Home / Komputer / Apa itu Developer? Perbedaan Developer dan Programmer

Apa itu Developer? Perbedaan Developer dan Programmer

Penulis: Mendy

Diperbaharui:

Orang sering bingung dengan peran di sektor TI. Ada banyak bagian dan profesi yang tersedia di perusahaan IT. Developer dan pemrogram adalah dua profesi berbeda di industri TI. Mereka terlihat serupa dalam proses perekrutan tetapi memiliki peran pekerjaan yang berbeda. Apa Itu developer?

Developer artinya orang yang membuat proyek kreatif dan selalu berfungsi pada pendekatan konseptual. Merekalah yang akan tahu untuk memenuhi standar persyaratan dan mencapai target. Mereka datang dengan instruksi dan memandu programmer lain tentang apa yang harus dikerjakan.

Apa itu Developer?

Pengertian developer adalah perangkat lunak atau pembuat kode perangkat lunak adalah nama lain dari developer. Developer menulis kode, mengembangkan aplikasi, men-debug kode dan mengeksekusi output.

Developer perlu mengetahui bahasa pemrograman tertentu. Penataan dan developer adalah pekerjaan utama para developer perangkat lunak sehingga mereka terlibat dalam banyak jenis pekerjaan seperti dokumentasi, arsitektur, dan pengkodean.

Tugas Developer

Berikut ini informasi mendetail tentang pekerjaan developer yang harus Anda ketahui.

1. Pengkodean dan Desain

Developer memang harus mengetahui pengetahuan mendalam tentang pengkodean dan prinsip-prinsip desain aplikasi. Tergantung pada spesialisasinya, pengembang aplikasi perlu mengetahui bahasa pemrograman yang tepat untuk mengkodekan sistem operasi yang mereka rancang.

Bahasa pemrograman yang umum meliputi:

  • Java / JavaScript
  • C++ dan PHP

Namun, bagi mereka yang ditugaskan untuk merancang aplikasi untuk sistem tertentu, katakanlah Salesforce, mereka harus fasih dalam bahasa khusus untuk platform tersebut, dalam hal ini, Apex.

2. Manajemen Aplikasi

Di antara tanggung jawab yang paling kuat dari pengembang aplikasi adalah manajemen aplikasi.

Sesuai dengan namanya, soft skill yang harus dihadirkan oleh pengembang aplikasi adalah kemampuan terorganisir untuk mengelola siklus hidup aplikasi, dan orang-orang yang terlibat dalam proses, untuk memastikan penerapan yang lancar dan modifikasi pasca penerapan.

3. Memahami Siklus Penerapan Aplikasi

Siklus penerapan aplikasi biasanya melibatkan tahapan kunci berikut: Perencanaan Awal > Desain > Pengembangan > Pengujian > Penerapan > Dukungan.

Di setiap fase, pengembang aplikasi diharuskan memiliki pengetahuan dan kemampuan khusus untuk mendorong fase ke penyelesaian. Ini termasuk kegiatan seputar kolaborasi dan manajemen proyek. Lebih spesifik:

a. Perencanaan dan Desain

Tahap ini membutuhkan masukan khusus dari manajemen proyek dan perspektif kolaboratif. Di sisi manajemen proyek, pengembang aplikasi harus mengumpulkan persyaratan yang didasarkan pada analisis data empiris.

Misalnya, developer harus memiliki akses ke data pengguna akhir yang menyarankan jenis masalah yang ingin dipecahkan. Berbekal informasi ini, mereka harus memiliki soft skill analitis untuk menyimpulkan persyaratan.

b. Pengembangan dan Pengujian

Berdasarkan persyaratan desain yang dikumpulkan pada langkah sebelumnya, pengembang akan memulai langkah iteratif pengkodean, pengujian, dan revisi.

Sebagai pemimpin dalam komunikasi, pekerjaan developer harus bekerja sama dengan panel pengguna akhir untuk memastikan jaminan kualitas. Pengembangan dan pengujian adalah fase terpanjang dalam siklus hidup.

c. Deployment and Support

Ketika proyek selesai dan diuji, itu akan dikerahkan. Pada titik ini, developer menyelesaikan fase utama dari siklus hidup, dan fokus manajemen proyek beralih ke dukungan pelanggan.

Pada saat yang sama, pengembang harus berkolaborasi dengan anggota senior lain dari departemen TI untuk memastikan item baris manajemen aset diselesaikan.

d. Pemecahan Masalah dan Aplikasi Debugging

Pemecahan masalah adalah istilah yang mendefinisikan cara sistematis di mana pengembang aplikasi harus dapat mengidentifikasi, mengkategorikan, menguraikan, dan mengartikulasikan masalah yang terjadi dalam aplikasi.

Pemecahan masalah terjadi selama fase pengujian siklus hidup dan mengharuskan pengembang untuk berkolaborasi dengan pengguna akhir di tingkat tinggi untuk mengidentifikasi masalah dalam sistem.

