Home / Bisnis Online / Apa itu Endorse? Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Istilah

Apa itu Endorse? Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Istilah

Penulis: Mendy

Tingkat efektivitas digital endorsement juga jauh lebih baik dibandingkan beberapa opsi konvensional, seperti memasang iklan di media cetak atau elektronik, brosur, atau leaflet. Lalu, apa itu endorse?

Yaitu kegiatan promosi yang didukung oleh seorang figur publik sehingga menambahkan kredibilitas bisnis Anda.

Seorang selebriti-endorser berperan dalam mempromosikan produk atau menyampaikan pesan dalam sebuah iklan untuk menarik minat konsumen.

Endorsement kepada influencer yang tepat dapat memberikan dampak yang besar terhadap keputusan pembelian audiens.

Apa itu Endorsement

Arti endorse adalah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritis terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran yang tinggi di antara orang-orang.

Orang-orang seperti itu mengiklankan produk yang meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan.

Keuntungan Endorsement

Setelah Anda mengetahui endorse itu apa maka ketahui juga bahwa kegiatan promosi yang saling menguntungkan baik untuk bisnis Anda maupun publik figur. Selain itu, ketahui keuntungan lainnya untuk Anda.

1. Kesadaran Brand atau Merk

Salah satu cara untuk menciptakan brand awareness adalah dengan berkolaborasi dengan selebriti ternama.

Semakin baik engagement endorsement artis dalam suatu merek, maka semakin tinggi pula daya tarik dan tingkat kesadaran masyarakat terhadap merek tersebut.

2. Meningkatkan Penjualan

Secara tidak langsung, endorsement dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Promosi yang kreatif akan menarik followers endorser untuk mengetahui lebih jauh tentang brand Anda.

Apalagi kebanyakan dari mereka akan langsung memesan produk yang dipromosikan oleh influencer favoritnya sehingga mereka juga bisa memiliki pengalaman serupa seperti idolanya saat menggunakan produk tersebut.

Apalagi jika endorser tersebut memiliki jumlah followers yang cukup banyak, tentunya hal ini akan menguntungkan Anda.

3. Promosi Lebih Efektif

Pilih figur publik atau influencer yang memiliki pengaruh besar pada audiens target Anda. Untuk urusan pernikahan, carilah influencer yang sedang merencanakan pernikahan.

Bagaimana cara mendapatkan informasinya? Umumnya, publik figur membagikan momen pertunangan mereka kepada para pengikutnya.

Kondisi tersebut menjadi waktu yang tepat untuk menghubungi mereka dan menawarkan layanan Anda melalui endorsement.

Jika pernikahan itu sukses besar, semakin banyak calon pengantin akan melihat ke layanan Anda.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Jika Anda sukses berkolaborasi dengan orang yang berpengaruh, kredibilitas produk atau jasa Anda juga akan semakin dikenal dan dipercaya masyarakat.

Selain itu, ada kemungkinan bisnis Anda akan menjadi topik hangat di masyarakat, yang akan berkontribusi pada kesadaran yang menjanjikan untuk merek Anda.

Jangan lupa untuk terus berinovasi, agar karakter produk dan layanan Anda tetap terjaga.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Endorsement

Anda disarankan mengidentifikasi beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk bersedia menerima atau menolak endorsement figur publik.

1. Pilih Influencer yang Tulus

Ketika seorang publik figur meminta untuk menjadi endorser, salah satu hal yang baik adalah niat tulus mereka bahwa mereka benar-benar mencari dukungan dari bisnis Anda.

Jika mereka bersikeras pada apa yang harus mereka terima sebagai imbalan sejak awal, itu jelas terlihat sangat egois.

Ketika seorang publik figur mengundang Anda untuk mendiskusikan dukungan yang mereka butuhkan dan meminta pertimbangan Anda sebagai vendor, maka ketulusan itu bisa menjadi lampu hijau bagi bisnis Anda.

2. Menjelajah Beberapa Kemitraan

Ada banyak cara menjalin kemitraan yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak: publik figur dan vendor.

Ketika seorang figur publik menyambut Anda untuk mengeksplorasi dan menegosiasikan jenis kemitraan yang dapat dimiliki dengan Anda.

Hal tersebut adalah pertanda yang sangat baik. Ini berarti Anda dapat menyarankan opsi kemitraan, seperti barter penuh atau kolaborasi semi-barter, karena terkadang sulit bagi vendor untuk menyediakan produk atau layanan secara gratis.

3. Tidak Menuntut

Tak hanya sekali seorang tokoh masyarakat meminta endorsement yang tidak mungkin dilakukan dan memaksa para pedagang kaki lima.

