Home / Blogging / Pengertian Blog: Sejarah, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Blog: Sejarah, Fungsi, dan Jenisnya Lengkap

Penulis: Mendy

Diperbaharui:

Mengakses informasi kini semakin mudah berkat adanya blog dan website yang bertebaran di internet. Pengertian blog adalah salah satu media online penyedia informasi yang banyak dibaca para pengguna internet di dunia.

Tidak hanya banyak mendatangkan manfaat bagi pembacanya, blog juga mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar blog, ulasan mengenai pengertian blog hingga jenis blog berikut ini bisa kamu simak.

Apa itu Blog?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai segala penjelasan tentang blog, terlebih dahulu kamu harus mengenal pengertian blog dan apa yang dimaksud dengan blog. Hal ini karena banyak orang yang salah mengira antara blog dan website.

Untuk itu, sebagai langkah awal kamu bisa memulai dengan memahami apa yang disebut sebagai blog itu.

Secara singkat pengertian blog bisa diartikan sebagai website atau media online yang berisi konten berupa artikel, foto, maupun video.

Konten-konten tersebut bisa dikelola oleh seorang blogger atau bahkan beberapa orang sekaligus dalam sebuah blog.

Blog ini menampilkan aneka konten dengan berbagai macam topik blog sesuai dengan tema blog tersebut, mulai dari lifestyle, kesehatan, kuliner, keuangan, teknologi, dan sebagainya.

Di Indonesia, kehadiran blog sudah lama dimanfaatkan oleh banyak orang untuk memperoleh pundi-pundi rupiah.

Sebut saja beberapa blogger terkenal seperti Trinity, Ssyachi, Iwan Banaran, Sugeng Riyadi, dan masih banyak blogger lainnya yang telah mendulang kesuksesan dari mengelola blog.

Dalam sebuah blog tersusun atas beberapa komponen, seperti:

  • Header, yaitu bagian kepala suatu blog yang berisi judul, deskripsi, serta menu blog dan terletak di bagian atas.
  • Navbar, yaitu menu blog yang berfungsi untuk membantu pengunjung blog dalam memilih dan menjelajahi konten unggahan di blog tersebut.
  • Main blog, yaitu bagian blog yang merupakan tempat unggahan konten blog kamu berada. Terdapat struktur unggahan yang muncul di bagian ini seperti judul, tanggal, nama penulis, ikon share ke media sosial, isi konten, kolom komentar, dan masih banyak yang lainnya.
  • Sidebar, yaitu komponen blog yang terletak di bagian samping yang biasanya memuat rekomendasi artikel, iklan, widget, dan informasi lainnya.
  • Footer, yakni bagian blog yang terletak di bawah dan biasanya berisi informasi mengenai penulis, kontak, form subscription, serta alamat email.

Sejarah Tentang Blog

Setelah memahami pengertian blog, kamu perlu mengetahui bahwa blog ini dari awal penciptaannya sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan hingga saat ini. Tidak banyak orang yang mengetahui sejarah dan asal-usul blog.

Untuk itu, berikut sejarah blog yang bisa kamu lihat melalui perkembangannya dari waktu ke waktu.

Cikal Bakal Blog

Bagi kamu yang penasaran dengan seluk-beluk blog mungkin juga penasaran blog apa yang pertama kali ada di dunia.

Kemunculan blog pertama kali memang tidak sama dengan blog yang ada seperti sekarang ini.

Pada awalnya blog dibuat hanya sebagai tempat menulis jurnal pribadi secara online.

Munculnya blog ini diprakarsai oleh Justin Hall pada tahun 1994 yang memiliki blog dengan nama links.net.

Pada saat itu laman milik Justin hanya berupa background putih polos tanpa adanya gambar visual.

Diperkenalkannya Weblog

Pada tahun 1997, tepatnya 3 tahun setelah munculnya blog pertama kali, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog.

Seperti yang bisa dilihat pada namanya, weblog yang merupakan gabungan dari web dan log merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut aktivitas internet logging to the web.

Konsep blog yang bisa digunakan untuk membaca unggahan terbaru dan terlama sudah diterapkan pada fase ini.

