Home / Bisnis Online / 5 Website Jual Foto Online Terbaik, Uang Mudah Cair

5 Website Jual Foto Online Terbaik, Uang Mudah Cair

Penulis: Mendy Mendy

Diperbaharui:

Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan melalui internet, dan salah satunya adalah dengan jual foto secara online di beberapa website tertentu. Sebelum menjual gambar dan foto yang bagus di internet, pastikan Anda sudah mengetahui nama website-nya.

Sebab, setiap website jual beli foto ini memiliki keunggulan masing-masing yang harus diketahui oleh para penggunanya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis website yang dapat digunakan untuk menjual gambar dan foto beserta keunggulannya masing-masing.

5 Website Jual Foto Online beserta Keunggulannya Masing-Masing

Dengan kualitas kamera HP yang semakin bagus seperti sekarang ini, membuat orang-orang lebih mudah untuk menghasilkan foto yang bagus hanya dengan menggunakan kamera HP tersebut. Nantinya, hasil foto ini tidak hanya bisa disimpan di dalam perangkat, tapi juga bisa dijual di internet.

Tentu keuntungan yang dapat diperoleh dari aktivitas jual beli ini patut untuk dipertimbangkan, karena hanya dengan menjual gambar dan foto yang bagus, seseorang sudah bisa meraih untung yang cukup besar. Lantas, apa saja website yang bisa dipakai untuk jual beli foto online?

1. 500px

500px
Sumber: 500px.com

Salah satu kelebihan dari aplikasi jual foto ini adalah terdapat 2 jenis akun, yaitu akun gratis dan akun berlangganan. Bagi para pengguna yang memiliki akun gratis, mereka dapat mengunggah 7 foto terbaik mereka dalam waktu satu minggu. Hal ini berbeda dengan aturan penjualan foto akun berbayar.

Namun, hanya dengan mengunggah 7 foto dalam satu minggu itu saja pengguna sudah bisa meraih keuntungan yang cukup besar. Sebab, situs ini memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk menetapkan harga yang tinggi dan cara menjualnya pun tergolong mudah, yaitu:

  • Masuk ke halaman situs 500px dan daftar akun dengan menggunakan alamat email yang masih aktif serta kata sandi yang sulit ditebak orang lain.
  • Isi semua data diri yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran akun tersebut, lalu tambahkan juga link portofolio untuk menambahkan kesan yang lebih profesional.
  • Setelah akun berhasil terdaftar, login dengan menggunakan email dan kata sandi tersebut.
  • Kemudian, klik tombol “Upload” dan “Add Photo” untuk memilih foto mana yang akan dijual melalui situs ini.
  • Tambahkan judul, deskripsi, dan informasi lengkap terkait foto tersebut, lalu pilih kategori foto yang paling sesuai.
  • Pada bagian lisensi foto, geser tombol ke arah kanan dan klik tombol “Submit” jika sudah selesai.

2. EyeEm

EyeEm
Sumber: EyeEm.com

Namanya mungkin belum terlalu dikenal oleh anak-anak muda Indonesia, tapi hal ini tidak membuat aplikasi EyeEm patut diabaikan begitu saja. Sebab, aplikasi jual hasil foto di internet ini menawarkan pendapatan yang cukup tinggi hingga sebesar 10 dolar per foto.

Namun, tentu harga dari sebuah foto harus disesuaikan dengan kualitas dari foto tersebut. Semakin bagus kualitas dari foto yang akan dijual, maka semakin tinggi harga yang dapat ditetapkan. Ingin jual hasil foto yang bagus melalui aplikasi ini? Ikuti beberapa cara di bawah ini:

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu foto yang akan dijual dan unduh aplikasinya melalui Google Play Store.
  • Kemudian, daftar akun dengan menggunakan alamat email yang masih aktif serta kata sandi yang unik.
  • Setelah masuk ke halaman utama aplikasi EyeEm, klik tombol yang berbentuk “Kamera” dan pilih salah satu foto yang ingin dijual.
  • Masukkan judul yang sesuai dengan foto dan gunakan bahasa Inggris yang benar, karena aplikasi ini berbasis bahasa Inggris.
  • Jika foto yang diunggah mengandung unsur manusia dan benda yang memiliki hak cipta, maka masukkan “Model/Property Release”.
  • Tentukan harga foto sesuai dengan aturan yang berlaku pada aplikasi ini.
  • Tautkan akun PayPal ke akun EyeEm untuk menarik penghasilan yang berhasil didapatkan dari aplikasi ini.