Misalnya, jika mereka menginginkan endorsement insidental di mana Anda harus menanggung biaya tinggi, jangan ragu untuk menolak tawaran tersebut.

Selain keuntungan yang tidak sebanding, ada kemungkinan Anda tidak akan merasa senang dalam bekerja sama dan yang terburuk, Anda tidak akan dibayar meskipun biayanya tinggi.

4. Hasil yang Bermanfaat

Jika ingin melakukan endorsement dengan public figure, pastikan selalu ada output yang jelas menguntungkan kedua belah pihak.

Jika endorsement yang diminta tidak memiliki timbal balik yang jelas kepada Anda, maka Anda harus menolak tawaran tersebut.

Ingatlah untuk membuat MoU atau kontrak yang jelas mengenai proses endorsement dan manfaat yang akan Anda dan tokoh masyarakat dapatkan di akhir proyek.

8 Jenis Endorsement dalam Periklanan

Setelah mengetahui apa itu endorse, ketahui juga jenis-jenis endorse yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa macam jenis endorsement yang biasa digunakan dalam periklanan:

1. Selebriti

Endorsement selebriti melibatkan seorang selebriti yang secara pribadi menyuarakan dukungan dan pendapat mereka tentang perusahaan atau produk.

PP endorse selebriti adalah salah satu jenis dukungan yang paling populer digunakan, karena selebriti biasanya memiliki jangkauan luas di khalayak umum.

Seorang selebriti mungkin mendukung produk yang mereka gunakan sendiri atau yang muncul di industri mereka, dan banyak selebriti menerima pembayaran untuk dukungan.

Misalnya, perusahaan yang menjual headphone mungkin menghubungi musisi selebriti untuk mendapatkan dukungan, karena penggemar musisi dapat menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu mereka.

2. Influencer

Dukungan influencer mengacu pada saat seorang influencer mempromosikan produk atau bisnis tertentu.

Influencer adalah individu dengan banyak pengikut di internet dan di mata publik yang membuat mereka populer.

Banyak influencer beroperasi di media sosial, karena platform media sosial menawarkan tempat bagi pembuat konten untuk memposting konten dan terhubung dengan audiens mereka secara langsung.

Dukungan influencer dapat berupa postingan yang mempromosikan perusahaan atau video yang mengulas produk tertentu dan menjelaskannya secara detail.

Dukungan influencer dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan yang menjual produk, karena influencer biasanya memiliki audiens yang besar yang mungkin melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi mereka.

3. Atlet

Atlet dapat mendukung produk secara efektif dengan menarik anggota audiens yang merupakan penggemar mereka sebagai pemain individu atau tim olahraga mereka.

Atlet adalah profesional yang bermain olahraga untuk mencari nafkah, dan ada beberapa jenis atlet yang dapat terlibat dalam endorsement.

Seorang atlet mungkin mendukung produk olahraga yang mereka gunakan dalam pelatihan mereka sendiri, seperti suplemen atau peralatan, atau mereka mungkin mendukung perusahaan yang membayar mereka untuk bertindak sebagai juru bicara.

Misalnya, seorang pemain sepak bola terkenal mungkin mendukung perusahaan yang memproduksi sepatu yang mereka kenakan di lapangan, yang dapat menyebabkan konsumen mengikutinya.

Istilah-Istilah dalam Endorsement

Berikut ini, beberapa istilah yang seringkali dijumpai saat melakukan endorsement.

1. Open Endorsement

Pertama, terdapat istilah open pp endorse artinya yang biasanya digunakan oleh pihak influencer atau selebgram.

Maksud dari pernyataan tersebut berarti pihak tersebut sedang membuka endorse untuk siapapun yang ingin menggunakan jasanya mempromosikan produk.

2. Paid Promote

Kedua, istilah paid promote atau pp juga digunakan dalam kegiatan endorsement. PP endorse adalah perintah untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara memposting materi di akun sosial medianya.

Biasanya, foto dan konten yang harus diupload sudah disiapkan oleh pihak endorsement sehingga si seleb hanya tinggal mengunggah saja.

3. Management Endorsement

Management endorse adalah pihak yang mengatur kegiatan endorsement antara selebgram dan pemilik bisnis.

Setiap selebgram atau influencer tentu saja mempunyai management sehingga semua pihak yang meminta menggunakan jasanya sudah pasti harus menghubungi pihak manajemennya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, apa itu endorse dan perannya dalam dunia bisnis marketing sehingga cukup penting untuk diaplikasikan.

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com