Lahirnya Nama Blog

Dari hanya sekadar tempat untuk menulis jurnal secara online, akhirnya pada tahun 1999 seorang desainer website memperkenalkan istilah blog dan menjadi tenar sampai sekarang.

Peter tak menyangka hanya dari permainan kata yang disukainya bisa melahirkan istilah yang populer.

Munculnya Platform Blog

Tenarnya nama blog di tahun 1999 tidak hanya membawa dampak besar bagi perkembangan di dunia internet.

Masih di tahun yang sama, lahirlah platform blog seperti Blogger, Live Journal, serta Xanga.

Dikenalnya Blog di Indonesia

Di Indonesia, istilah blog baru dikenalkan pada tahun 2001 oleh Enda Nasution.

Berkat kiprahnya di dunia blog yang begitu besar, ia kemudian dijuluki sebagai Bapak Blogger Indonesia.

Blogger artinya adalah orang yang membuat konten atau pemilik blog.

Selain berperan dalam memperkenalkan blog di Indonesia, Enda juga menjadi orang yang memprakarsai pesta blogger pada tahun 27 Oktober 2007 dengan para blogger Indonesia lain yang akhirnya melahirkan hari Blogger Nasional.

Akuisisi Blogger oleh Google

Sebelumnya kamu mungkin sudah memahami apa yang dimaksud dengan blogger.

Namun, jangan salah paham karena Blogger di sini adalah nama platform untuk membuat blog. Di tahun 2003, Google secara resmi mengakuisisi Blogger.

Berkat akuisisi oleh Google ini Blogger menjadi semakin luas dikenal dan banyak digunakan sebagai platform blog terbaik.

Di tahun yang sama juga lahir platform blog baru bernama WordPress yang sekaligus menjadi kompetitornya.

Keduanya mudah digunakan dan tentunya bisa kamu gunakan secara gratis.

Meskipun begitu, keduanya memiliki kekurangan dan kelemahan masing-masing yang bisa dijadikan pembanding sebelum memilih salah satunya.

Popularitas WordPress

2018 adalah puncak popularitas WordPress sebagai platform blog yang paling banyak digunakan. Di platform ini kamu tak hanya bisa membuat blog namun bisa juga membuat website dan toko online.

Fungsi dan Manfaat Blog

Melihat sekilas perjalanan blog dari dahulu hingga sekarang, tentu menimbulkan pertanyaan apa manfaat blog sehingga masih bertahan hingga sekarang.

Blog memang punya banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan dan tujuan.

Berikut beberapa fungsi yang dimiliki oleh blog.

1. Sarana Publikasi

Aktivitas blogging memang sering dilakukan untuk mempublikasikan banyak hal, seperti tulisan, foto, video dan lain sebagainya.

Blogging artinya adalah aktivitas membuat tulisan kemudian mengunggahnya ke website dan melakukan pembaruan terhadap tulisan tersebut.

Pembaruan tulisan dimaksudkan agar tulisan masih relevan dengan keadaan sekarang sesuai dengan waktu pengunjung membaca tulisan tersebut.

Tulisan yang dimuat dalam blog dapat berupa kisah kehidupan, opini, press release kegiatan, atau karya yang lainnya.

Blog juga bisa dimanfaatkan dalam dunia bisnis untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, sehingga bisnis tetap hidup dan bisa diingat oleh banyak orang.

2. Sarana Branding

Untuk meyakinkan klien atau pelanggan, terkadang kamu perlu meyakinkan mereka dengan suatu hal yang menarik.

Nah, blog ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana branding atau promosi produk yang murah.

Kamu bisa menulis artikel dengan topik tertentu yang sesuai dengan produkmu.

Tidak hanya memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung blog, namun juga mengenalkan produkmu sebagai solusi dari permasalahan yang dibahas kepada mereka.

Agar tulisanmu terlihat profesional, alangkah lebih baiknya untuk menulis artikel dengan topik yang kamu kuasai.

3. Portofolio Online

Untuk memperlihatkan skill dan pengalaman yang kamu miliki saat melamar kerja atau bertemu dengan klien bisnis, blog menjadi alat ampuh yang kamu pakai.

