Home / Blogging / Apa itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Apa itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Penulis: Mendy

Bagi kamu yang punya usaha toko online dan ingin menghasilkan lebih banyak rupiah, landing page adalah salah satu solusi jitu yang bisa kamu pakai.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan halaman landing itu?

Jika belum tahu, kamu perlu mengenal terlebih dahulu mengenai LP ini. Tentu lucu jika kamu ingin membuatnya tapi tidak tahu apa itu landing page.

Tak usah berlama-lama, berikut informasi lengkap seputar halaman landing yang bisa kamu baca dan pahami.

Pengertian Landing Page

Apa itu landing page?

Landing page merupakan istilah yang merujuk pada halaman dalam situs web yang ditampilkan saat pengunjung mengakses situs tersebut melalui paid search atau hasil pencarian berbayar.

Oleh sebab itu, landing page memang didesain untuk keperluan pemasaran.

Oh iya… LP juga bisa disebut juga dengan halaman arahan atau halaman penargetan.

Landing page memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

  • LP digunakan sebagai sarana marketing untuk mengajak pengguna melakukan aksi tertentu, seperti mengisi formulir, membeli produk, maupun mempelajari informasi yang ditampilkan pada situs web.
  • Halaman yang termasuk ke dalam LP memiliki fungsi khusus dalam website.
  • Memberikan pengaruh pada pengguna yang membuka situs web untuk fokus pada satu produk saja dan timbul keinginan untuk melakukan transaksi secara langsung di web tersebut.

Istilah landing page sering disalahartikan dengan homepage, padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Adapun karakteristik homepage yang membedakannya dengan landing page yaitu:

  • Umumnya menampilkan halaman utama suatu situs web.
  • Dapat dilihat ketika membuka halaman pertama situs web.
  • Terdapat tampilan tombol navigasi serta URL yang dapat mengarahkan pengunjung ke halaman penting yang ada di dalam website.
  • Berperan layaknya etalase dari situs web yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mempelajari seluruh produk maupun layanan yang disediakan.

Dari beberapa penjelasan di atas, kamu bisa melihat bahwasanya antara landing page dan homepage itu berbeda.

Fungsi dan Manfaat Landing Page

Dibuatnya landing page untuk situs web pasti memiliki fungsi dan tujuan tertentu.

Kaitannya dengan website bisnis, halaman arahan ini sangat berguna untuk menjaring lebih banyak konsumen untuk memakai produk yang ditawarkan.

Fungsi utama LP atau halaman arahan ada dua yang didasarkan pada jenisnya, yaitu:

  • Dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung yang memiliki potensial atau istilahnya leads. Leads inilah yang akan digunakan sebagai sarana bisnis dengan harapan pelanggan akan melakukan pembelian produk di masa yang akan datang.
  • Dipakai untuk mempercepat proses transaksi karena minim distraksi. Hal ini karena di dalam landing page difokuskan untuk keperluan pemasaran, oleh sebab itu tidak ada menu tombol navigasi yang dapat memecah fokus tersebut.

Dengan kata lain, LP atau halaman arahan ini memberikan kemudahan pada pengunjung website untuk mengakses produk dan layanan suatu perusahaan atau brand.

Dari beberapa fungsi di atas, kamu bisa melihat bahwa landing page memiliki manfaat seperti:

1. Memperoleh Data Leads

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, data leads memang umumnya menjadi target utama pemilik website sebagai langkah untuk memasarkan produknya.

Tak heran jika di dalam landing page umumnya akan meminta pengunjung untuk mengisi data seperti nama, email, jenis kelamin, dan sebagainya.

Data tersebut kemudian akan dianalisis lebih lanjut apakah memiliki potensi untuk melakukan pembelian di masa depan atau tidak.

Melalui alamat email yang dimasukkan dalam halaman arahan (LP) juga bisa menjadi sarana untuk menyebarkan informasi terkait produk terbaru atau promosi lainnya agar konsumen tertarik untuk berkunjung kembali ke website.

2. Sarana Promosi

Landing page dalam dunia bisnis bermanfaat sebagai sarana promosi yang ampuh untuk mengenalkan produk ke konsumen.

Hal ini karena dalam halaman penargetan tersebut kamu bisa menyertakan informasi mengenai promosi yang sedang dijalankan secara singkat dengan tulisan berukuran besar.

Jika kamu punya beberapa promosi, cukup tonjolkan salah satu promosi tersebut dalam landing page.

Jangan ragu untuk memberikan kesempatan pengguna untuk mencoba produk atau layanan jasa kamu agar mereka juga bisa lebih yakin dan mendapatkan pengalaman mengenai kualitas jasa tersebut.

3. Menaikkan Conversion Rate

Tujuan utama adanya landing page adalah memperoleh pelanggan yang mau membeli produk atau berlangganan dengan konten yang kamu sediakan.

Manfaat halaman arahan atau penargetan salah satunya adalah meningkatkan conversion rate berkat adanya tindakan lain selain berkunjung ke situs web.

Tindakan tersebut bisa berupa langganan newsletter maupun hanya sekadar membuat akun di situs web tersebut.

Conversion rate ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mendorong pengunjung agar bisa masuk ke marketing funnel lanjutan jika conversion rate tersebut tinggi.

Jenis-Jenis Landing Page

Setelah memahami arti landing page dan manfaatnya, berikutnya kamu harus mengenal apa saja jenis landing page yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti bisnis.

Secara garis besar halaman penargetan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu lead generation landing / lead gen / lead capture pages dan click through landing pages.

Penjelasan singkatnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Lead Generation Landing

Lead generation landing merupakan jenis landing page yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan data pengunjung yang menjadi calon pelanggan nantinya.

Adapun data yang dikumpulkan berupa nama dan alamat email.

Data yang masuk akan disimpan dan digunakan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan.

Mengapa alamat email?

Jawabannya karena pemilik bisnis akan mengirimkan informasi berupa berita, promo dan diskon, artikel blog, ebook, dan konten menarik lainnya.

Model pemasaran B2B sering menggunakan cara ini sebagai model yang tepat.

Bisnis-bisnis dengan harga produk maupun layanan yang mahal sering memakai jenis landing page yang satu ini.

Banyak brand dan perusahaan terkenal yang memakai jenis halaman penargetan yang satu ini.

2. Click Through Landing Pages

Untuk bisnis yang memakai metode pemasaran B2C, click through landing pages bisa dipakai. Selain itu, pelaku bisnis e-commerce juga kerap menggunakan click through landing pages untuk mempromosikan produk.

Ciri utama click through landing pages adalah adanya tombol sederhana yang dimuat dalam satu halaman seperti tombol “Shop Now”, “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, dan sejenisnya.

Tombol-tombol tersebut berfungsi untuk mendorong pengunjung agar melakukan pembelian secara langsung di landing page.

Selain itu, adanya tombol tersebut dan keterbatasan tombol navigasi akan membuat pengunjung lebih fokus ke tombol tersebut alih-alih melompat ke halaman yang lainnya.

Halaman arahan jenis ini banyak ditemukan pada website e-commerce.

Contoh Landing Page Populer

Untuk kamu yang ingin memakai halaman penargetan mungkin agak sedikit kesulitan jika tidak melihat contoh secara nyata.

Beberapa situs web populer di bawah ini mendulang sukses salah satunya karena mampu merawat hubungan dengan klien melalui landing page-nya.

Berikut contoh landing page keren dari website populer yang mungkin kamu kenal atau bahkan pernah kamu kunjungi.

Neil Patel

Terkenalnya nama Neil Patel yang mendulang kesuksesan sebagai marketer tak lepas dari peran website yang dikelolanya.

Di dalam website Neil Patel ini terdapat halaman penargetan yang memungkinkan pengunjung untuk mengisi alamat email untuk menjaga hubungan.

Adapun konten yang terdapat di dalam website Neil Patel ini adalah aneka macam tool yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran.

Melalui website ini kamu juga bisa mencoba tool yang dipakai untuk mengoptimasi performa situs web bisnis milikmu.

Untuk jenis landing page yang dipakai dalam web tersebut adalah lead generation lading page.

Jenis halaman arahan tersebut sukses menjaring banyak pengguna melalui informasi terbaru dan promosi melalui pesan email.

Mailchimp

Masih di bidang pemasaran, Mailchimp menyediakan platform digital dalam pembuatan konten berbau pemasaran produk.

Di dalam website tersebut terdapat analytics yang bisa digunakan untuk melihat apakah konten kamu direspons dengan baik atau tidak.

Dengan adanya respons baik dari analytics, nantinya kamu bisa menjalankan strategi pemasaran apa yang cocok digunakan secara efektif dan optimal.

Sisi unik dari web ini juga ada pada landing page-nya yang punya desain unik.

Di dalam landing page web Mailchimp terdapat headline dengan huruf berukuran besar dan sub-headline kecil dengan latas kuning yang khas.

Dengan adanya kekhasan warna tersebut, Mailchimp akan lebih mudah diingat oleh pengguna.

Uniqlo

Siapa yang tak kenal dengan brand pakaian yang satu ini karena memang sudah mendunia, terutama di Asia.

Brand pakaian yang berasal dari Negeri Samurai ini menyediakan model pakaian yang sederhana, bersih, versatile, serta cocok untuk laki-laki maupun perempuan.

Kepopuleran Uniqlo hingga membuatnya merambah ke berbagai negara juga tak lepas dari peran halaman penargetan yang dimiliki oleh website-nya.

Sama seperti konsep pakaian yang dijualnya, Uniqlo juga konsisten dengan desain halaman penargetan yang simpel berlatar putih.

Terdapat logo di bagian atas landing page dan kalimat ajakan kepada pengunjung web untuk mengisi email di kolom yang tersedia.

Setelah mengirimkan email, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan secara berkala mengenai produk-produk terbaru maupun promosi yang tersedia.

Airbnb

Dari bidang properti ada Airbnb yang sukses dengan persewaan propertinya.

Meskipun masih berupa startup, nyatanya Airbnb mampu menjalin hubungan dengan banyak pelanggan melalui konsistensinya dalam membangun landing page.

Sampai sekarang bahkan Airbnb sudah melebarkan sayapnya ke bidang pariwisata dengan menyediakan paket wisata yang beraneka ragam.

Beberapa di antaranya adalah tur, kuliner, konser, kelas memasak, touring, dan masih banyak yang lainnya.

Di dalam landing page-nya, Airbnb memiliki desain yang cukup simpel di bagian kanan halaman web.

Halaman arahan tersebut bisa dipakai pengguna untuk mengecek berapa kira-kira yang yang bisa diperoleh dengan menyewakan properti menggunakan bantuan Airbnb.

Hubspot

Terkait dengan produksi software, Hubspot memposisikan namanya di pasaran dengan sangat baik. Perusahaan ini menyediakan software yang berkaitan dengan inbound marketing dan sales.

Selain produknya, Hubspot juga dikenal luas berkat konten dan insight yang dapat diakses cuma-cuma.

Para pebisnis pemula bisa belajar di situs web Hubspot dengan berbagai macam artikel, analisis, serta tips seputar bisnisnya yang sangat bermanfaat.

Hubspot juga menyediakan landing page untuk kesempatan coba gratis Hubspot.

Dengan adanya metode semacam itu, Hubspot mampu mengundang banyak pengguna potensial untuk sekadar mengakses Hubspot bahkan berlangganan.

Kesimpulan dan Penutup

Landing page adalah bagian terpenting dalam suatu web bisnis yang bisa memberikan dampak baik bagi perkembangan website tersebut. Untuk itu, pastikan untuk membuat konsep landing page semenarik mungkin.

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com