10 Contoh Landing Page Keren yang Bisa Jadi Inspirasi

Bagi website bisnis, landing page memiliki peran yang sangat penting. Namun sayangnya, kebanyakan pembuatannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Nah berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan beberapa contoh landing page keren yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Apa itu Landing Page?

Apa itu Landing Page

Mungkin banyak yang masih belum paham mengenai landing page. Landing page sendiri adalah halaman website yang dibuat khusus untuk kebutuhan kampanye marketing maupun iklan.

Pengunjung akan diarahkan ke halaman tersebut melalui link yang dibagikan di berbagai media sosial, email, maupun Google Ads.

Ada beberapa tujuan dari pembuatan landing, diantaranya :

  • Mengajak pengguna website untuk ikut serta dengan imbalan pada subjek tertentu
  • Menjual produk secara langsung dengan harga yang lebih murah
  • Menawarkan free trial untuk layanan tertentu untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan suatu perusahaan

Contoh Landing Page yang Keren dan Menarik

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari pembuatan landing page, maka berikut ini beberapa contoh landing page yang tidak hanya keren namun juga menarik.

Landing page di sini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membangun brand awareness di website.

1. Tiket.com

Contoh landing page keren yang pertama adalah website Tiket.com di mana warna biru dan kuning dengan lingkaran merupakan ciri khasnya.

Kedua warna tersebut menjadi elemen warna yang yang banyak digunakan dalam promosi digital, billboard iklan, hingga landing page design.

Anda bisa melihat bahwa elemen branding tersebut diletakkan pada bagian yang strategis yaitu bagian header yang ada di bawah menu utama.

Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi diskon yang disajikan dalam bentuk slider sederhana.

2. Zalora

Selain Tiket.com, contoh landing page keren berikutnya adalah Zalora. Zalora sebagai salah satu retail fashion online terbesar di Asia tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan memberikan potongan harga.

Zalora memiliki landing page yang bisa digunakan sebagai inspirasi karena menghadirkan berbagai penawaran yang menarik bagi pengunjung website.

Contohnya yaitu penawaran berupa potongan harga yang diberikan di momen-momen tertentu termasuk hari belanja online nasional.

3. ConvertKit

Landing page website ini bisa dijadikan contoh jika Anda menginginkan desain yang keren dan menarik perhatian.

ConvertKit sendiri merupakan layanan pelatihan kreator dalam membangun sebuah bisnis.

Dengan penggunaan warna pastel yang playful akan membuat website terlihat menyenangkan adalah hal yang menonjol dari landing page ini.

Tidak hanya itu, contoh landing page keren satu ini juga menggunakan judul yang mencerminkan tujuan akhir dari target pengguna layanan.

ConvertKit menggunakan sub judul yang mampu mempresentasikan manfaat yang bisa diperoleh pengguna ketika menggunakan layanan dari mereka.

4. Kolase

Kolase merupakan platform crowdfunding khusus musik yang memiliki desain landing page yang layak untuk dijadikan contoh dan inspirasi.

Kolase menawarkan dua fitur utama yang bisa digunakan yaitu campaign dan polling.

Platform ini memasukkan dua fitur tersebut ke dalam landing page miliknya.

Call to Action (CTA) yang berada di halaman tersebut bertuliskan “buat campaign” dan “buat polling” terpasang di bawah headline. Ini terlihat simple, estetik, serta berorientasi pada aksi.

5. Ruang Guru

Platform ini menjadi contoh landing page keren dan tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Sebagai layanan bimbingan belajar untuk siswa dengan biaya yang terjangkau, Ruang Guru bisa menjadi rekomendasi desain landing page yang menginspirasi.

Jika Anda perhatikan, pada landing page Ruang Guru maka akan menemukan form dengan dua kolom pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, di sebelah kiri juga terdapat opsi jenjang kelas, sedangkan di sebelah kanan terdapat durasi bimbingan yang diinginkan oleh siswa dan orang tua siswa.

6. Growth Tools

Website ini merupakan website bisnis yang menyediakan tools dan pelatihan marketing untuk membantu dalam mengembangkan bisnis.

Website ini menjadi contoh landing page keren karena menggunakan judul yang menarik atensi target pelanggan dengan topik umum yang mungkin sering dialami oleh pelanggan.

Tidak hanya itu, Growth Tools juga dilengkapi dengan sub judul di mana tujuan dan keuntungan menggunakan layanan mereka akan tersampaikan dengan jelas dan detail.

Hal yang paling mencolok dari platform ini adalah adanya tombol CTA berwarna hijau yang kontras dengan background biru serta menggunakan kalimat tawaran menarik yang bersifat positif dan persuasif.

7. Drip

Apabila Anda membuka website yang satu ini, maka akan langsung disajikan dengan tampilan landing page yang tidak kalah keren.

Landing page tersebut cenderung menerapkan clean design, lengkap dengan penggunaan gambar, animasi yang ekspresif dan ilustrasi.

Penulisan judul pada website ini fokus pada tujuan penggunaan strategi bisnis tertentu.

Sedangkan pada bagian sub judul, mengajak calon pelanggan untuk menggunakan produk agar mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan fasilitas terbaik dengan cara termudah.

Anda juga akan menemukan tombol CTA yang digunakan untuk merujuk pada penggunaan free trial yang besar kemungkinan membuat calon pengguna tertarik mengakses website lebih jauh.

Sedangkan jika Anda bergeser ke bagian bawah, maka website ini menggunakan besaran angka untuk menunjukkan keterukuran pencapaian layanan mereka selama ini.

8. I Do This

Sekedar informasi, situs ini merupakan situs layanan yang bertujuan untuk membantu melacak progres suatu pekerjaan.

Selain itu juga mampu memahami apa yang sedang dikerjakan tim sehingga pekerjaan tetap sinkron walaupun sedang berjauhan.

Website ini bisa menjadi salah satu contoh landing page keren karena memiliki judul yang secara singkat menyampaikan manfaat penggunaan layanan yang disediakan.

Selain itu pada subjudul juga terdapat penjelasan mengenai layanan mereka sehingga lebih mudah untuk dipahami.

9. HubSpot

Contoh landing page keren dan menginspirasi lainnya adalah HubSpot. Ketika Anda mengakses website ini, Anda akan melihat landing page yang menarik karena mencantumkan gambar yang mempresentasikan produk unggulan yaitu platform CRM dengan tampilan modern dan powerful.

Di landing page itu Anda juga akan menemukan judul yang menonjolkan keunggulan HubSpot dalam tiga kata saja.

Sedangkan untuk bagian sub judul dimanfaatkan untuk mendeskripsikan kembali keunggulan dan manfaat dari produk.

Terdapat tombol CTA juga berukuran cukup besar dan berwarna mencolok yang bisa digunakan pengunjung situs untuk mempelajari lebih lanjut.

10. Contoh Landing Page Jasa Blog

Selain landing page terkenal diatas, saya juga mau pamer landing page jasa pembuatan blog yang sudah saya buat sebelumnya.

Landing page tersebut saya buat se-informatif mungkin agar mudah dipahami setiap pengunjung yang mencari jasa blog.

Walaupun masih banyak kekurangan dari sisi copywriting dan desainnya, saya berharap landing page tersebut mampu membawa anda untuk memesan blog di tempat saya.

Kesimpulan

Semoga informasi mengenai pengertian, tujuan, dan contoh landing page keren dan menginspirasi bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Dengan banyaknya landing page keren di atas, semoga Anda tidak lagi merasa kebingungan untuk menentukan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silakan bisa berdiskusi apabila ingin menyampaikan ide maupun gagasan…

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?