Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Solusi Praktis dan Mudah

Laptop yang anda gunakan sering bermasalah atau sering terjadi hang? Itu wajar sih menurut saya. Karena produk yang diciptakan manusia masih jauh dari sempurna, dan ada saja permasalahannya. Berangkat dari itu semua, maka saya berinisiatif untuk menuliskan tutorial cara mengatasi laptop hang dengan mudah, dan tentunya dengan cara praktis yang bisa anda lakukan sendiri.

Laptop sebagai inovasi komputer canggih yang bisa dibawa kemana-mana. Teknologinya akan terus berkembang, memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.

Tidak hanya laptop jadul yang mudah mengalami permasalahan tersebut, laptop baru pun terkadang juga mengalami hang maupun crash. Namanya juga barang elektronik ciptaan manusia, jadi wajar…

Selanjutnya akan saya sampaikan beberapa solusinya.

Faktor Penyebab Laptop Hang

Sebelum memasuki pembahasan inti untuk solusi laptop yang bermasalah, tentunya ada penyebab mengapa masalah itu terjadi. Hal ini akan selalu beriringan karena ada hukum sebab-akibat.

Ada beberapa penyebab laptop mengalami masalah, diantaranya saya rangkum dibawah ini :

1. Aplikasi Berat

Usahakan anda meng-install aplikasi sesuai kebutuhan saja. Pilih aplikasi yang ringan dan tidak memberatkan sesuai spesifikasi laptop atau komputer. Penggunaan aplikasi yang tepat dapat memperlancar pekerjaan anda.

2. Terlalu Banyak Membuka Task

Pernahkah anda membuka banyak aplikasi di laptop dalam waktu yang bersamaan? Membuka banyak task secara bersamaan sebaiknya dihindari agar laptop anda bekerja dengan performa terbaik.

Silahkan pelajari juga cara mempercepat kinerja laptop.

3. RAM Terlalu Kecil

Memori RAM bawaan laptop biasanya kecil, tapi itu tergantung pilihan spesifikasi saat pembelian juga sih. RAM terlalu kecil dapat menghambat kinerja laptop, biasanya jadi lemot.

Selain itu juga ada faktor lain yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Jika anda mau membeli laptop atau komputer, saya sarankan anda memilih RAM yang besar.

4. Memori Penyimpanan Penuh

Ini yang biasanya tidak disadari oleh pemilik laptop atau komputer. Sering kali kita menyimpan file-file sampah yang tidak bermanfaat.

Sebaiknya kita bijak dalam menyimpan file-file pekerjaan agar memori tidak cepat penuh. Hapus file yang tidak digunakan yang berada dalam harddisk laptop anda.

5. Harddisk Bermasalah

Laptop hang biasanya juga terjadi karena media penyimpanan harddisk bermasalah, terjadi error karena usia sudah tua maupun cacat bawaan pabrik.

Pada harddisk biasanya terjadi juga permasalahan yang namanya bad sector. Segera perbaiki hal tersebut menggunakan aplikasi yang banyak bertebaran di internet.

6. Terkena Virus

Hal yang paling ditakutkan oleh pemilik laptop adalah adanya virus yang menyerang sistem komputer. Virus biasanya juga dapat membuat performa laptop menjadi terganggu, menjadi lemot, bahkan tidak bisa diapa-apakan sama sekali.

Pasang anti virus pada laptop anda agar bisa mendeteksi virus berbahaya. Setidaknya anda sudah bisa mengenali virusnya dan mulai menanggulangi untuk menghapus virus tersebut.

7. Overhead

Overhead terjadi karena penggunaan perangkat komputer secara berlebihan, bisa juga karena memang sudah saatnya di servis.

Sebaiknya anda menggunakan laptop sewajarnya sesuai dengan peruntukannya sebuah laptop dibuat. Maksudnya jika laptop anda spek kantoran, maka jangan dipakai untuk nge-game, apalagi game-game yang berat. Begitu juga sebaliknya…

8. Pemakaian Berlebihan

Ada loh orang yang menggunakan laptop secara berlebihan… ia membuka aplikasi-aplikasi yang berat secara bersamaan. Laptop dipaksa untuk bekerja berat yang tidak sesuai spesifikasinya.

Kalau seperti itu processor akan bekerja berat dan cepat panas. Hal ini bisa menyebabkan laptop hang.

9. File Corrupt

Pernah menemui ini? Anda membuka aplikasi lalu kemudian muncul popup file corrupt? Bisa jadi ini karena memang aplikasi yang anda gunakan sudah rusak, kadang ini membuat laptop menjadi hang.