3. Foap

Foap
Sumber: mediashift.org

Sama halnya seperti platform sebelumnya, Foap juga termasuk aplikasi jual gambar ilustrasi dengan hak cipta milik sendiri yang patut dicoba. Sebab, orang-orang yang berhasil menjual hasil fotonya melalui aplikasi ini dapat memperoleh penghasilan hingga jutaan rupiah.

Namun, jumlah foto yang berhasil dibeli oleh pengguna lain sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang dapat diperoleh. Tak jauh berbeda dengan cara jual foto di internet melalui aplikasi dan situs sebelumnya, cara jualan foto melalui aplikasi ini juga cenderung mudah, yaitu:

  • Pertama-tama, unduh terlebih dahulu aplikasi Foap yang tersedia di Google Play Store dan App Store.
  • Kemudian, daftar akun menggunakan alamat email yang masih aktif dan lakukan tahapan verifikasi email dengan mengikuti instruksi yang muncul di layar perangkat.
  • Hubungkan akun PayPal dengan masuk ke menu “Settings” dan pilih opsi “Cash Out Settings”.
  • Lengkapi profil Anda dengan selengkap mungkin melalui menu “ME”.
  • Klik tombol “Manage Photos” untuk mengunggah foto yang ingin dijual ke khalayak publik.

4. Alamy

Alamy
Sumber: Wikipedia.com

Tak perlu meragukan sistem keamanan dan royalti yang diterapkan pada situs ini, karena Alamy telah menjadi pilihan bagi banyak fotografer dari seluruh dunia. Pembagian royalti yang ditetapkan oleh situs ini mencapai 40-50% per foto yang berhasil terjual.

Kelebihan dari situs jual foto berbayar ini tidak hanya bisa dilihat dari pembagian royaltinya saja, tapi situs ini juga mampu menganalisis kebutuhan konsumen serta tren gambar dengan sangat akurat. Lalu, bagaimana cara menggunakan situs Alamy?

  • Buka aplikasi browser yang terpasang di perangkat, lalu masukkan kata kunci “Alamy” pada mesin pencarian.
  • Setelah masuk ke halaman utama situsnya, daftarkan akun Anda dengan memasukkan alamat email serta mengisi semua data yang dibutuhkan seperti nama lengkap dan nomor telepon.
  • Beri tanda centang pada bagian “Terms and Conditions”, lalu klik tombol “Become a Contributor”.
  • Di halaman selanjutnya, klik tombol “Get Started” dan unggah foto yang akan dijual serta lengkapi detail foto dengan sebaik mungkin.
  • Klik tombol “Submit” dan tunggu email dari pihak Alamy yang menyebutkan bahwa foto sudah lolos quality control.

    5. Shutterstock

    Shutterstock
    Sumber: Shutterstock.com

    Jika membahas tentang situs jualan foto online terbaik, tentu kita tidak boleh melewatkan situs yang satu ini. Ya, Shutterstock sudah dikenal oleh banyak orang sebagai platform jualan foto yang menawarkan pembagian royalti cukup besar, yaitu sekitar 15-40%.

    Tidak hanya itu, situs ini juga menyediakan fasilitas tips dan support yang bisa digunakan oleh setiap penggunanya. Berikut adalah cara jual foto di Shutterstock yang tergolong mudah:

    • Kunjungi situs Shutterstock dan klik tombol “Sign Up” untuk mendaftarkan akun.
    • Isi data diri secara lengkap, lalu beri tanda centang pada bagian “Terms and Conditions” dan klik tombol “Next”.
    • Setelah login menggunakan akun tersebut, masuk ke menu “Upload Content” dan pilih foto yang ingin dijual di Shutterstock.
    • Lengkapi foto dengan judul, deskripsi, dan kategori yang sesuai.
    • Tunggu sampai pihak Shutterstock selesai meninjau foto yang telah diunggah tersebut, lalu atur metode pembayaran melalui “Account Setting” dan “Payout Information”.
    • Selesai.

    Berbagai aplikasi yang ada di sini bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk jual foto yang tersimpan di dalam perangkatnya, agar mendapat penghasilan tambahan dengan cara yang mudah. Semakin banyak foto yang berhasil terjual, maka semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

    Baca Juga: 7 Website Foto Gratis Penyedia Gambar Bebas Lisensi

    Related Posts

    Etika Berkomentar di blog ini.

    Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

    • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
    • URL homepage (halaman utama)
    • Tidak menyisipkan link dalam komentar
    • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

    Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

    Terima kasih kawan!

    Beneran nih nggak mau komen?

    Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

    Media Partners

    RuangSiber.com