Bisnis Online

20+ Peluang Usaha Online Modal Kecil dan Menguntungkan

Written by Tirta Wahyu · 12 min read >
Peluang Usaha Online dengan Modal Kecil - Bisnis Online

Mendapatkan keuntungan dalam usaha online menjadi keinginan segelintir orang. Mengapa saya bilang “segelintir” karena nyatanya banyak yang masih nyaman-nyaman saja menjadi karyawan. Sepertinya mereka tidak melihat peluang usaha online yang akan dibahas dalam artikel ini.

Ada beberapa teman yang masih nyaman menjadi karyawan saja, namun ada juga yang semangat mencari sampingan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pernah saya tanya kenapa dia melakukan itu karena untuk berjaga-jaga jika ingin resign dari perusahaan kapan saja tanpa takut tidak memiliki pendapatan.

Eh kok jadi bahas karyawan dan resign ya? Hahahaa. . .

Peluang Usaha Online 2020

Banyak sekali peluang usaha online di tahun 2020. Anda hanya tinggal memilih usaha seperti apa yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki.

Tidak usah bingung…

Saat ini yang dibutuhkan adalah kreatifitas untuk menunjang usaha online yang akan dijalankan. Kembangkan ide dan kreatifitas yang anda miliki untuk menciptakan peluang.

Berikut ini garis besar peluang usaha online yang ada di Internet :

1. Peluang Usaha Online Shop

Disini anda diharuskan memiliki sebuah website toko online sebagai branding usaha anda. Produk ditampilkan dihalaman website, dan semua pembeli melakukan pembelian melalui website toko online anda. Tentunya membutuhkan admin yang sigap selalu melayani konsumen.

Online shop biasanya dipromosikan dengan cara SEO, yaitu mengoptimalkan hasil pencarian di mesin pencari Google. Atau bisa juga melalui jasa periklanan seperti : Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan masih banyak yang lainnya.

2. Peluang Usaha Online Rumahan

Usaha ini dapat dilakukan dirumah dengan menjual produk sendiri dari rumah. Misalnya saja anda mahir untuk membuat kerajinan tangan, maka promosikan saja produk anda melalui sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Atau bisa juga dengan membuat website sendiri sebagai toko online. Akan tetapi tentunya butuh biaya yang lumayan untuk usaha sekelas rumahan. Namun ada juga jualan sekelas rumahan yang omzetnya sudah wow!

3. Peluang Usaha Online Dropship

Sudah tau dropship kan? Yup, ini adalah usaha yang populer akhir-akhir ini karena kemudahannya berjualan tanpa stok barang. Si pengusaha dropship bekerja sama dengan pemilik produk, bisa juga dibilang reseller. Hampir mirip! Seperti inilah yang dibilang cara menjadi reseller tanpa modal.

Dropship ini bisa menjadi peluang usaha online saat corona loh! Si dropshiper bisa menjual barang tanpa memiliki stok barang. Para dropshiper biasanya mencari supplier di marketplace seperti : Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

Ada yang bilang ini haram, sependek pengetahuan saya itu jika dropship tanpa dilandasi perjanjian dengan pemilik barang. Saran saya bikin perjanjian dengan pemilik barang terlebih dahulu agar dilancarkan semuanya.

Selanjutnya mari kita bahas secara mendetail dengan banyak pilihan peluang usaha yang bisa dijalankan…

Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil

Sebenarnya banyak cara berbisnis dengan modal kecil dengan jualan online yang tentunya menguntungkan. Dengan begitu anda memiliki usaha yang menghasilkan uang setiap hari. Enak kan?

Tentunya tidak semudah itu… Banyak yang harus dilakukan. Semuanya tidak bisa dilaksanakan dengan kemalasan, tidak instan! Semua butuh perjuangan agar menjadi usaha yang cepat laku dan menguntungkan.

Beberapa contoh peluang usaha online modal kecil yang dapat anda jalankan :

1. Affiliate Marketing

Menjualkan produk orang lain yang nyaris tanpa modal dengan cara pembagian komisi. Jadi seseorang mempromosikan produk dari brand tertentu dan mendapat komisi dari hasil penjualan yang dilakukan.