10. Aplikasi Crash

Laptop hang bisa juga karena aplikasi crash. Anda membuka aplikasi 1 dan kemudian membuka aplikasi 2 disaat yang bersamaan. Disitu aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri atau muncul popup dengan notifikasi bahwa aplikasi tersebut crash.

Entah kenapa begitu, mungkin karena memang aplikasinya tidak bisa dijalankan secara bersamaan. Mungkin juga karena spesifikasi perangkat komputernya yang tidak mendukung.

Permasalahan Windows yang Sering Terjadi

Saya yakin diantara kalian pasti sebagian besar sudah pernah menemui permasalahan di laptop Windows bukan? Itu wajar saja terjadi…

Hingga saat ini ada banyak sekali permasalahan yang terjadi pada perangkat laptop atau komputer. Tentunya kalau ditulis disini akan terasa sangat panjang.

Dibawah ini kami rangkum permasalahan yang sering terjadi :

  1. Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan
  2. Kursor Tidak Bergerak
  3. Hang Saat Startup (Booting)
  4. Laptop Hang Saat Internetan
  5. Laptop Hang Saat Nonton Film
  6. Aplikasi Not Responding

Diantara permasalahan tersebut tentunya membutuhkan solusi untuk memperbaikinya.

Silahkan lanjut ke bawah ya…

Solusi Laptop Hang Windows 7, 8, 10

Laptop hang sering terjadi pada laptop dengan sistem operasi Windows 7, WIndows 8, Windows 10.

Disini saya akan menjabarkan beberapa solusi untuk permasalahan yang sering terjadi pada laptop dengan sistem operasi Windows tersebut.

1. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Saat anda menyalakan laptop tentunya akan berharap laptop terbuka seperti biasanya tanpa masalah. Namun begitu, ada juga beberapa kasus terjadi laptop hang saat baru dinyalakan.

Solusi :

Ada kemungkinan hilangnya file di sistem pada sistem operasi Windows di laptop anda, atau karena terjadi corrupt. Saat laptop hang, tunggu beberapa saat sampai laptop kembali normal. Kemudian lakukan scanning pada registry menggunakan aplikasi seperti CCleaner dan memperbaikinya.

Apakah laptop masih hang dalam waktu yang lama? Segera matikan laptop dengan memencet tombol power secara paksa. Ada indikasi kemungkinan terjadi masalah pada memory RAM.

Cek apakah RAM kotor atau tidak? Jika kotor segera bersihkan fisik RAM, terutama pada bagian kuningan tembaganya menggunakan pembersih berupa karet penghapus atau kain.

Solusi terakhir bila belum juga terselesaikan masalahnya. Periksa apakah motherboard laptop anda kotor? Segera bersihkan menggunakan kuas pembersih.

Cek bila ada yang rusak, tentunya anda harus punya keahlian dalam hal ini. Jika tidak, maka lebih baik dibawa ke tempat servis laptop terdekat. Daripada membeli motherboard baru akan lebih mahal, lebih baik cek dulu ke tukang servis.

2. Cara Mengatasi Laptop Hang Kursor Tidak Bergerak

Pernah mengalami permasalahan kursor yang tiba-tiba tidak bisa digerakkan? Ada beberapa faktor sih, ada kasus yang terjadi karena terlalu banyak membuka aplikasi, ada karena driver app kursornya tidak jalan, ada juga yang trackpad atau mouse-nya yang rusak.

Solusi :

Analisa pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek aplikasi yang anda buka untuk melakukan pekerjaan. Apakah membuka banyak aplikasi? Jika ya, lakukan penutupan paksa aplikasi menggunakan tombol shortcut pada keyboard : Alt + F4.

Solusi berikutnya jika langkah diatas masih belum bisa memberikan solusi, maka silahkan cek kursor dengan menancapkan mouse eksternal. Pastikan mouse nyala dan coba digerak-gerakan.

Dan yang terakhir jika masih belum bisa juga, maka lakukan reboot laptop anda. Yaitu dengan cara mematikan dan menghidupkan ulang laptop hingga nyala kembali.

Jika dengan mouse sudah bisa dan trackpad tidak bisa, maka ada kemungkinan trackpad rusak dan butuh dibawa ke tempat servis laptop.

3. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Startup (Booting)

Pernah mengalami hang saat laptop baru mulai nyala? Saya pernah, dan saat itu kaget juga karena belum tahu cara untuk menanganinya. Kalau anda juga mengalami harap tenang ya… lakukan solusi dibawah ini…

Solusi :

Matikan laptop secara paksa melalui tombol power, kemudian hidupkan kembali, dan sesaat sebelum laptop hidup lakukan penekanan pada tombol shortcut secara terus menerus untuk masuk ke BIOS.

Setiap merek laptop biasanya berbeda tombol shortcut-nya untuk masuk BIOS, ada yang pakai F2, F10, dan lainnya. Tombol shortcut akan dibahas nanti di artikel terpisah ya…

Kemudian bila anda sudah bisa masuk BIOS, cari Advanced BIOS Features. Disini anda bisa mencari semua hal yang terkait dengan BIOS cache. Jika sudah ketemu, silahkan non-aktifkan pilihan tersebut, dan simpan sesuai petunjuk.

4. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Nonton Film

Hahaha… hobi kalian yang sering nonton film pasti sering mengalami hang ya? Ada banyak faktor sih kenapa bisa seperti itu, terutama untuk film-film yang file-nya besar. Dan sepertinya kebanyakan dari permasalahan memorinya sih, entah itu RAM atau Graphic Card-nya.

Solusi :

Pastikan laptop anda memiliki cukup RAM ya… silahkan upgrade RAM jika memori tersebut masih 2GB. Tambah RAM jadi 8GB atau lebih besar lagi sesuai spesifikasi laptopnya.

Graphic card juga sangat berpengaruh… laptop yang memiliki graphic card yang mumpuni tentu akan sangat enteng untuk nonton film beresolusi tinggi. Graphic card ini di laptop tidak bisa upgrade, kartu grafis tersebut bisa ditentukan saat anda membeli laptop.

Jadi jika mau menonton film pastikan dengan resolusi yang sesuai dengan spesifikasi kartu grafis (graphic card) dari laptop yang anda miliki.

5. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan

Berselancar di dunia maya atau internetan tentu sangat mengasikan. Namun bagaimana jika tiba-tiba anda mengalami laptop hang saat berinternet ria? Ada beberapa penyebab yang bisa anda tangani sendiri kok, tenang…

Bisa jadi saat anda internetan, jaringan terputus lalu terhubung kembali dan menyebabkan laptop hang sejenak. Ini tidak masalah… Yang bermasalah jika anda asik berinternet menggunakan web browser dan kemudian aplikasi browser-nya hang atau not responding.

Solusi :

Diamkan beberapa saat tanpa menyentuh apapun, baik keyboard maupun mouse sampai notifikasi not responding hilang.

Ditunggu lama ternyata tidak ada perubahan? Dengan terpaksa silahkan close saja aplikasi browser-nya. Bisa langsung close dari ikon X pojok kanan aplikasi, atau bisa dengan shortcut : Alt + F4.

Selanjutnya lakukan update web browser yang anda gunakan secara berkala agar mendapat pembaharuan, terutama pembaharuan keamanan dan pembaharuan apabila ada bug di aplikasinya.

6. Cara Mengatasi Laptop Hang Aplikasi Not Responding

Lagi asik-asik bekerja menggunakan laptop, eh tiba-tiba not responding. Kadang bikin sebel juga sih, apalagi jika pekerjaan tersebut lupa untuk disimpan. Bikin pusing…

Solusi :

Selalu save atau simpan pekerjaan anda sesering mungkin agar aman saat terjadi gangguan seperti aplikasi not responding.

Tutup aplikasi not responding tersebut dengan cara menekan tombol pada keyboard : Ctrl + Shift + Esc, tekan secara bersamaan. Kemudian silahkan pilih aplikasi yang bermasalah tersebut, dan klik End Task.

Jika cara diatas tidak tidak bisa dilakukan, ada cara lain juga kok… tekan tombol pada keyboard : Ctrl + Alt + Del dan akan muncul jendela baru. Kemudian pilih Task Manager dan tinggal pilih aplikasi yang akan di tutup.

Frequently Asked Questions

Cara mengatasi laptop tidak bisa di apa apain?

Banyak faktor penyebab laptop tidak bisa di apa-apain. Untuk lebih singkatnya silahkan dengan cara langsung me-restart paksa laptop anda menggunakan tombol power.

Bagaimana kalau laptop ngehang?

Laptop hang itu banyak sebabnya, solusinya bisa dengan merestart laptop anda. Silahkan baca di artikel ini karena sudah ada penjelasan.

Apa yang harus dilakukan ketika laptop error?

Tetap tenang… Cari tahu penyebab error-nya kenapa? Apabila tidak bisa menangani sendiri, silahkan dibawa ke tempat servis laptop ya…

Kesimpulan dan Penutup

Laptop yang hang atau bermasalah terkadang memang membuat pekerjaan kita menjadi tertunda. Butuh waktu untuk menganalisa dan memperbaiki kerusakan tersebut.

Cara mengatasi laptop hang diatas hanyalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama. Apabila ternyata kerusakannya ternyata cukup fatal lebih baik langsung dibawa ke tempat servis saja.

Semoga bermanfaat 🙂

Beneran nih nggak mau komen?