO.

Agar blog ramai pengunjung, buatlah konten atau artikel yang unik dengan gaya bahasa sendiri. Pastikan konten artikel yang dibuat berkualitas bagus dan original.

Sekian semoga bermanfaat 🙂

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *