Ingin tahu cara promosi di Instagram? Yuk simak penjelasan lebih lanjut pada artikel dibawah ini… intro dulu ya…
Saat ini sosial media menjadi salah satu marketing channel yang menjanjikan. Anda bisa memulai mempromosikan produk dengan menggunakan sosial media, salah satunya dengan Instagram.
Instagram sudah terbukti sangat efektif untuk membuat brand kecil semakin besar dan meningkatkan penjualan. Instagram juga memiliki beberapa jenis konten visual yang lebih menarik minat para pembeli.
Sehingga dapat meningkatkan engagement dibandingkan dengan sosial media lainnya. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara promosi di Instagram.
Fakta Instagram
Berdasarkan data dari Statistika yang diterbitkan oleh Oberlo pada bulan Juni 2018. Instagram saat ini sudah memiliki pengguna aktif 1 milyar lebih, tentunya jumlahnya bisa meningkat lagi setiap tahunnya.
Bahkan, sampai saat ini Instagram menjadi salah satu akun sosial media yang populer di seluruh dunia. Di Amerika Serikat tahun 2020 ini, sekitar 75,3% bisnis sudah menggunakan Instagram dengan 200 juta lebih pengguna yang mengunjungi Instagram bisnis setiap hari.
Rata-rata pengguna Instagram dalam sehari sampai saat ini mencapai 28 menit. Oleh karena itu, dengan Instagram Anda bisa memulai melakukan promosi untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis.
Bagaimana Cara Promosi di Instagram?
Semua bisnis bisa menggunakan Instagram, tanpa ada batasan. Namun, agar Anda tidak salah dalam melakukan promosi Instagram…
…berikut ini sudah ada 12 cara promosi di Instagram yang bisa langsung dicoba.
1. Memaksimalkan Bio Instagram
Dalam menumbuhkan trust dari pengguna Instagram, pastikan Anda sudah mengisi BIO akun secara lengkap dan jelas.
Ada berbagai macam teknik untuk memaksimalkan BIO Instagram agar terlihat lebih terpercaya, yaitu :
- Anda bisa menggunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari dan diingat
- Menambahkan kata kunci
- Menggunakan profile picture terbaik dan memberikan deskripsi singkat.
- Menggunakan emoji agar lebih menarik dan memberikan kalimat Call to Action.
- Menambahkan link website dan menentukan tema feed Instagram.
2. Memaksimalkan Feed Instagram
Feed Instagram ini bisa menjadi salah satu ciri khas dari akun Instagram bisnis Anda. Sehingga para follower bisa melihat dan tertarik melakukan follow.
Pertama, Anda bisa memberikan waktu untuk melakukan interaksi dengan follower dan share konten-konten edukasi yang bermanfaat kepada follower.
Hal ini bertujuan agar follower tidak merasa “dijuali” secara terus-menerus.
3. Posting Secara Konsisten
Manfaat jika melakukan postingan Instagram secara konsisten adalah agar mudah dilihat oleh follower, sehingga akan terjadi interaksi antar keduanya.
Adanya interaksi ini diharapkan akan mengalami konversi penjualan langsung dari follower.
Selain itu, Anda bisa sering mengupload konten untuk dijadikan sebagai branding bisnis yang semakin dikenal oleh banyak orang.
Catat juga waktu terbaik untuk melakukan post konten agar engagement semakin tinggi.
4. Gunakan Hashtag
Hashtag Instagram juga memiliki berbagai fungsi, salah satunya untuk memudahkan seseorang dalam mencari suatu hal. Hanya dengan menggunakan hastag, post lebih mudah ditemukan oleh para pengguna lain.
Namun, perlu Anda catat bahwa hastag yang digunakan jangan sampai spam terlalu banyak. Pastikan juga bahwa hastag yang Anda gunakan relevan dengan konten yang sedang dipublish.
5. Bangun Relasi dengan Akun Lain
Anda bisa mulai membangun relasi dengan melakukan follow pada akun Instagram bisnis yang lain. Lalu tambahkan komentar pada setiap postnya.
Namun, perlu diingat Anda tidak boleh spam atau komentar jualan secara langsung, lakukan teknik soft selling. Pastikan Anda juga memfollow akun-akun influencer sejenis yang sama dengan bisnis Anda.
Hal ini dilakukan agar nantinya akun mendapatkan rekomendasi follower dari Instagram tersebut. Anda juga bisa melakukan follow pada pengikut kompetitor dari produk bisnis Anda.
Tentunya Anda harus memastikan terlebih dahulu feed dan BIO Instagram agar lebih menarik.
6. Sertakan Link Product
Instagram memang tidak bisa menyertakan link pada caption dan komentarnya.
Namun ada solusinya, yakni dengan menggunakan short link agar mudah diingat oleh follower.
Shortlink ini berguna untuk memperpendek tautan sehingga lebih mudah diingat.
7. Link Website
Cara promosikan instagram yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memasang link produk pada BIO akun Instagram.
Jadi bila ada yang bertanya tentang produk Anda akan langsung diarahkan untuk membuka link BIO.
8. Berikan Diskon Bersyarat
Jika Anda ingin memperoleh diskon spesial, seringlah bertemu dengan para pemilik produk dan menggunakan strategi ini. Anda juga bisa dengan memencet love, share dan tag temannya pada kolom komentar.
Jangan lupa calon konsumen Anda harus diarahkan untuk melakukan follow sosial media yang dimiliki.
Cara mempromosikan produk di instagram ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan follower dan engagement yang ada pada akun Instagram.
9. Share Testimoni Pelanggan
Testimoni merupakan salah satu bukti yang paling bagus untuk membangun trust konsumen kepada Anda.
Agar tidak merusak feed Instagram Anda bisa mengupload testimoni sebagai IG story. Lalu masukanlah highlights Instagram sesuai dengan kriteria. Meskipun terlihat sepele ini memiliki efek yang besar.
10. Share Sosial Media
Anda bisa menggunakan sosial media atau website untuk memaksimalkan promosi di IG dengan mengeshare akun Instagram yang Anda miliki.
Tujuannya agar bisa mengarahkan orang-orang untuk memfollow akun Instagram bisnis yang dikelola.
11. Endorsement
Endorsement merupakan salah satu cara mempromosikan produk di IG dengan memberikan produk kepada para influencer untuk dipromosikan.
Barang yang nantinya Anda berikan kepada influencer bisa dijadikan sebagai pengganti uang cash. Pada umumnya, influencer bisa memilih target market yang sesuai dengan produk tersebut.
Sistemnya terbilang sederhana, pemilik produk bisa mengirim influencernya dengan cara promosi melalui post atau IG story.
Jadi influencer, harus bisa mengisi feed Instagramnya agar lebih beragam dan menarik.
Pelajari lebih lengkap tentang apa itu endorse.
12. Paid Promote
Berbeda dengan endorsement, paid promote sistemnya menggunakan pembayaran uang secara cash.
Jadi setiap influencer biasanya sudah memiliki rate card untuk sekali post atau secara paket. Besarnya harga paid Promote tergantung dari jumlah follower dan engagement akun.
13. Instagram Ads
Terakhir, Anda bisa menggunakan Instagram Ads untuk menjaring pembeli. Bagi Anda yang ingin tahu informasi lebih lengkapnya tentang cara promosi akun IG, bisa melihatnya di tutorial facebook ads melalui YouTube atau Website.
Penutup
Menguasai cara promosi produk di IG bisa menjadi salah satu hal wajib untuk pemilik bisnis yang berencana memaksimalkan penjualan dan branding melalui sosial media.
Sebagai pemilik bisnis, Anda tentunya harus memiliki website yang digunakan untuk menambah trust konsumen terhadap produk yang Anda jual.
Selain itu, dengan menggunakan website Anda bisa lebih leluasa dalam membuat toko online dan mendapatkan fitur yang lebih maksimal, sehingga Instagram menjadi traffic source website.
Instagram memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Jadi maksimalkan dengan sebaik-baiknya demi suksesnya bisnis yang sedang Anda rintis saat ini. Sebenarnya cara promosi di Instagram cukup mudah dilakukan, yang terpenting adalah harus konsisten.
Etika Berkomentar di blog ini.
Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :
Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.
Terima kasih kawan!