Jadi alur promosi jualannya kira-kira begini :

  1. Anda mempromosikan produk afiliasi dengan menggunakan website atau sosial media (pakai link affiliate dari pemilik produk)
  2. Pengunjung tertarik dan membeli produk dari link afiliasi anda
  3. Anda mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut

Komisi yang didapat biasanya 10% sampai 50% tergantung produk apa yang anda jual. Nampaknya mudah, tapi ini membutuhkan usaha dan perjuangan anda untuk mempromosikan dan mendatangkan visitor.

2. Dropshiping

Jadi ini bisa dibilang jualan tanpa resiko. Kenapa? Karena anda hanya dituntut untuk menjualkan produk tanpa memiliki stok barang. Lebih asiknya lagi anda bebas memberi harga pada setiap produknya dengan melihat harga di pasaran.

Pastikan anda menghubungi supplier terlebih dahulu untuk diajak bekerja sama. Biasanya dropshiper harus melakukan pendaftaran dulu ke supplier. Hal ini untuk mempermudah dan memperlancar proses berjualan, karena setiap ada orderan masuk harus selalu cek stok terlebih dahulu.

Ada juga supplier yang menyediakan informasi cek stok di website atau marketplace-nya. Jika seperti ini anda harus selalu update untuk menyamakan stok ke supplier.

Dropship banyak dilakukan di marketplace karena fasilitas gratis dan tanpa modal.

Alur penjualan kurang lebih seperti ini :

  1. Anda menjual produk dari supplier dengan keuntungan yang telah ditentukan sendiri
  2. Ada customer yang bertanya stok atau melakukan order (jika stok selalu update)
  3. Dropshiper cek stok di website supplier atau bertanya stok ke supplier
  4. Barang ready, dropshiper membelikan barang dari supplier untuk customer
  5. Customer melakukan pembayaran ke dropshiper
  6. Dropshiper mendapat keuntungan dari hasil penjualan

Oh iya lupa, biasanya dropshiper sudah deposit uang dulu ke supplier untuk kelancaran proses transaksi. Ini tergantung perjanjian antara dropshiper dengan supplier, karena ada juga dropshiper yang langsung mentransfer uangnya ke supplier.

3. Jualan Produk Sendiri

Jika anda memiliki produk sendiri, segera lakukan penjualan melalui media online. Akan sangat rugi jika anda tidak melakukannya di masa sekarang ini. Orang sudah mulai berubah gaya hidupnya, membeli produk secara online sudah menjadi trend karena cukup mudah dan efisien.

Hal yang bisa anda lakukan untuk menjual produk sendiri :

  1. Membuat Website khusus untuk jualan produk. Tentunya ditunjang dengan ilmu digital marketing yang mumpuni, atau bisa juga sewa jasa internet marketing.
  2. Membuat akun di marketplace : Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Upload produk anda dan mulai jualan.
  3. Berjualan lewat sosial media : Facebook, Instagram, Twitter, dll. Manfaatkan semuanya agar penjualan produk anda meningkat.

Cara ini ada treatment khusus yang harus dilakukan. Pelajari ilmu internet marketing atau gunakan jasa saja bila tidak ada waktu.

4. Menjadi Publisher Iklan

Anda sudah tau kan kenapa di internet banyak informasi gratis yang bertebaran? Belum taukah? Ini loh contohnya kenapa saya rela membuat artikel untuk dipublish di blog ini.

Semua karena saya akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil pada setiap artikel di blog. Namun khusus untuk blog KampusIT.id ini saya masih belum kepikiran untuk memasang iklan. Saya mau fokus menulis artikel yang bermanfaat dulu 🙂

Kurang lebih alurnya seperti ini :

  1. Pemilik blog mendaftar sebagai publisher iklan dibeberapa platform. Contohnya seperti : Google Adsense, MGID, Media.net, dan masih banyak lainnya.
  2. Jika diterima, pemilik blog (publisher) bisa memasang iklan di setiap artikel di blog-nya.
  3. Pemilik blog mendapat penghasilan dari setiap klik yang dilakukan pengunjung.

Untuk menjadi publisher iklan caranya cukup mudah, yaitu dengan mendatangkan banyak visitor ke blog yang dikelola. Blog harus ditunjang dengan artikel yang berkualitas. Lagi-lagi kita dituntut untuk belajar internet marketing hahaha…

5. Membuka Kursus Online

Kursus online menjadi hits di tahun 2020 ini. Mungkin karena program pemerintah yang entah apa itu namanya saya lupa hahaha…

Membuka kursus online sama saja anda menjadi seorang guru yang harus benar-benar menguasai materi. Gali terus potensi dan keahlian yang anda miliki agar menjadi expert di bidang tertentu.

Kursus online ini biasanya dilakukan dengan cara melihat video yang sudah disediakan oleh sang guru atau mentor. Dan bisa juga dilakukan dengan bertatap muka langsung melalui video call.

Alur kursus online secara garis besar :

  1. Pemilik kursus online menyediakan media untuk akses materi. Biasanya menggunakan website dengan sistem membership.
  2. Si “murid” melakukan pembayaran untuk mengakses materi kursus

Sudah seperti itu, sangat mudah kelihatannya. Namun ada infrastruktur yang harus disiapkan oleh pemilik kursus.

6. Jualan Foto atau Desain

Anda hobi desain atau fotografi? Ada loh website untuk jualan foto ataupun desain. Lihat saja seperti Shutterstock, Freepik, Dreamstime, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu istilahnya biasa disebut Microstock. Foto atau desain anda akan dihargai setiap kali ada yang mengunduh.

Alurnya seperti ini :

  1. Anda memiliki foto atau desain yang bagus dan di unggah ke situs Microstock
  2. Karya anda diterima dan di publish
  3. Ada pencari foto atau desain yang suka dan mengunduh karya anda dengan cara membelinya (pembeli biasanya sudah berlangganan di situs Microstock)
  4. Anda mendapatkan bagian dari hasil penjualan kurang lebih 5% sampai dengan 20%, ini tergantung kebijakan masing-masing situs Microstock
  5. Anda mendapat penghasilan saat mencapai nominal tertentu dan menariknya ke rekening Paypal

Untuk dapat menghasilkan ribuan dollar, maka yang harus dilakukan adalah upload foto atau desain sebanyak-banyaknya. Walaupun nominalnya berkisar antara $0.10 sampai $0.25 per download, namun apabila stok foto atau desain anda mencapai ribuan maka hasilnya juga banyak. Banyak stok = banyak uang, begitu kira-kira.

7. Jasa Fotografi

Membuka jasa fotografi untuk keperluan foto wisuda, foto wedding, dan masih banyak lainnya. Anda hanya dituntut untuk memiliki kamera profesional dan alat penunjang fotografi lainnya.

Untuk meminimalisir pengeluaran, ajaklah teman yang berduit untuk bekerjasama. Dengan begitu pengeluaran jadi sedikit, karena ini akan menjadi syarat memulai bisnis dengan modal kecil hahahha…

Media untuk promosi :

  1. Website portofolio berisi karya-karya fotografi
  2. Media sosial untuk berbagi karya fotografi
  3. Manfaatkan jaringan komunitas

Cukup mudah jika hanya dituliskan disini. Anda harus membangun networking sesama jasa fotografi untuk bertukar pikiran bagaimana cara membangun bisnis fotografi yang baik.

Buat karya dan promosikan terus menerus…

8. Jasa Desain

Jasa desain sangat dicari pada era milenial saat ini. Semuanya serba digital, sehingga orang-orang mencari jasa desain untuk mempromosikan produknya, mempromosikan brand barunya.

Nah ini kesempatan untuk para desainer!

Beberapa hal untuk membuka jasa desain :

  1. Membuat website portofolio
  2. Membuat akun media sosial khusus untuk karya desain anda
  3. Mencari peluang melalui situs freelancer, seperti Fiverr, Freelancer.com, Sribu, dan masih banyak lainnya

Di Indonesia sendiri telah banyak desainer yang karyanya sudah mendunia. Itu semua dilakukan dengan promosi di Internet.

9. Jasa Pembuatan Website

Bagi anda yang ahli web programming, maka buatlah jasa pembuatan website. Dan bagi yang belum mahir tentang web programming juga bisa membuka jasa pembuatan website dengan menggunakan fasilitas content management sistem seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan lainnya.

Hal yang harus dilakukan :

  1. Membuat website portofolio. Wajib! Masa jasa pembuatan website tapi tidak punya website, kan aneh hahaha…
  2. Media sosial untuk menunjang bisnis pembuatan website
  3. Menjalin relasi sesama penggiat website

Jasa pembuatan website ini akan selalu hidup selama Internet masih ada. Dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

10. Menjual Template Blog

Semakin kesini semakin banyak Blogger yang bermunculan. Ini menjadi kesempatan untuk para web desainer, dan akan menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan.