Melalui blog ini kamu bisa mengunggah portofolio online berupa hasil karya dalam bentuk foto, tulisan, atau proyek yang pernah kamu tangani.

Kamu juga bisa menunjukkan skill kamu dalam mendesain tampilan blog agar dapat mengesankan perusahaan atau klien dengan profesionalitasmu.

Dengan begitu, arti blog bagi para pencari kerja adalah nilai tambah yang bisa menjadi poin penting untuk kemungkinan diterima kerja.

4. Promosi Produk

Memilih iklan sebagai sarana promosi produk terkadang tidak cukup untuk menjelaskan apa manfaat dan kegunaan produk tersebut karena terkendala durasi.

Selain itu, biaya promosi dengan iklan juga terbilang mahal untuk waktu yang sebentar.

Sedangkan jika menggunakan blog, kamu bisa lebih leluasa untuk menjelaskan manfaat dan kegunaan produkmu kepada pelanggan dan calon konsumen.

Nantinya konsumen juga akan lebih yakin untuk membeli produk kamu karena sudah tahu manfaatnya.

Jenis-Jenis Blog

Seiring kemajuan zaman, blog tidak hanya dijadikan sebagai website pribadi atau perorangan.

Sekarang blog juga banyak digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu dan dikelola tidak hanya oleh personal.

Berikut jenis-jenis blog yang bisa kamu pakai sesuai tujuan dan keperluanmu.

1. Blog Pribadi

Blog pribadi menjadi jenis yang muncul pertama kali saat blog dikenalkan ke dunia.

Seperti namanya, blog ini ditujukan untuk keperluan pribadi, bisa dibilang seperti buku catatan atau jurnal harian secara online.

Oleh sebab itu, jangan heran jika kamu akan menemukan catatan berisi pengalaman di sana.

Yang menarik dari blog pribadi ini adalah tidak adanya aturan atau pakem yang harus dipatuhi dalam menulis setiap konten di dalamnya.

Kamu bebas menulis apa pun di blog pribadi, seperti kisah percintaan, resep masakan, pengalaman liburan, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu memang ingin blog pribadimu menghasilkan uang, maka tulislah konten yang menarik untuk dibaca.

2. Blog Bisnis

Semakin banyaknya pengguna internet yang lebih senang membaca tulisan di blog, kini blog bisnis juga banyak dikelola oleh perusahaan.

Di dalam blog bisnis kamu akan menemukan promosi-promosi produk yang kebanyakan bersifat soft selling.

Konten-konten yang disajikan di dalam blog bisnis juga tidak jauh dari keterkaitan dengan produk yang dijual.

Misalnya, di dalam blog bisnis produk kecantikan berupa skin care maka kamu akan menemukan konten seperti tips merawat kulit, manfaat skin care, dan lain sebagainya.

3. Blog Profesional

Kamu pasti pernah membuka situs yang berisi penjelasan materi sekolah, masak-masak, tips dan trik teknologi, atau yang lainnya, bukan?

Nah, beberapa contoh tadi bisa jelaskan pengertian blog profesional secara singkat.

Ya, blog-blog seperti tadi memang menyajikan konten-konten dengan topik tertentu sesuai dengan konsep blog itu sendiri.

Biasanya blog profesional hanya mengangkat satu topik saja untuk dijadikan berbagai macam konten.

Contohnya adalah blog-blog berisi konten pendidikan yang menyajikan beraneka ragam pembahasan seperti rumus matematika, pembahasan IPA, IPS, dan lain sebagainya.

Blog jenis ini biasanya tidak menyajikan konten soft selling, melainkan hanya menyajikan informasi saja.

Adapun tujuan dibuatnya blog ini selain untuk mendulang rupiah adalah untuk menunjukkan sisi profesionalitas dari pemilik blog tersebut.

Semakin banyak pengunjung yang mampir untuk membaca konten blogmu maka kamu juga akan semakin terlihat ekspert.

Kesimpulan dan Penutup

Blog adalah sesuatu yang bermanfaat, baik dari sisi pengunjung maupun pembuat konten. Lalu, blog yang mana yang ingin kamu buat?

Semoga artikel tentang pengertian blog ini bermanfaat untuk anda… Yuk ngeblog!

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com