Debugging harus dianggap sebagai bagian dari pemecahan masalah yang mengacu pada proses aktual menghilangkan masalah yang teridentifikasi berdasarkan kasus per kasus. Kedua teknik ini diperlukan oleh pengembang yang cerdas.

e. Pemantauan, Pembaruan, dan Keamanan

Seperti disebutkan diatas, pekerjaan seorang developer tidak berakhir pada penerapan. Sebagai gantinya, setelah aplikasi diluncurkan, dia harus beralih ke mode di mana mereka siap untuk memantau dan merilis pembaruan ke edisi sesuai kebutuhan. Ini diperlukan agar aplikasi berjalan dengan lancar, dan untuk mengurangi risiko keamanan.

Pengembang aplikasi juga harus memahami protokol keamanan yang melindungi pengguna dari ancaman eksternal, dan tetap menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi dan keamanan siber yang terus berubah .

Misalnya, karena semakin banyak aplikasi mulai mengeksplorasi banyak penggunaan blockchain, pengembang aplikasi yang menggunakan harus tetap mengikuti banyak risiko yang terkait dengan teknologi yang mengganggu ini.

f. Rekayasa Server dan Tanggung Jawab Admin

Pengembang aplikasi untuk organisasi perusahaan juga dapat ditugaskan dengan fungsi rekayasa server.

Hal ini termasuk menjadi terbiasa dengan bahasa pemrograman yang diperlukan untuk mengkodekan perangkat lunak basis data dan teknologi platform backend, server jaringan, melakukan pengujian jaringan, pengalaman hebat dengan server cloud, menggunakan platform cloud seperti AWS dan banyak lagi.

g. Dukungan dan Pelatihan Pengguna Akhir

Sebagai bagian penting dari siklus penerapan, pengembang aplikasi diharuskan mengelola semua elemen pelatihan dan dukungan. Ini bisa berarti berkolaborasi dengan anggota tim lain untuk mengembangkan video pelatihan, infografis atau tutorial, mengadakan pelatihan dan dukungan telepon, atau pemecahan masalah secara langsung.

Hal ini termasuk memastikan pembaruan didorong untuk menjaga program berjalan dengan lancar, dan semua tindakan keamanan terpenuhi, serta masalah debug yang muncul.

h. Manajemen Proyek, Kolaborasi, Komunikasi

Semua tanggung jawab yang disebutkan di atas, memerlukan pemahaman yang mendalam dan praktis, pengetahuan dasar tentang manajemen proyek, kolaborasi dan komunikasi.

Keterampilan ini, baik keras maupun lunak, terbukti di sepanjang siklus hidup aplikasi dan terus relevan setelah penerapan selesai.

Jalur Pendidikan dan Karir untuk Developer

Minimal, seorang developer harus memiliki gelar Sarjana Sistem Informasi atau bidang terkait. Dari sana, ia dapat mulai memperoleh sertifikasi untuk memajukan karir mereka termasuk.

Contoh sertifikasi umum termasuk yang berikut:

  1. Layanan Web Amazon
  2. Cloudera (CCDH)
  3. Microsoft (MCSD)
  4. Microsoft (MTA)
  5. Oracle (APEX)

Apa itu Programmer?

Programmer yaitu orang yang menulis kode untuk aplikasi komputer disebut programmer. Programmer developer adalah karir profesional menulis kode untuk perusahaan. Programmer harus menjadi pemikir aktif untuk menjadi seorang programmer.

Programmer dituntut untuk mengetahui banyak bahasa pemrograman seperti PHP, HTML , JAVA, Extensible Markup Language (XML), C, dan C++. Programmer harus melibatkan banyak aspek bidang. Dia bisa menjadi ahli di bidang-bidang seperti kumpulan data, developeran web , dan developeran keamanan.

Perbedaan Developer dan Programmer

Keterampilan Lunak

  • Pengembang membutuhkan keterampilan
  • Pemrogram hanya tentang kapasitas pengkodean.

Kerja tambahan

  • developer perlu mengelola semua pekerjaan sebagai manajer proyek
  • Pemrogram hanya mengikuti instruksi developer.

Karir

  • Pengembang aplikasi juga akan menjadi developer PHP, perancang aplikasi web, developer front-end, developer antarmuka pengguna, dan perancang pengalaman pengguna.
  • Pemrogram juga akan menjadi analis pemrograman, pemrogram SAS, pemrogram sistem, developer mainframe, atau pemrogram .Net.

Keterampilan teknis

  • developer perlu mengetahui tentang javascript, jQuery , developeran aplikasi web, HTML5, dan Hypertext Preprocessor.
  • Programmer perlu mengetahui tentang SQL, JAVA, Microsoft C# , .Net Programming, dan JavaScript.

Demikian penjelasan tentang apa itu developer dan perbedaan antara developer dan programmer yang dapat teman-teman coba untuk dipahami.

Photo of author

Mendy

Suka menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi: weblog, gadget, dan gaya hidup digital.
Related Posts

Etika Berkomentar di blog ini.

Budayakan berkomentar yang baik dan sopan dengan mengedepankan ketentuan berikut :

  • Pakai nama orang asli (tidak boleh nama blog atau nama aneh)
  • URL homepage (halaman utama)
  • Tidak menyisipkan link dalam komentar
  • Berkomentar sesuai topik minimal 2 kalimat

Setiap komentar yang terindikasi spam tidak akan saya approve.

Terima kasih kawan!

Beneran nih nggak mau komen?

Kampusit.id merupakan media digital yang membahasa seputar blogging dan teknologi informasi.

Media Partners

RuangSiber.com