Ada banyak celah bagi anda yang bisa membuat template Blogger Blogspot ataupun WordPress Theme. Beberapa Blogger tanah air sudah melakukannya, sebut saja Mas Sugeng, KompiAjaib, mbak igniel, dan masih banyak lainnya yang sudah sukses menjual template blog.

Yang harus anda kuasai dan anda lakukan untuk sukses di peluang usaha online ini :

  1. Paham bahasa pemrograman web, pembuatan template blogspot maupun tema WordPress.
  2. Membuat website portofolio untuk promosi template blog yang anda buat.
  3. Menjual template ke marketplace, seperti ThemeForest, dll.
  4. Share ke media sosial untuk promosi
  5. Bangun relasi dengan para Blogger
  6. Melakukan personal branding

Itu semua hanyalah uraian secara garis besar saja. Untuk hal-hal lain nanti akan mengalir dan menemukan sesuatu yang baru.

11. Jasa Penulis

Menjadi penulis adalah kesempatan emas di masa sekarang. Anda bisa membuka jasa penulis blog, penulis buku, atau penulis apapun itu. Hasilnya lumayan besar karena banyak yang membutuhkan.

Modalnya kecil karena yang dibutuhkan adalah komputer dengan spek standar. Atau jika ingin modal yang lebihi minim lagi bisa menggunakan smartphone untuk menulis.

Tentunya anda harus menguasai teknik menulis yang baik dan benar. Jangan seperti saya yang menulis masih belepotan hahaha…

Hal-hal yang harus dikuasain hanyalah teknik menulis yang baik,

  1. Menulis artikel SEO
  2. Copywriter – bagaimana menulis yang menghipnotis pembaca
  3. Storytelling – bagaimana menulis dengan bercerita

Dan masih banyak teknik lainnya yang harus dikuasai. Untuk promosi anda sebaiknya punya website portofolio, sosial media, dan komunitas yang berhubungan dengan bisnis anda.

12. Buka Jasa Translate

Anda jago bahasa? Bisnis ini cocok untuk anda. Dengan membuka jasa translate, maka anda dengan mudah mendatangkan pundi-pundi dollar dari internet.

Tentunya harus mempunyai skill yang bagus, penguasaan tata bahasa yang baik pula. Dengan begitu anda akan menjadi translator handal.

Beberapa hal yang harus dilakukan :

  1. Membuat website portofolio untuk menampilkan jasa translator
  2. Membuat media sosial untuk menunjang bisnis translate
  3. Menjalin relasi dengan orang-orang yang berpeluang
  4. Manfaatkan semua media online

Translator dibutuhkan untuk berbagai keperluan di era modern saat ini. Jadi bersiaplah untuk go online!

13. Buka Jasa Pengelola Sosmed

Berkembang bisnis mengelola ataupun memanajement akun media sosial. Disini bisa saja disebut dengan Admin Medsos. Tugas utamanya mengelola akun media sosial, baik itu posting maupun berinteraksi dengan orang lain di medsos.

Manfaatkan peluang usaha online ini karena contohnya sekarang banyak selebgram atau influencer yang banyak followernya. Tentunya mereka akan kewalahan untuk mengelola akunnya. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa sosmed management.

Yang perlu dilakukan :

  1. Kuasai seluk beluk media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya tanpa terkecuali.
  2. Promosikan jasa anda dengan media sosial pula, buat website untuk menunjukkan profesionalitas bisnis yang anda jalankan.

Semoga ini bisa membuka pikiran anda untuk segera membuka bisnis jasa sosmed management.

14. Menjual Buku / Ebook

Menjual ebook dapat dilakukan siapapun tanpa syarat. Modal utamanya adalah kemampuan anda untuk menulis sesuatu yang bermanfaat dan dibutuhkan.

Begitu juga buku fisik mendapat perlakuan sama seperti ebook. Yang membedakan hanyalah cetakan fisik dan buku elektronik yang biasanya berupa file pdf.

Bila anda pintar bahasa Inggris dan menulis buku dengan bahasa Inggris, anda bisa menjualnya di Amazon Kindle. Setiap buku yang panjang artikelnya 5000 kata biasanya dijual dengan harga $2.99. Dari penjualan buku elektroni di Amazon Kindle anda akan mendapatkan royalti sebesar 35%.

Namun bila anda mahir dalam penulisan buku berbahasa indonesia, maka anda bisa menerbitkannya di publisher lokal seperti : NulisBuku, Andy Publisher, dan masih banyak lainnya.

Untuk keperluan promosi anda bisa menggunakan profil media sosial anda untuk memajang portofolio. Memiliki website portofolio sendiri juga menjadi nilai plus karena terlihat profesional.

15. Menjadi Konsultan

Menjadi konsultan nyaris tanpa modal. Hanya bermodalkan pengetahuan yang anda miliki, anda bisa segera membuka jasa konsultan.

Tentunya semua ini butuh keahlian pada bidang yang anda bisa fokus di dalamnya. Misalnya saja anda membuka konsultasi yang fokus dalam bidang Blogging, maka anda harus menguasai kemampuan bagaimana membuat blog atau website yang bagus, beserta dengan pernak-perniknya seperti : teknik SEO, teknik webmaster, dan lain-lain.

Yang wajib ada adalah :

  1. Profile sosial media yang profesional sesuai bidang ini.
  2. Gunakan Linkedn agar lebih profesional
  3. Website untuk profil/portofolio

Jika anda menguasai bidang yang anda pilih, maka tidak akan lama bisnis anda akan berkembang dan menjadi bisnis yang besar.

16. Jasa Pembuatan Software

Jasa bikin software sangat cocok bagi anda yang memiliki skill programming. Misalnya saja anda ahli dalam pemrograman android, anda bisa membuka jasa pembuatan aplikasi android, bisa saja pembuatan game android.

Jika tidak sanggup menjalankan bisnis software ini, buatlah software house dengan merekrut orang-orang yang berkompeten di bidang ini.

Maka anda butuh ini :

  1. Website portofolio untuk dijadikan website company profile
  2. Sosial media sebagai pendukung promosi
  3. Klien/mitra bisnis
  4. Orang-orang yang loyal kepada bisnis anda

Berkembang atau tidaknya bisnis ini tergantung dengan bagaimana anda mengelolanya. Pilihlah partner bisnis yang tepat.

17. Jasa SEO

Search Engine Optimization menjadi primadona bagi para pebisnis online yang ingin melesatkan bisnisnya hingga ke puncak kesuksesan. Bila anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, membuka peluang usaha online bisnis jasa SEO adalah pilihan tepat.

Jasa SEO tidak murah, pebisnis harus merogoh kocek 5 juta sampai dengan 50 juta untuk menggunakan jasa ini. Prosesnya pun terbilang cukup lama, butuh 3 – 6 bulan agar bisnis anda nangkring di posisi pertama pencarian Google.

Yang wajib anda miliki untuk membuka jasa ini :

  1. Ilmu internet marketing, meliputi SEO, sosial media specialist, teknik iklan, dan lain-lain.
  2. Profil online yang kuat sesuai bidang ini. Misalnya website, maka bagaimana caranya website jasa SEO anda nangkring di posisi 1 Google. Dengan begitu orang yang mencari jasa tersebut langsung percaya.

Faktor pendukung bisnis ini seperti pada umumnya, yaitu profile sosial media, dan jalinan relasi.

18. Jualan Produk Fashion

Bisa dibilang produk fashion adalah produk abadi, maksudnya produk ini selalu dicari orang karena merupakan kebutuhan pokok. Model fashion yang selalu update menjadi kunci sukses dalam bisnis ini.

Menjual fashion paling mudah di marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll). Bangun brand fashion anda dengan membuat dan upload produk di marketplace. Selajutnya anda dukung dengan membuat website untuk toko online anda.

Sosial media dibutuhkan untuk promosi dan membangun interaksi kepada calon pembeli. Tampilkan produk semenarik mungkin agar customer mau membeli produk anda.

Yang bisa anda lakukan :

  1. Buat akun di marketplace, dan bangun brand disana
  2. Buat website untuk menunjang brand yang anda bangun
  3. Sosial media untuk interaksi
  4. Kemampuan SEO agar website anda dikenal banyak orang. Disini anda bisa sewa jasa SEO saja daripada ribet.

Bisnis fashion ini menjadi bisnis yang tak akan pernah mati. Selalu update produk sesuai dengan perkembangan zaman.

19. Jasa Persewaan

Bisnis persewaan bisa menjadi alternatif bisnis online saat ini. Sediakan barang yang akan disewakan, contohnya saja anda membangun bisnis sewa kamera, bisnis sewa motor, bisnis sewa mobil, dan masih banyak yang lainnya.

Fokus pada bisnis ini akan membawa anda pada gerbang kesuksesan. Buatlah portofolio sebagaimana bisnis yang lain dilakukan. Membangun kepercayaan kepada mitra/klien dengan penuh perhatian.

Yang perlu anda lakukan hanyalah fokus dan fokus.

20. Jadi Blogger

Blogger sudah menjadi trend dari 2008 sampai sekarang. Dengan bermodalkan konten berupa artikel yang berkualitas, seorang Blogger bisa dengan mudah mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya.

Hal tersebut tentunya didukung dengan ilmu internet marketing yang baik. Kuasai ilmu SEO dan media sosial untuk meningkatkan rangking blog di mesin pencari.

Darimana Blogger menghasilkan uang? Banyak cara, beberapa diantaranya dengan memasang iklan PPC maupun iklan mandiri, bisa juga dengan mempromosikan produk afiliasi, menjual jasa di blog anda, dan masih banyak yang lainnya.

Yang harus anda kuasai :

  1. Ilmu pembuatan website, meliputi ketrampilan bahasa pemrograman website.
  2. Ilmu internet marketing, meliputi ilmu SEO, ilmu media sosial, dll.
  3. Relasi sesama blogger

Semuanya mudah untuk dipelajari dengan mencari tutorialnya di blog ini atau di internet. Lakukan dengan penuh kesabaran. Blogging dengan update artikel berkualitas setiap hari selama kurang lebih 6 bulan, maka anda sudah bisa merasakan uang dari blog.

21. Jadi Youtuber

Nah ini yang paling laris di tahun 2020 ini. Banyak orang beralih profesi menjadi Youtuber karena hasilnya sangat menggiurkan. Bermodal konten video yang lagi tren, pundi-pundi uang mengalir ke rekening anda.

Bangun channel Youtube anda sesuai bidang yang anda minati. Anda suka blogging, maka buatlah video tentang tutorial blogging dan sebagainya. Anda gadget holic, maka buat channel tentang review gadget/smartphone. Sudah terbukti banyak yang sukses disini.

Namun ingat ya! Tidak ada yang instan dalam bisnis ini. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan anda dalam membuat konten.

Yang perlu anda lakukan :

  1. Buat channel sesuai bidang keahlian (minat dan bakat)
  2. Kuasai proses editing video dengan software-software editing populer
  3. Terus upload video secara rutin, gunakan judul yang menarik dan mengandung unsur kata kunci yang relevan (lagi-lagi penguasaan ilmu SEO diperlukan disini)
  4. Konsisten

Uda gitu aja! Tentunya masih banyak hal yang harus dilakukan, secara garis besar itu saja sudah cukup kok. Ekplorasi sendiri yah!

Selanjutnya ini info tambahan ya, bingung mau nulis apa lagi hahaa…

Cara Mencari Produk yang sedang Trend

Cara termudah untuk mencari produk yang sedang trend adalah dengan cara membuka membuka marketplace. Disana akan ada produk populer yang terpampang di halaman depan. Akan saya bahas garis besarnya saja ya!

Pelajari produknya dan jadikan sebagai bahan untuk ide bisnis anda. Cukup mudah bukan? Namun nyatanya jika anda sudah cocok dengan produk yang anda minati, maka selanjutnya anda perlu untuk mencari supplier atau distributor tersebut.

Cari supplier atau distributor tangan pertama. Cari aja tokonya dengan metode filter COD pada bagian pencarian toko atau produknya. Ciri-cirinya adalah produknya sudah terjual dan memiliki reputasi yang baik.

Cara lain untuk mencari ide produk yang sedang trend adalah dengan melihat di Google Trends, pilih bahasa Indonesia untuk target lokal. Cari menu pencarian trending dan klik saja, nanti akan muncul hasil pencarian yang sedang trending.

Bila anda menemukan dari hasil pencariannya adalah Boruto, ini bisa dijadikan referensi ide produk anda. Misalnya saja anda bisa membuat kaos, phone case, stiker, poster, dan banyak lainnya yang berkaitan tentang Boruto. Ingat ya, saya tekankan disini hanyalah sebuah ide, selebihnya bisa anda kembangkan sendiri.

Ada lagi nih! Karena saya mantan mahasiswa hahaha.., jadi saya bikin ulasan tentang bisnis mahasiswa dibawah,

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Ada banyak sekali bisnis online modal kecil atau bahkan nyaris tanpa modal yang bisa dilakukan setiap orang, tak terkecuali seorang mahasiswa.

Mahasiswa tentunya memiliki pemikiran yang visioner dan kreatif. Masih muda dan mempesona, mudah berinovasi selaras dengan perkembangan zaman saat ini.

Apa saja usaha yang cocok untuk pasa mahasiswa? Simak beberapa penjelasan di bawah ini :

1. Peluang Bisnis Kuliner

Bisa berupa jajanan ringan kekinian maupun mendirikan warung makan. Lumayan kan, kos dekat kampus dan mempromosikan ke teman-teman mahasiswa lainnya.

Buatlah pembeda dari usaha kuliner anda dengan usaha kuliner lainnya. Harus ada nilai plus agar bisnis tidak monoton. Orang-orang saat ini lebih memilih kuliner yang unik dan beda dari yang lain.

2. Peluang Usaha Fotografi dan Videografi

Fotografi banyak dibutuhkan untuk keperluan foto wedding, foto wisuda, dan lain-lain. Begitu juga videografi kurang lebih sama dengan fotografi karena ini menjadi satu paket.

Bagi mahasiswa ini menjadi bisnis yang menggiurkan, disamping mencari gelar, eh mencari ilmu maksudnya… Mahasiswa bisa menjadikan bisnis ini sampingan, istilahnya jadi frelance fotografer dan videografer gitu…

Hasilnya? Dicoba saja, karena tidak akan tau hasilnya kalau tidak dicoba. Setiap pebisnis memiliki jalannya masing-masing, wawlaupun hal yang dilakukan sama, hasilnya bisa berbeda.

3. Bisnis Paket Data Internet

Eiitts jangan salah! Sebagai mahasiswa, bisnis ini yang paling enak. Walaupun keuntungannya kecil dalam satu kali transaksi, jika yang membeli bisa ratusan kan tetap banyak juga. Coba hitung sendiri…

Bisnis ini oleh sebagian mahasiswa hanya diremehkan begitu saja. Tapi berbeda dengan mahasiswa yang pintar membaca peluang. Ini bisa menjadi bisnis besar. Lihat saja saat ini banyak orang yang mengakses internet, tentunya butuh kuota internet bukan?

4. Usaha Les Privat

Ini mudah bagi anda yang memiliki niat. Membuka les privat bisa menarik pundi-pundi uang. Disamping itu juga bisa menambah pengalaman anda untuk mengajar.

Bisnis ini dapat dijalankan dengan penguasaan materi dalam bidang yang anda geluti. Misalnya saja seorang mahasiswa informatika, maka buka les privat yang berkaitan dengan komputer, hardware/software, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin cukup ini saja dulu ya, ternyata lumayan capek juga mengetik. Tak terasa sudah ada 3000an kata yang saya tulis dalam artikel ini yang selesai dalam waktu 1 minggu hahaha (gak tanya!!!)

Kesimpulan dan Penutup

Semua bisnis pada dasarnya mudah untuk dijalankan. Asalkan mau bergerak dan menekuninya. Fokuslah pada satu bidang yang anda minati, apalagi itu dilakukan sesuai dengan bakat anda akan lebih powerful.

Dalam perkembangan zaman saat ini dan masa mendatang, tentunya bisnis akan berkembang juga. Selalu update informasi bisnis yang anda jalankan. Lakukan inovasi-inovasi yang menarik customer untuk lebih loyal dengan produk dan bisnis anda.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, buatlah pembeda antara produk anda dengan produk kompetitor. Fokuslah dengan apa yang anda pilih dan yang anda jalankan. Konsisten!

Semoga bermanfaat 🙂

Written by Tirta Wahyu
Mantan mahasiswa "sok" IT dari Kampus Ungu Jogja. Saat ini sedang bergelut di dunia blogging, dan mempelajari internet marketing. Profile

Beneran nih nggak mau komen?

Your email address will not be published. Required fields are marked *